4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat saat Lebaran

4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat saat Lebaran
DIET & NUTRISI 06 June 2018

Halodoc, Jakarta – Merayakan hari kemenangan atau lebaran adalah momen yang ditunggu seluruh muslim di dunia setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Biasanya, momen lebaran juga dijadikan ajang silahturahmi atau berkumpul dengan keluarga. Selain itu, makan juga merupakan kegiatan wajib yang dilakukan saat bersilahturahmi ke tempat keluarga, tentu sangat akan tidak enak jika kamu menolak saat tuan rumah menawarkan dan telah menyiapkan menu spesial untuk kamu. Namun ingat, kamu tetap harus memperhatikan dan mempertahankan pola makan sehat pada saat lebaran agar terhindar dari segala macam penyakit setelahnya.

(Baca juga: Pola Makan Sehat saat Berpuasa di Bulan Ramadan)

Berikut adalah tips agar kamu tetap sehat setelah menikmati jamuan makan pada saat lebaran:

  • Jangan “Lapar Mata”

Persediaan makanan pasti sangat berlimpah saat lebaran. Mulai dari camilan hingga makanan berat tersaji didepan mata. Nah, jika sudah begini sebaiknya jangan lapar mata untuk menikmati semua makanan yang disajikan. Pilih beberapa makanan yang kiranya menjadi makanan favorit kamu saat lebaran.

Kamu bisa menikmati makanan dengan porsi yang kecil-kecil atau sedikit. Jangan makan satu jenis makanan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, nantinya kamu pasti akan bertemu dengan beberapa jenis makanan lain yang juga ingin kamu nikmati. Selain itu, tubuh kamu baru saja menjalani puasa selama 30 hari, kemungkinan tubuh kamu mulai terbiasa dengan pola makan yang sedikit. Dikhawatirkan jika kamu makan berlebihan dan tidak memikirkan porsi makan, lambung kamu akan kaget bahkan yang paling buruk kamu bisa terkena maag saat sedang bersilahturahmi di hari raya.

  • Batasi Jenis Makanan Tertentu

Tentu jenis makanan bersantan dan makanan manis akan banyak tersaji di piring saat kamu merayakan Hari Raya Idul Fitri. Batasi jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang bersantan. Makanan yang bersantan mengandung lemak jenuh atau lemak tinggi yang bisa membuat kamu berisiko mengidap kolesterol. Batasi juga makanan manis, sebab penyakit diabetes, berat badan berlebih, dan kerusakan gigi bisa mengintai kamu jika berlebihan mengonsumsi makanan manis.

  • Berhenti Makan saat Sudah Merasa Kenyang

Salah satu alasan berat badan cepat naik saat hari lebaran karena kita cukup sering mengabaikan rasa kenyang yang dirasakan. Biasanya, saat kita sudah dalam keadaan terlalu kenyang kita baru berhenti makan. Nah, kamu bisa mengalihkan rasa “lapar palsu” kamu dengan mengalihkan perhatian, misalnya ngobrol dengan sanak saudara atau minum banyak air putih agar tidak terus merasa lapar dan tubuh kamu juga akan sehat karena kebutuhan air tercukupi.

  • Konsumsi Sayur

Jika tersaji berbagai macam makanan, cobalah kamu perbanyak sayur pada piring kamu. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dan kebutuhan serat kamu akan tercukupi. Jika sayur yang dimaksud mengandung kuah santan, kamu bisa mengurangi kuah santannya dan perbanyak porsi sayurannya untuk kamu nikmati. Selain sehat, kamu juga akan terhindar dari penyakit kolesterol.

(Baca juga: Libur Lebaran Ditambah, Berat Badan Jangan Ditambah)

Ya, merayakan hari kemenangan dengan berkumpul bersama keluarga dan menikmati beberapa sajian yang disajikan boleh saja, asal tetap ingat batasan. Kamu juga bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai cara mempertahankan pola makan sehat saat lebaran. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya