• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata, Ini 5 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata, Ini 5 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata, Ini 5 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 September 2021
Ternyata, Ini 5 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

“Omega-3 termasuk jenis asam lemak yang sangat baik dikonsumsi guna menunjang kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental. Meski manfaatnya dapat menunjang kesehatan tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi sesuai takaran dan tidak berlebihan. Lantas, apa saja manfaat omega-3 yang dapat dirasakan tubuh jika rutin mengonsumsinya?”

Halodoc, Jakarta - Omega-3 termasuk jenis asam lemak esensial yang sering kali disebut-sebut sebagai bahan super, karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan kandungan lainnya, asam lemak ini tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, melainkan dari makanan atau suplemen yang dikonsumsi. Berikut ini manfaat omega-3 beserta jenis makanan yang mengandung asam lemak esensial tersebut.

Baca juga: Manfaat Omega 3 Bagi Ibu Hamil

Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Tubuh

Omega-3 menjadi salah satu asupan nutrisi penting yang penting untuk dipenuhi. Tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dari serangan berbagai penyakit. Berikut ini manfaatnya:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi (omega-3), dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan stroke. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin dapat mengurangi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata 

Mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 sebanyak dua kali dalam seminggu, dinilai dapat mengurangi risiko degenerasi makula karena faktor usia. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua, sehingga pandangan terlihat buram. Kondisi tersebut tentu akan memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah.

3. Mencegah Demensia

Manfaat omega-3 juga selanjutnya adalah mencegah demensia, atau gangguan daya ingat, berpikir, dan berperilaku. Jika dikonsumsi secara rutin, omega-3 dapat menunjang perkembangan kognitif otak, meningkatkan aliran darah dan pembentukan sel baru, mengurangi depresi, serta mencegah demensia sejak dini.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat omega-3 diketahui baik untuk kesehatan otak. Namun, asam lemak esensial ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga gejala depresi dan kecemasan dapat diatasi. Bukan itu saja, kandungan dalam omega-3 juga dapat memperbaiki suasana hati seseorang.

5. Meredakan Arthritis

Terakhir, manfaat omega-3 juga diklaim dapat mengurangi nyeri sendi pada arthritis. Jika mengonsumsi minyak ikan ini secara teratur selama 3 bulan berturut-turut, maka risiko nyeri sendi dapat diturunkan. Omega-3 juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh para pengidap rheumatoid arthritis, sehingga persentase kesembuhan bisa meningkat. 

Baca juga: Peranan Suplementasi Omega-3 dalam Atasi Badai Sitokin

Bukan Cuma dari Obat atau Suplemen

Untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh, orang dewasa disarankan untuk mencukupi asupan omega-3 1,1–1,6 sebanyak gram per harinya. Sedangkan untuk anak-anak, disarankan memenuhi asupan omega-3 sekitar 0,7–0,9 gram per hari. Untuk mendapatkan asupan tersebut, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai makanan berikut ini:

1. Ikan dan Seafood Lainnya

Ikan menjadi salah satu sumber omega-3 yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi, seperti salmon, sarden, ikan air tawar, dan tuna. Selain ikan, omega-3 juga banyak terkandung dalam udang, kepiting, dan kerang. Namun, hal yang perlu dicatat, jangan mengonsumsi seafood yang berpotensi mengandung merkuri. 

2. Sayur dan Buah

Selain seafood, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan omega-3 melalui sayur-sayuran dan buah-buahan. Nah, beberapa sayur dan buah yang kaya omega-3, seperti alpukat, bayam, kubis Brussel, hingga brokoli. 

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Omega-3 juga banyak terkandung dalam biji rami, biji chia, kacang kenari, kedelai, kacang hazelnut, hingga kacang almond. Agar rasanya lebih lezat, kamu bisa menambahkan kacang atau biji-bijian tersebut ke dalam oatmeal atau smoothies untuk sarapan di pagi hari. 

Baca juga: 6 Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan

Meski memiliki banyak manfaat, tidak disarankan untuk mengonsumsi omega-3 secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping tersebut, termasuk mual, muntah, diare, dan sakit kepala. Jika dirasa kurang, kamu bisa mencukupi asupan tersebut dengan mengonsumsi suplemen omega-3. Namun, pastikan untuk mengonsumsi sesuai anjuran dokter, ya.

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu tetapi ingin mengonsumsi suplemen omega-3, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc. Hal tersebut dilakukan agar dokter dapat menentukan dosis dan jenis suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika belum memiliki aplikasinya, segera download di sini, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Your Omega-3 Family Shopping List.
National Institute of Health. Diakses pada 2021. Omega-3 Fatty Acids. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Omega 3 Fatty Acids, Fish Oil, Alpha Linolenic Acid Evidence. 
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Doubt Cast on The Benefits of Omega 3 for The Brain. 
WebMD. Diakses pada 2021. Medical Reference. Omega E Fatty Acids.