14 February 2018

5 Aroma Bunga bisa Bantu Relaksasi Tubuh

5 Aroma Bunga bisa Bantu Relaksasi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Setelah seharian sibuk beraktivitas, kamu bisa memilih relaksasi untuk membuat tubuh jadi lebih rileks. Lagi pula, relaksasi juga bisa membantu kamu untuk menenangkan pikiran. Nah, lalu bagaimana cara yang tepat untuk memulai relaksasi? Cara yang paling mudah adalah dengan menghirup aromaterapi.

Kamu bisa memilih aroma bunga yang paling populer dalam relaksasi. Dengan menghirup aroma bunga bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. Alasannya karena indera penciuman nyatanya paling dekat dan terhubung dengan otak. Hal inilah yang membuat stimulus yang diberikan di area itu akan lebih cepat diterima dan diproses oleh otak.

Bunga sering diidentikkan dengan simbol kecantikan, keindahan hingga kasih sayang. Namun, hal itu tidak menutup kenyataan bahwa aroma dari tumbuhan ini memiliki manfaat bagi tubuh. Kalau kamu berencana mengirimkan seikat bunga pada orang terkasih di hari valentine ini, yuk coba cari tahu jenis terbaik yang bisa sekaligus memberi manfaat bagi si penerima!

  1. Bunga Lavender

Bunga lavender telah banyak digunakan sebagai bahan membuat produk kecantikan dan kesehatan. Pasalnya, aroma bunga yang satu ini terbukti dapat memberi efek menenangkan pada tubuh. Menghirup wangi bunga lavender juga bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak.

Minyak bunga lavender merupakan satu produk yang cukup populer. Selain relaksasi, minyak beraroma lavender juga berfungsi sebagai antiseptik, antidepresan hingga anti peradangan.

  1. Melati

Bunga melati sering digunakan sebagai wewangian dalam berbagai acara. Bunga ini juga cukup populer sebagai hadiah, salah satu yang terbaik adalah melati berwarna putih yang cantik, membuat bunga ini sangat cocok diberikan sebagai hadiah.

Selain itu, aroma dari melati bisa memberi sensasi rasa manis yang dapat meningkatkan suasana hati alias mood menjadi lebih positif. Menghirup aroma dari bunga ini bisa membuat seseorang lebih tenang, bergairah hingga meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Aroma Chamomile

Aroma dari bunga chamomile disebut dapat membantu mengurangi rasa gelisah. Selain itu, menghirup wangi dari bunga yang satu ini juga bisa menurunkan risiko seseorang mengalami stres dan tekanan berlebih.

Bunga ini cocok untuk dihadiahkan pada seseorang yang “hobi” lembur. Jadikan bunga ini sebagai pengharum ruangan, kurang tidur dan tumpukan pekerjaan akan lebih terasa ringan untuk diselesaikan.

  1. Rosemary

Wewangian dengan aroma dari bunga rosemary sudah dikenal dapat memberi efek yang mirip dengan obat penenang. Selain itu, wangi rosemary pun dapat membuat otak lebih aktif serta mampu meredekan rasa sakit.

Selain membuat tenang, ternyata ekstrak bunga ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Rutin menggunakan minyak bunga rosemary dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah rambut. Seperti rambut rontok, masalah kulit kepala hingga menjaga rambut tetap lembut.

  1. Bergamot

Bergamot adalah tumbuhan yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Biasanya bunga ini akan diolah menjadi minyak esensial yang berfungsi dalam mengatasi stres, depresi, gelisah hingga masalah kulit, seperti infeksi.

Aroma dari bunga ini disebut dapat membantu meredakan berbagai gejala penyakit. Seperti pilek dan nyeri di bagian tubuh atau pegal-pegal. Ada juga manfaat bergamot bagi kecantikan, yaitu mengatasi jerawat sampai membuat rambut lebih berkilau.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli obat, produk kesehatan dan merencanakan pemeriksaan laboratorium lebih mudah. Pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.