20 March 2019

4 Penyebab Terjadinya Kanker Tulang pada Anak

4 Penyebab Terjadinya Kanker Tulang pada Anak

Halodoc, Jakarta – Hampir semua bagian tubuh manusia bisa terserang kanker, termasuk tulang. Kanker tulang adalah jenis penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja, yaitu orang dewasa bahkan anak-anak. Penyakit ini bisa terjadi pada bagian tulang mana saja di dalam tubuh, namun paling sering ditemukan pada tungkai, lengan, dan panggul.

Berdasarkan penyebabnya, kanker tulang dibagi menjadi dua, yaitu kanker tulang primer dan sekunder. Kanker tulang primer adalah jenis kanker tulang yang muncul dan berkembang tepat di dalam tulang. Sementara kanker tulang sekunder merupakan kanker yang berasal dari bagian tubuh lain, namun menyebar ke bagian-bagian tulang.

Meski demikian, kanker tulang tergolong kondisi yang langka alias jarang terjadi. Tapi, hingga kini masih belum diketahui penyebab pasti penyakit ini. Penyebab kanker tulang diduga berkaitan dengan adanya perubahan atau mutasi di dalam struktur DNA yang berfungsi sebagai pengendali pertumbuhan sel. Hal itu menyebabkan sel terus tumbuh di luar kendali dan penumpukan sel-sel yang berujung menjadi tumor yang menyerang struktur tulang terdekat.

Baca juga: 4 Jenis Kanker Tulang dan Cara Penyebarannya

Kanker yang terbentuk di tulang dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah atau aliran getah bening. Meski penyebabnya belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang disebut bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, di antaranya:

1. Kelainan Genetik

Salah satu kondisi yang bisa meningkatkan risiko dan menjadi penyebab kanker tulang menyerang adalah mengidap kelainan genetik. Kondisi ini disebut berkaitan dengan kelainan genetik yang disebut sindrom Li-Fraumeni.

2. Radioterapi

Riwayat pengobatan yang pernah dijalani ternyata juga bisa meningkatkan risiko kanker tulang terjadi. Penyakit ini disebut lebih berisiko menyerang orang yang pernah menjalani pengobatan radioterapi.

3. Riwayat Kanker

Kanker tulang disebut lebih sering menyerang orang yang memiliki riwayat kanker. Penyakit ini disebut lebih berisiko pada orang yang pernah mengalami kanker mata yang disebut retinoblastoma.

4. Penyakit Tulang

Risiko kanker tulang menjadi lebih besar pada orang yang memiliki kelainan atau penyakit tulang yang disebut paget. Ini menyebabkan seseorang memiliki tulang yang lemah, sehingga mudah  mengalami kelainan.

Baca juga: Benarkah Osteosarcoma Paling Sering Menyerang Tulang Lutut?

Kanker Tulang yang Harus Diwaspadai pada Anak

Pada dasarnya, ada banyak jenis kanker tulang yang bisa menyerang siapa saja. Tapi, ada beberapa kondisi yang ternyata lebih rentan menyerang anak-anak dibanding orang dewasa. Jenis kanker tulang yang biasanya menyerang anak, meliputi:

  • Osteosarcoma

Jenis kanker tulang yang satu ini terjadi dan mulai berkembang di ujung tulang panjang pada tulang yang sedang aktif pertumbuhannya. Umumnya, jenis kanker tulang ini menyerang bagian tulang kering, paha, serta lengan. Meski bisa menyerang siapa saja, osteosarcoma paling banyak ditemui pada remaja laki-laki berusia 10–19 tahun.

Baca juga: 6 Jenis Olahraga untuk Tulang Belakang Kuat dan Sehat

  • Sarcoma Ewing’s

Kanker ini menyerang jaringan saraf yang belum dewasa pada sumsum tulang. Paling sering menyerang tulang pada bagian paha, tulang kering, dan tulang panggul. Dibandingkan orang dewasa, remaja laki-laki lebih berisiko mengalami kanker ini.

Hindari masalah tulang dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Selain dari makanan, kamu juga bisa mendapat asupan kalsium dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Lebih mudah beli suplemen dan produk kesehatan lain dengan aplikasi Halodoc. Dengan layanan Pharmacy Delivery, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!