4 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Menjaga kesehatan anak usia 1-2 tahun, menjaga kesehatan anak, kesehatan anak

Halodoc, Jakarta – Usia 1-2 tahun adalah masa keemasan anak, sebab ini adalah momen 1000 hari kehidupan pertamanya. Di usia ini, segala hal yang didapat (terutama nutrisi) bisa memengaruhi tumbuh kembangnya di kemudian hari, bahkan hingga dewasa. Itu mengapa kebanyakan orangtua akan melakukan yang terbaik demi tumbuh kembang dan kesehatannya yang optimal.

Mengingat ketertarikannya pada objek meningkat, tak jarang, anak-anak akan merangkak dan bermain sambil memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Oleh sebab itu, ibu perlu bekerja ekstra untuk menjaga kesehatannya. Bukan sekadar menjaganya 24 jam, melainkan dengan membantunya menerapkan gaya hidup sehat sejak dini.

Berikut ini 4 tips menjaga kesehatan anak usia 1-2 tahun yang bisa ibu terapkan:

1. Lakukan Imunisasi

Imunisasi adalah program pemberian vaksin ke dalam tubuh anak untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit. Pada usia 1-2 tahun, Si Kecil wajib melakukan imunisasi polio, DPT ulangan, MMR (measles, mumps, dan rubella), tifoid, hepatitis A, influenza, varisela, dan pneumokokus. Untuk info lebih lanjut tentang imunisasi, ibu bisa berbicara langsung dengan dokter anak Halodoc.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Jika Bayi Tidak Imunisasi

2. Jaga Asupan Makanan Si Kecil

Apa yang dimakan Si Kecil akan memengaruhi kesehatannya. Itu mengapa ibu perlu memerhatikan dan menjaga asupan makanan Si Kecil. Sebenarnya di usia ini, Si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan keluarga, asalkan tekstur makanannya masih lunak. Sebab, ia baru benar-benar bisa mengonsumsi makanan keluarga saat usianya lebih dari dua tahun. Saat memberi makan, usahakan agar piringnya dilengkapi oleh makanan pokok, lauk nabati, lauk hewani, hingga sayur dan buah-buahan.

Baca juga: 5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

3. Perhatikan Waktu Tidur Si Kecil

Tidur bukan sekadar menghilangkan rasa kantuk, tapi juga baik untuk tumbuh kembangnya. Sebab, tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, mendukung tumbuh kembangnya, serta memengaruhi tingkat kognitifnya. Di usia 1-2 tahun, kebutuhan tidur Si Kecil adalah sebanyak 12-14 jam dalam sehari. Ini termasuk jumlah jam tidur siangnya, yakni sebanyak 1-3 jam dalam sehari. Jadi, pastikan agar Si Kecil mendapat kualitas dan kuantitas tidur yang baik guna tumbuh kembangnya yang optimal.

4. Ajari Si Kecil Cuci Tangan dan Kaki Pakai Sabun

Kebanyakan anak di usia ini akan mengeksplor apapun yang ada di sekitarnya. Jadi, jangan heran jika banyak anak yang gemar bermain tanah, air, dan objek lainnya. Hal ini sah-sah saja dilakukan, namun, jangan biarkan aktivitas ini membuatnya jatuh sakit karena infeksi bakteri, virus, atau pun jamur. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajari Si Kecil tentang praktek cuci tangan dan kaki pakai sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan dan sebelum tidur.

Itulah empat tips menjaga kesehatan anak usia 1-2 tahun. Kalau Si Kecil punya keluhan sakit, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Halodoc. Ibu juga bisa membeli obat atau vitamin yag dibutuhkan Si Kecil melalui aplikasi Halodoc. Cukup masuk ke fitur Pharmacy Delivery, lalu pesan obat atau vitamin yang dibutuhkan. Setelah itu, ibu hanya tinggal menunggu kurang dari 1 jam sampai pesanan datang. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!