• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah-buahan untuk Redakan Kolesterol Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah-buahan untuk Redakan Kolesterol Tinggi

5 Buah-buahan untuk Redakan Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Oktober 2021
5 Buah-buahan untuk Redakan Kolesterol Tinggi

"Kolesterol tinggi adalah kondisi yang tidak boleh disepelekan. Kondisi yang terjadi karena peningkatan kadar kolesterol di dalam darah ini bisa menjadi tanda bahaya serta bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kadar kolesterol selalu stabil." 


Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi tidak boleh disepelekan sama sekali. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi tanda bahaya dan berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kadar kolesterol tetap normal, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kadar kolesterol. 

Seseorang bisa dikatakan mengalami kolesterol tinggi jika hasil pemeriksaan darah menunjukkan angka di atas 240 mg/dL. Kadar kolesterol normal untuk orang dewasa adalah kurang dari 200 mg/dL. Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, risiko berbagai penyakit kardiovaskular pun akan meningkat. Kondisi ini juga bisa memicu penyakit, seperti aterosklerosis, akumulasi kolesterol, dan plak berbahaya di dinding arteri.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Konsumsi Buah untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol, salah satunya mengatur pola makan. Orang yang mengidap kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu, termasuk buah-buahan. Jenis makanan yang satu ini memiliki banyak kandungan serat yang larut dalam air. Serat dalam buah bisa mengikat asam empedu sehingga menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. 

Sebenarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol “jahat” yang terlalu tinggi malah bisa memicu pembentukan plak, sehingga menyumbat pembuluh darah. Kondisi itu bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung. Kolesterol tinggi bisa dikendalikan dengan mengonsumsi jenis buah tertentu, seperti: 

1. Pisang

Konsumsi buah pisang disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal itu terjadi karena kandungan zat inulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan. 

2. Apel

Selain pisang, kamu juga bisa mengonsumsi satu buah apel untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah yang satu ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pektin menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. 

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

3. Alpukat

Memiliki riwayat kolesterol tinggi? Konsumsi buah alpukat saja! Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi buah alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. 

4. Jambu Biji

Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium dan serta yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. 

5. Buah Bit

Buah bit disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi, meski masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Namun, sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology membuktikan bahwa mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Butuh informasi lanjut seputar kolesterol tinggi dan cara mengatasinya? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat dan menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami. Dapatkan tips menjaga kesehatan tubuh dari dokter terpercaya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Foods to Help Lower LDL (‘Bad’) Cholesterol
Harvard Health. Diakses pada 2021. 11 foods that lower cholesterol
Healthline. Diakses pada 2021. Avocados and Cholesterol Control
Livestrong. Diakses pada 2021. Can You Lower Cholesterol by Eating Beets?