5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh
DIET & NUTRISI 06 April 2018

Halodoc, Jakarta - Kamu tentu tahu setidaknya tubuh membutuhkan air sebanyak delapan gelas, atau dua liter air per hari agar fungsi tubuh tetap berjalan optimal. Namun, ada juga beberapa orang yang menambahkan potongan buah ke dalam air minum untuk meningkatkan manfaat kesehatannya. Jenis minuman seperti ini, populer dengan sebutan infused water. Sebenarnya, infused water sudah menjadi tren gaya hidup sehat sejak lama. Lalu, kira-kira seperti apa saja manfaatnya bagi tubuh?

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang berdiet untuk memangkas bobot tubuh, cobalah rutin mengonsumsi minuman ini. Manfaat infused water diklaim bisa menurunkan berat badan. Meski belum ada penelitian medis yang membuktikan, tapi dengan mengonsumsi lebih banyak air putih atau infused water kamu bisa lebih cepat merasa kenyang, sehingga porsi makanan bisa dikurangi.

Air sendiri telah terbukti bisa meningatkan laju metabolisme tubuh kamu sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Melansir Health Line, menurut sebuah penelitian, dengan meminum sebanyak 17 oz (setengah liter) air  bisa meningatkan laju metabolisme hingga 30 persen selama satu jam.

Enggak cuma itu, menurut studi lain, orang yang mengonsumsi jumlah air yang disarankan ahli sebagai bagian dari program penurunan berat badan, cenderung kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Kata ahli, hal ini mungkin dikarenakan meningkatnya metabolisme dan berkurangnya rasa lapar yang ditekan oleh konsumsi air.

  1. Memperlambat Penuaan

Manfaat infused water juga bisa mencegah penuaan dini. Air mineral yang dikombinasikan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan dianggap mampu melawan efek penuaan dini. Kamu bisa mencoba buah delima, stroberi, atau jeruk yang mengandung banyak antioksidan.

Nah, antioksidan inilah yang berperan untuk menangkal radikal bebas yang bedampak buruk bagi tubuh. Infused water sendiri bisa memberikan manfaat lebih dengan mencegah penuaan dini dibandingkan air putih. Agar manfaatnya lebih efektif, kamu juga bisa menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu harian kamu.

(Baca juga: 6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini)

  1. Meningkatkan Mood dan Energi

Kurang berenergi dan suasana hati enggak karuan? Mungkin tubuh kekurangan cairan. Jangan salah, dehidrasi ringan saja juga bisa memengaruhi konsentrasi, energi, dan suasana hati. Dilansir Health Line, penelitian menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sekitar satu persen saja, sudah dapat memengaruhi suasasa hati secara signifikan dan menyebabkan sakit kepala.

Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa ada kaitan antara konsumsi air dan mood. Para ahli mengamati orang dewasa yang mengonsumsi kurang dari 1,2 liter air perhari. Ketika asupannya ditambah hingga 2,5 liter perhari, mereka jauh lebih bahagia, berenergi, dan lebih merasa tenang. Nah, bagi kamu yang mulai bosan dengan air putih, bisa menggantinya dengan infused water. Selain rendah kalori, minuman ini pun mengandung banyak vitamin yang membuat tubuh lebih bertenaga.

  1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Sebenarnya, ini adalah satu klaim mengenai infused water yang mungkin sedikit berlebihan. Memang benar bahwa mengonsumsi buah dan sayuran, bahkan jus buah bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Khususnya, buah dan sayuran yang mengandung vitamin C telah terbukti khasiatnya untuk sistem imun bila dikonsumsi secara teratur.

Namun, menurut ahli jumlah nutrisi yang kamu dapatkan dari infused water itu cenderung minimal dan sangat bervariasi. So, meskipun secara teori infused water bisa memiliki efek yang berarti pada sistem imun, tapi khasiatnya tentu enggak sehebat buah atau sayuran yang dikonsumsi secara langsung.

  1. Detoks Tubuh

Manfaat infused water seperti lemon dianggap sebagai minuman detoks terbaik.  Menurut ahli gizi, lemon memiliki efek diuretik dan bila dicampurkan air hangat bisa merangsang pergerakan gastrointestinal sehingga membantu melancarkan pencernaan.

(Baca Juga: Ketahui Fakta Minum Jus Jeruk Untuk Diet)

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat infused water bagi tubuh? Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya