• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Nutrisi Penting untuk Makanan Kucing Anggora

4 Nutrisi Penting untuk Makanan Kucing Anggora

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Nutrisi Penting untuk Makanan Kucing Anggora

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu memiliki ras kucing berbulu panjang di rumah? Jika iya, kamu tidak bisa memberikannya sembarang makanan, karena dapat berujung pada kerontokan dan bulu yang terlihat kusam. Kucing anggora menjadi salah satu kucing ras berbulu panjang. Sebagai pemelihara, apakah kamu sudah mengetahui nutrisi penting yang wajib dikonsumsi untuk kucing anggora?

Nutrisi penting untuk kucing anggora adalah yang dapat memelihara bulu agar tetap halus dan tidak rontok. Selain itu, asupan nutrisi yang cukup akan membuat bulu kucing terlihat lebih sehat dan berkilau. Lantas, apa saja nutrisi penting yang harus dikonsumsi untuk ras kucing berbulu panjang? Berikut ini sejumlah nutrisi penting yang wajib dipenuhi:

Baca juga: Memilih Makanan yang Tepat saat Anjing Mengalami Obesitas

1.Makanan Mengandung Lemak Sehat

Asam lemak omega-3 dan 6 merupakan lemak sehat yang diperlukan oleh kucing. Keduanya mampu merawat dan menjaga bulu kucing agar tetap sehat. Untuk makanannya sendiri, kamu bisa membaca pada label kemasan, ya. Pilih makanan kucing dengan kandungan omega-3 dan 6. Jumlah yang direkomendasikan adalah 0.6 persen untuk omega-3, dan 0.7 persen untuk omega-6.

2.Makanan Mengandung Serat

Serat bukan hanya baik dikonsumsi bagi manusia saja. Kucing pun memerlukannya. Serat berguna dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan serta meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus. Sumber serat terbaik yang dikonsumsi adalah serat inulin. Serat inulin dipercaya mampu meningkatkan populasi Bifidobacterium sp. Bakteri tersebut bertugas untuk menjaga kepadatan feses. 

Bukan itu saja, serat inulin juga mampu mengontrol pembentukan hairball dalam saluran pencernaan. Jadi, pastikan kamu memberikan serat yang cukup untuk kucing anggora di rumah, ya. Jumlahnya adalah sebanyak 6 persen dari total makanan harian.

Baca juga: Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

3.Makanan Mengandung Zinc

Zinc menjadi nutrisi penting untuk kucing selanjutnya. Asupan hariannya perlu dipenuhi guna menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Selain itu, Zink juga berperan sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan kulit. Zink berperan penting dalam sintesis keratin sebagai protein penyusun bulu, sehingga kerontokan bulu dapat diminimalisir.

4.Makanan Mengandung Vitamin E

Vitamin E menjadi salah satu nutrisi penting untuk kucing yang perlu dipenuhi. Vitamin ini bukan hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga diperlukan guna menjaga kesehatan bulu dan rambut. Jika tidak terpenuhi asupan vitamin E yang dibutuhkan, kulit dan bulu akan terlihat kusam. 

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan Mengalami Obesitas

Bukan hanya manusia saja, kucing pun memerlukan nutrisi yang sehat dan seimbang pada makanannya guna menunjang kesehatan tubuh. Makanan terbaik untuk kucing adalah makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian mereka. Bukan hanya tumbuh dengan fisik sehat saja, makanan dengan nutrisi yang seimbang juga akan mempercepat pertumbuhan kucing. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, kamu bisa menanyakannya langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Membeli Makanan Kucing Ras Rambut Panjang.