4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Sebelum Berbuka Puasa

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Sebelum Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan selama bulan puasa, salah satunya dengan berolahraga. Jangan jadikan bulan puasa sebagai halangan untuk berolahraga.

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan olahraga selama bulan puasa. Ketika kamu berpuasa sistem pencernaan juga ikut beristirahat, padahal proses detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dalam tubuh terjadi ketika sistem pencernaan bekerja. Nah, dengan berolahraga ringan, proses detoksifikasi dalam tubuh masih bisa dilakukan.

Baca juga: Jangan Jadikan Puasa Alasan Tak Berolahraga

Tidak hanya itu, dengan berolahraga kamu bisa mengusir rasa malas dan lemas. Alasannya ketika berolahraga tubuh melepaskan hormon endorphin yang membuat kamu merasa lebih bahagia. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga meskipun kamu sedang berpuasa.

Sebaiknya untuk berolahraga di bulan puasa bisa dilakukan dengan memerhatikan beberapa hal. Perhatikan waktu untuk melakukan olahraga, pilihlah waktu sore hari ketika menjelang berbuka puasa. Sebaiknya berolahragalah satu jam hingga setengah jam sebelum waktu berbuka. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari kondisi lemas setelah berolahraga atau dehidrasi.  

Pilihlah olahraga yang ringan untuk kamu lakukan selama menjalani ibadah puasa. Berikut ini olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka, yaitu:

1. Jalan Santai

Jalan santai adalah olahraga yang mudah dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Selain dapat meningkatkan stamina, dengan olahraga jalan santai kamu menguatkan jantung dan mengurangi risiko kenaikan berat badan. Tidak perlu terlalu jauh, kamu bisa mengitari sekeliling rumah ketika sore hari atau kamu bisa sambil mengelilingi taman. Jangan lupa gunakan sepatu agar kamu tidak terkilir.

2. Bersepeda

Bersepeda santai bisa menjadi pilihan ketika menunggu waktu berbuka puasa. Pilihlah lokasi yang ringan dan tidak berbukit-bukit ketika kamu bersepeda pada bulan puasa. Hal ini menghindarkan dari rasa lelah yang berlebihan.

Pilih lokasi yang memiliki jalan landai agar kamu bisa menikmati kegiatan bersepeda. Selain bisa menyehatkan tubuh, melakukan sepeda santai sebelum berbuka puasa dapat menyehatkan dan menguatkan otot serta persendian.

Baca juga: 5 Pengaruh Puasa pada Kesehatan Kulit

3. Berenang

Melakukan olahraga renang ketika bulan puasa boleh saja. Asal kamu tidak menelan air ketika kamu berenang. Pilihlah gaya renang yang paling kamu kuasai untuk menghindari kecelakaan atau minum air ketika berenang.

Perhatikan juga waktu berenang, sebaiknya jangan terlalu lama berada di dalam air. Lakukan olahraga renang selama 20 – 30 menit ketika kamu sedang menjalani ibadah puasa. Selain menyegarkan tubuh, berenang saat puasa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Yoga

Kamu bisa memilih untuk melakukan olahraga yoga ketika menunggu waktu berbuka. Selain dapat membantu kamu untuk menekan tingkat stres, yoga dapat menghindarkan kamu dari penyakit persendian.

Berolahraga sebelum berbuka puasa memiliki banyak manfaat. Namun, jangan terlalu berat karena kondisi tubuh sedang kekurangan cairan. Setelah berbuka puasa, sebaiknya segera konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat untuk memenuhi nutrisi tubuh. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan sebanyak 2 liter ketika sedang berpuasa.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan nutrisi saat puasa. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu ketika menjalankan ibadah puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Olahraga selama Puasa? Ini Hal yang Harus Disesuaikan