5 Pengaruh Puasa pada Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Pengaruh Puasa pada Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta - Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan tentu sudah sering kita dengar, bukan? Namun, ternyata kebaikan yang datang dari menjalani puasa sebagai ibadah tidak berhenti sampai di situ, lho. Puasa nyatanya dapat membawa manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Apa saja ya manfaatnya? Berikut penjelasannya satu persatu.

1. Menghaluskan Kulit

Proses pergantian sel yang rusak atau mati menjadi sel baru lebih cepat terjadi saat puasa, sehingga kulit pun menjadi lebih halus. Tak hanya sel kulit saja yang diperbaharui. Sel-sel lain di dalam tubuh juga diperbaharui dengan proses yang lebih cepat. Hal ini bisa terjadi asalkan mengonsumsi makanan sumber protein dan mencukupi kebutuhan cairan saat buka dan sahur.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

2. Kulit Tampak Bersih Efek Adanya Proses Detoksifikasi

Manfaat lainnya dari puasa adalah mampu mendetoksifikasi tubuh. detoksifikasi adalah proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. racun yang ada di dalam tubuh ini akan secara bertahap dikeluarkan oleh tubuh lebih cepat daripada biasanya.

Proses detoksifikasi ini akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena akan membuat kulit lebih tampak bersih, segar, kenyal, dan lebih cerah. Jadi, jika kamu melakukan puasa rutin, kamu akan mendapatkan hasil yang sepadan pada kesehatan.

3. Mencegah Iritasi Kulit

Kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi kulit dapat diminimalisir saat berpuasa, lho. Itulah sebabnya iritasi kulit pun dapat dicegah. Jadi, jika ada kontak antara kulit dan zat berbahaya dalam tubuh, akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam saat tubuh berpuasa.

Baca juga: Harus Tahu, Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit Selama Bulan Puasa

4. Mengatasi Gatal-Gatal

Satu lagi manfaat puasa bagi kesehatan kulit adalah mengatasi gatal-gatal pada kulit. Puasa mampu mencegah terjadinya salah satu jenis gatal yaitu urtikaria kronis, yaitu ketika gatal ini bisa berlangsung lama dan bisa memunculkan ruam merah pada bagian kulit tertentu yang memiliki kelainan pada jenis kulitnya. Dengan melakukan puasa selama 28 hari dan hasilnya adalah kulit menjadi rentan terhadap rasa gatal akibat adanya zat tertentu di dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Jerawat

Memiliki masalah jerawat yang membandel? Puasa mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Ya, masalah kulit yang biasa mengganggu kecantikan kulit ini ternyata dapat disembuhkan dengan puasa. Bagaimana bisa? Hal ini sebenarnya tidak terlepas dari proses detoksifikasi tubuh yang terjadi saat puasa.

Sebab jerawat merupakan hasil dari bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh. Itulah sebabnya dengan melakukan puasa, jerawat dapat mudah hilang lebih cepat. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan wajah bersih tanpa jerawat maka jangan sampai melewatkan puasa di Ramadan ini, ya.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan Kulit yang Dianggap Sepele tapi Berbahaya

Itulah sedikit penjelasan tentang beragam manfaat puasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!