09 April 2018

5 Buah yang Ampuh Cegah Dehidrasi

5 Buah yang Ampuh Cegah Dehidrasi

Halodoc, Jakarta – Menghindari dehidrasi menyerang tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, saat mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan, tubuh menjadi rentan mengalami sakit kepala, mudah lelah, masalah kulit, penurunan produktivitas, bahkan hingga mengganggu aktivitas hari-hari.

Dehidrasi terjadi saat cairan yang dikeluarkan jauh lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan warna urine menjadi lebih gelap. Nah, cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi air minum sesuai dengan kebutuhan tubuh, yaitu sekitar dua liter dalam satu hari.

(Baca juga: Sering Merasa Cepat Lelah? Mungkin Ini Sebabnya)

Selain lewat air, kamu juga bisa menjaga kandungan air di dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Yaitu, jenis makanan yang mengandung kadar air tinggi, salah satunya adalah buah-buahan. Biar bebas dehidrasi, yuk cari tahu buah apa saja yang dianjurkan dan memiliki kadar air yang dibutuhkan tubuh!

  1. Semangka

Salah satu jenis buah yang dikenal memiliki banyak kandungan air adalah semangka. Buah ini memiliki kandungan air hingga 92 persen. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan magnesium. Selain mencegah dehidrasi, rutin mengonsumsi semangka ternyata bisa membantu mengontrol berat badan, lho.

Sebab, mengonsumsi buah semangka bisa membantu mengurangi nafsu makan dan membuat perut menjadi lebih cepat kenyang. Ada juga manfaat kesehatan yang bisa didapat dari semangka, yaitu membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes dengan cara mengurangi risiko kerusakan oksidatif pada sel.

  1. Kelapa

Kandungan air dalam buah yang satu ini sudah sangat populer dan direkomendasikan sebagai pengganti cairan tubuh. Air kelapa disebut mengandung tingkat hidrasi hingga 95 persen. Selain itu, air kelapa juga sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab, dalam setiap buah kelapa terdapat kandungan sodium dan zat lain yang dapat membantu menetralisir racun di dalam tubuh.

  1. Belimbing

Buah ini ternyata juga banyak mengandung air yang berguna untuk mencegah dehidrasi. Hampir 91 persen buah belimbing terdiri dari air. Mengonsumsi buah belimbing juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan jantung karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan.

(Baca juga: 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh)

  1. Jeruk

Buah jeruk lebih dikenal sebagai sumber alami vitamin C. Namun ternyata jeruk, terutama jeruk bali, juga bisa membantu menjaga jumlah cairan di dalam tubuh. Dalam setiap buah, terdapat 90 persen kandungan air, vitamin A, vitamin C, kalium, dan folat.

Rutin mengonsumsi jeruk bali ternyata juga bisa menjaga berat badan ideal. Karena, jeruk bali dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah bahkan membakar lemak. Mengonsumsi jeruk juga bisa membantu menjaga tekanan darah.

  1. Stroberi

Bebas dehidrasi dengan rutin mengonsumsi buah stoberi. Stroberi mengandung 91 persen air, vitamin C, mangan, dan antioksidan yang bisa mencegah dehidrasi, hingga membantu menangkal berbagai macam peradangan.

Rutin mengonsumsi buah ini akan mengurangi risiko terjadinya peradangan dan penyakit jantung, diabetes, kanker, dan alzheimer. Cobalah untuk memakan langsung buah ini atau dengan mencampurkannya ke dalam yogurt. Bisa juga dikonsumsi dalam bentuk jus, tapi usahakan untuk tidak menambahkan gula, ya!

Nyatanya dalam jangka panjang, dehidrasi bisa membuat berbagai organ tubuh mengalami kerusakan. Untuk menghindarinya, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Lengkapi pula konsumsi vitamin tambahan agar tetap bugar. Lebih mudah beli vitamin di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download segera!