19 October 2018

4 Penyakit yang Rentan Ditularkan di Sekolah

Penyakit yang ditularkan di sekolah

Halodoc, Jakarta - Karena berada dalam satu ruangan saat bersekolah, anak-anak rentan mengidap penyakit menular yang sedang dialami oleh teman sekelasnya. Hal ini dikarenakan, anak belum mempunyai sistem imunitas yang kuat. Apa saja penyakit yang rentan ditularkan di sekolah dan bagaimana cara pencegahannya?

 

  • Cacar Air

 

Penyakit ini menjadi penyakit menular yang umumnya menjangkiti anak berusia di bawah 12 tahun. Di Indonesia, cacar air bisa terjadi sepanjang tahun, terutama pada peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Cacar air dapat menular melalui udara, kontak langsung dengan air liur pengidap, atau dari cairan salah satu benjolan cacar air yang pecah.

Indikasi penyakit ini adalah sakit tenggorokan, demam, pusing, atau sakit perut yang diikuti dengan munculnya ruam pada kulit dan benjolan kecil pada kulit yang berisi cairan berwarna bening. Seumur hidup, seseorang hanya terkena cacar air sebanyak 1 kali. Apabila terkena untuk kedua kalinya, ini merupakan indikasi terjangkitnya penyakit herpes zoster. Cacar dapat dicegah dengan vaksinasi varicella.

 

  • Influenza (Flu)

 

Penyakit flu merupakan penyakit infeksi saluran pernafasan yang cepat sekali menular. Penyebarannya melalui batuk, bersin, atau kontak langsung dengan air liur pengidap. Masa penularan penyakit ini hanya dengan 1-2 hari, dan sembuh pada 5-7 hari. Pada mereka yang memiliki sistem imunitas yang lemah, akan terjangkit virus flu dalam rentan waktu yang lebih lama.

Gejala awal kondisi ini adalah pilek dengan gejala hidung berair dan sakit tenggorokan, demam, serta nyeri pada bagian kepala dan sekujur tubuh. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan sanitasi untuk tangan, menutup mulut saat batuk atau bersin, serta menggunakan masker saat berdekatan dengan pengidap flu. Bagi yang memiliki sistem imunitas yang lemah, disarankan untuk suntik vaksin flu.

 

  • Campak

 

Sebelum imunisasi campak dianjurkan, penyakit ini merupakan salah satu penyakit endemik yang menyebabkan kematian terbanyak setiap tahunnya. Kondisi ini disebabkan adanya virus paramyxovirus yang biasanya ditularkan melalui kontak langsung dengan pengidap atau lewat udara. Virus yang menginfeksi saluran pernafasan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Gejalanya adalah dengan munculnya ruam pada kulit yang muncul 7-14 hari setelah paparan, dan ruam tersebut dapat bertahan 4-10 hari pada kulit. Penyakit ini dapat menjadi awal dari indikasi penyakit serius pada anak-anak jika tidak ditangani dengan baik.

 

  • Batuk Berdahak

 

Batuk merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan. Biasanya, penyakit ini datang bersamaan dengan penyakit flu. Infeksi ini menyebabkan bengkaknya pita suara dan suara menjadi serak disertai batuk yang terus-menerus. Penyakit ini mudah sekali menular lewat udara. Batuk bisa bertahan selama 6 hari, terutama ketika pengidap juga sedang mengidap penyakit flu.

Gejalanya adalah batuk berkepanjangan yang makin parah pada malam hari, suara hilang atau berat dan serak, serta sulit bernapas saat batuk. Ibu bisa mencegah penyakit ini pada Si Kecil dengan cara menghindari kontak langsung dengan pengidap, menjaga kebersihan lingkungan rumah, dan mencuci tangan sesering mungkin.

Nah, itulah penyakit yang perlu ibu waspadai saat Si Kecil berada di sekolah. Ibu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di Halodoc melalui Chat dan Voice/Video Call tentang masalah kesehatan pada Si Kecil. Selain itu, ibu juga bisa membeli obat melalui aplikasi Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Baca juga: