• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata, Ini 4  Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata, Ini 4  Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Omega-3 sering kali disebut-sebut sebagai bahan super yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Makanya tak heran banyak orang yang rela membayar mahal demi mendapatkan suplemen omega-3. Pertanyaannya, apa sih manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh? Penasaran? Berikut ulasannya selengkapnya.

Baca juga: 4 Alasan Omega-3 Baik untuk Otak

1. Memangkas Risiko Penyakit Kardiovaskular

Menurut beberapa penelitian, konsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi (omega-3), dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi risiko stroke. Tak cuma itu saja, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin juga bisa mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata 

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi ikan yang berkadar minyak tinggi, sebanyak dua kali dalam seminggu, bisa mengurangi risiko degenerasi makula karena faktor usia. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua yang membuat pandangan menjadi buram.  

3. Mencegah Demensia

Selain dua hal di atas, manfaat omega-3 juga berkaitan dengan demensia, atau gangguan daya ingat, berpikir, dan berperilaku. Menurut beberapa pakar, omega-3 bisa mencegah terjadinya demensia. Akan tetapi, ada pula penelitian lain yang menemukan bahwa konsumsi suplemen omega-3 tak mendatangkan banyak manfaat pada lansia. 

Baca juga: Pola Hidup untuk Mencegah Terjadinya Demensia

4. Menjauhkan Depresi

Manfaat omega-3 disebut-sebut bisa menurunkan gejala depresi pada wanita. Akan tetapi, seberapa signifikan efeknya masih perlu diteliti lebih lanjut. 

5. Meredakan Arthritis

Terakhir, manfaat omega-3 juga diklaim dapat mengurangi nyeri sendi pada arthritis. Menurut beberapa penelitian, konsumsi minyak ikan secara teratur selama 3 bulan bisa meminimalkan nyeri sendi. Tak hanya itu saja, omega-3 juga diduga mampu berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh pengidap rheumatoid arthritis. 

Nah, itulah beberapa manfaat omega-3 bagi tubuh. Hal yang mesti ditegaskan, beberapa penelitian di atas masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan klaimnya. 

Bukan Cuma dari Obat atau Suplemen

Banyak perusahan obat dan suplemen di pasaran yang mengklaim kalau produknya mengandung omega-3. Padahal, omega-3 bisa lho kita dapatkan secara alami. Nah, berikut ini beberapa makanan yang banyak mengandung omega-3:

1. Ikan dan Seafood Lainnya

Daging ikan merupakan salah satu sumber omega-3 yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu, ikan apa saja yang bisa ibu konsumsi? Banyak kok, mulai dari salmon, sarden, ikan air tawar, dan tuna. Selain ikan, omega-3 juga banyak terkandung dalam udang, kepiting, dan kerang. Namun, hal yang perlu dicatat, jangan mengonsumsi seafood yang berpotensi mengandung merkuri. 

Menurut sebuah penelitian ibu hamil yang mengonsumsi lebih banyak ikan, memiliki risiko yang lebih kecil untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir yang rendah. Tak cuma itu, nutrisi dalam ikan juga bisa meminimalkan risiko persalinan prematur maupun preeklamsia. 

Baca juga: Ini 4 Manfaat Ikan yang Didapat Jika Mengonsumsinya

2. Sayur dan Buah

Selain seafood, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan omega-3 melalui sayur-sayuran dan buah-buahan. Nah, beberapa sayur dan buah yang kaya omega-3, contohnya alpukat, bayam, kubis Brussel, hingga brokoli. 

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Omega-3 juga banyak terkandung dalam biji rami, biji chia, kacang kenari, kedelai, kacang hazelnut, hingga kacang almond. Agar lebih lezat, ibu bisa kok menambahkan kacang atau biji-bijian tersebut ke dalam oatmeal untuk sarapan di pagi hari. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Your Omega-3 Family Shopping List.
National Institute of Health. Diakses pada 2020. Omega-3 Fatty Acids. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Omega 3 Fatty Acids, Fish Oil, Alpha Linolenic Acid Evidence. 
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Doubt Cast on The Benefits of Omega 3 for The Brain. 
WebMD. Diakses pada 2020. Medical Reference. Omega E Fatty Acids.