• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Menyusui Bayi Kembar agar Tidak Kewalahan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Menyusui Bayi Kembar agar Tidak Kewalahan

4 Tips Menyusui Bayi Kembar agar Tidak Kewalahan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Maret 2022

“Ada beberapa tips menyusui bayi kembar yang bisa dicoba. Salah satunya adalah menyusui bayi segera setelah melahirkan.”

4 Tips Menyusui Bayi Kembar agar Tidak Kewalahan

Halodoc, Jakarta – Melahirkan bayi kembar bisa jadi merupakan pengalaman yang luar biasa. Namun, banyak ibu merasa khawatir tentang bagaimana menyusui 2 bayi sekaligus. Adakah tips menyusui bayi kembar agar tidak kewalahan?

Perlu diketahui bahwa kualitas ASI dan cara menyusui bayi tunggal ataupun kembar adalah sama. Jangan takut bayi akan kelaparan karena produksi ASI biasanya akan menyesuaikan kebutuhan bayi, sebanyak apapun itu. 

Tips Menyusui Bayi Kembar

Tidak ada cara khusus untuk menyusui bayi kembar. Setiap bayi berbeda, terlepas itu bayi tunggal ataupun kembar. Namun, tentunya pengalaman menyusui 2 bayi sekaligus bisa jadi agak berbeda.

Berikut ini beberapa tips menyusui bayi kembar agar ibu tidak kewalahan:

  1. Mulai Menyusui Segera setelah Melahirkan

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi orangtua bayi kembar adalah bagaimana cara memiliki pasokan ASI yang banyak untuk 2 bayi. Untuk melakukan ini, payudara membutuhkan stimulasi yang teratur dan sering untuk menghasilkan jumlah ASI yang tepat untuk bayi. 

Jadi, sebisa mungkin, mulailah menyusui segera setelah melahirkan. Susuilah bayi sesering mungkin, kapanpun mereka menunjukkan tanda-tanda lapar. Jika bayi memerlukan waktu di NICU setelah lahir, cobalah rangsang payudara dengan pijatan lembut atau dengan pompa ASI.

Perlu diingat juga bahwa banyak bayi kembar lahir prematur. Dengan demikian, mereka memerlukan lebih banyak waktu dan bantuan untuk mempelajari cara menyusu dengan benar.

  1. Selalu Dekat dengan Bayi

Tips menyusui bayi kembar selanjutnya adalah, usahakan untuk selalu dekat dengan bayi. Termasuk di rumah, saat tidur. Letakkan ranjang bayi dekat dengan tempat tidur ibu, agar ibu bisa mendengar isyarat lapar dari mereka.

  1. Cobalah Menyusui Tandem Sejak Dini

Menyusui tandem berarti menyusui bayi kembar secara bersamaan. Ini sebenarnya dapat memberi ibu waktu untuk beristirahat dan merawat diri sendiri di antara waktu menyusui. 

Bagi sebagian besar orangtua baru dari bayi kembar, biasanya bantuan orang lain dibutuhkan untuk memposisikan bayi di setiap payudara. Jika tandem dirasa sulit pada awalnya, tidak masalah. Cobalah untuk terus mencari posisi dan cara yang nyaman. 

  1. Dapatkan Bantuan dari Pasangan atau Orang Terdekat

Menyusui dua bayi sekaligus di saat belum pulih sepenuhnya setelah melahirkan dapat menjadi hal yang berat. Jadi, cobalah untuk meminta bantuan dan dukungan dari orang terdekat.

Termasuk pasangan, anggota keluarga, atau kerabat dekat. Jika tidak memungkinkan, cobalah bayar jasa asisten atau baby sitter. Jangan mencoba menanggung semuanya sendiri. 

Posisi yang Bisa Dicoba saat Menyusui Bersamaan

Salah satu tips menyusui bayi kembar yang tadi dibahas adalah menyusui tandem, atau menyusui dua bayi secara bersamaan. Nah, sebenarnya ada beberapa cara untuk menyusui dua bayi sekaligus. 

Hal paling penting adalah memilih posisi yang nyaman bagi ibu dan bayi. Berikut ini beberapa posisi yang bisa dicoba:

  • Double-clutch. Dalam posisi ini, ibu menggendong setiap bayi dalam gendongan. Posisikan bantal di setiap sisi tubuh dan pangkuan. Lalu tempatkan setiap bayi di atas bantal di samping tubuh. Pastikan setiap punggung bayi ditopang oleh bagian dalam lengan bawah. Amankan pantat bayi dengan bagian dalam siku. Jaga agar kepala bayi sejajar dengan puting susu. Tempatkan telapak satu tangan di belakang setiap kepala bayi.
  • Kombinasi cradle-clutch. Dalam posisi ini, ibu menggendong satu bayi dalam posisi buaian, kepalanya di lengan bawah dan seluruh tubuhnya menghadap ibu. Sementara bayi lainnya dalam posisi kopling. 
  • Tempat dudukan ganda. Untuk menggunakan posisi ini, ibu perlu menempatkan kedua bayi dalam posisi buaian di depan. Posisikan bayi sehingga kaki mereka tumpang tindih membuat tanda X di pangkuan.

Nah, itulah tips menyusui bayi kembar agar tidak kewalahan. Agar produksi ASI lancar, ibu perlu memelihara kesehatan fisik dan mental. Ibu bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan obat dan vitamin dengan mudah, tanpa perlu keluar rumah.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Breast-feeding Twins: Making Feedings Manageable.
Motherly. Diakses pada 2022. 7 Tips For Breastfeeding Twins.
Very Well Family. Diakses pada 2022. Advice for Breastfeeding Twins and Multiples.