Ekspektasi Resolusi Tahun Baru Terlalu Tinggi Bikin Stres

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ekspektasi Resolusi Tahun Baru Terlalu Tinggi Bikin Stres

Halodoc, Jakarta - Stres tak akan pernah lepas dari kehidupan setiap orang, dan dapat datang kapan saja, termasuk ketika menyusun resolusi tahun baru. Ekspektasi yang terlalu tinggi saat merancang rencana tahun depan, adalah penyebabnya. Namun bukan berarti memiliki ekspektasi tinggi sebagai resolusi tahun baru adalah hal yang salah. 

Ibarat pepatah, “gantungkan cita-citamu setinggi langit”, maka sah-sah saja kok memiliki ekspektasi tinggi terhadap masa depan. Namun, bukan berarti kamu boleh membiarkan ekspektasi resolusi tahun baru yang terlalu tinggi itu membuatmu stres. Pertimbangkan juga kemungkinan dan usaha apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapainya. Jika resolusimu rasanya mustahil, lebih baik ganti saja deh list resolusi tahun barumu.

Baca juga: Manfaat Mengelola Stres di Awal Tahun Baru 2020

Stres Dapat Sebabkan Banyak Masalah Kesehatan

Sebagai bagian dari kehidupan, stres sebenarnya adalah hal yang wajar dan tidak selalu berorientasi buruk pada hidup. Stres bisa dibilang merupakan hal yang mendasari semua tindakan yang dilakukan manusia. Dengan adanya stres, manusia akan memiliki kekhawatiran untuk melakukan berbagai hal, kemudian jadi lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan dan tindakan.

Stres barulah berbahaya ketika tidak terkendali dan berlangsung dalam waktu lama. Ketika stres tidak bisa diatasi dengan baik, ada berbagai dampak buruk yang dapat terjadi pada kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan depresi. Tak hanya itu, stres juga dapat menimbulkan berbagai kondisi kesehatan seperti sakit kepala, nyeri otot, insomnia, hingga sulit konsentrasi.

Jadi, cobalah untuk mengelola stres dengan baik, agar kesehatan fisik dan psikis secara keseluruhan dapat ikut terjaga. Jika kamu membutuhkan saran psikologis untuk mengatasi stresmu, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk berdiskusi dengan psikolog, yang bisa dilakukan lewat chat, kapan dan di mana saja.

Baca juga: 4 Fakta Melukis Bisa Untuk Terapi Stres

Tips Simpel untuk Atasi Stres

Seperti telah dijelaskan tadi, dapat diketahui bahwa tidak baik jika membiarkan stres berlarut-larut, hingga menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, kamu perlu segera relaks dan meredakan stres yang menyerang, kapanpun kamu merasakannya. Beberapa tips simpel berikut dapat dilakukan untuk membantu atasi stres:

1. Bermain dengan Kucing atau Anjing

Kucing dan anjing kerap dijadikan sebagai hewan terapi karena kedua hewan itu dapat menjadi tempat untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu mencurahkan kasih sayang. Dengan membelai, memeluk, dan menyentuh hewan peliharaan dengan penuh kasih, kadar serotonin dan dopamin dalam tubuh akan meningkat. 

Kedua hormon itu dapat membuat pikiran dan otot menjadi relaks, sehingga stres pun akan berangsur reda. Selain itu, dengan memiliki hewan peliharaan, kamu juga akan terbantu untuk meringankan rasa kesepian yang mungkin sedang dirasakan, meningkatkan mood, menekan depresi, dan menurunkan tekanan darah.

2. Berendam Air Hangat

Berdasarkan hasil studi dari peneliti asal Swedia, yang dipublikasikan dalam International Journal of Management Stress, berendam di air dapat memicu respon relaksasi tubuh, yang kemudian menekan hormon pemicu stres. Jadi ketika sedang stres, cobalah relaksasi dengan cara berendam di air hangat, ditemani lilin aromaterapi, dan alunan musik. 

Baca juga: Hormon Stres Bisa Diatasi, Begini Caranya

3. Menggambar

Tak mesti jago gambar, bahkan membuat coretan-coretan tak berarti pada secarik kertas bisa menjadi salah satu cara mudah untuk redakan stres, lho. Hal ini sempat menjadi tren, yang dikenal dengan istilah “doodling”. Teknik menggambar atau corat-coret di atas kertas ini diyakini sebagai cara efektif untuk menenangkan pikiran yang stres dan melenyapkan kegugupan.

4. Pijat

Karena stres dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kaku dan nyeri, pijat dapat menjadi solusi. Salah satu jenis pijat yang bisa dicoba untuk hilangkan stres adalah Thai massage. Pijat ini tak hanya menenangkan otot-otot yang menegang, tetapi juga dilengkapi dengan aromaterapi yang dapat membuat pikiran lebih relaks.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 6 Weird Ways to Beat Stress. 
WebMD. Diakses pada 2020. Pets for Depression and Health. 
Livestrong. Diakses pada 2020. How Does Massage Therapy Reduce Stress?