5 Cara Hilangkan Plak Gigi

5 Cara Hilangkan Plak Gigi

Halodoc, Jakarta – Plak adalah bakteri atau kotoran yang menyebabkan gigi menguning, mengeras, dan menghitam. Penyebabnya adalah sisa makanan yang menempel pada gigi akibat kebersihan gigi yang buruk. Misalnya, kebiasaan jarang menyikat gigi, terlalu sering makanan manis, jarang konsumsi buah dan sayuran, serta jarang memeriksa gigi ke dokter secara rutin. Jika dibiarkan tanpa penanganan, plak gigi memicu bau mulut dan radang gusi.

Jaga Kebersihan Gigi untuk Cegah Pembentukan Plak

1. Rutin Sikat Gigi

Minimal dua kali sehari. Menyikat gigi secara rutin membantu menghilangkan sisa makanan dan plak yang terbentuk pada gigi, serta mencegah komplikasi pembentukan plak. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyikat gigi. Di antaranya adalah:

  • Sikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman manis.

  • Sikat gigi sebelum mengonsumsi makanan dan minuman asam.

  • Sikat gigi dua degan lembut untuk mencegah didi dan gusi berdarah.

  • Membersihkan sela-sela gigi dengan benang (dental floss).

  • Menggosok lidah untuk menghilangkan bakteri dan membuat napas segar.

  • Ganti sikat gigi setidaknya tiga bulan sekali.

  • Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut agar sikat tidak merusak enamel gigi.

2. Gunakan Obat Kumur

Terutama yang mengandung antibakteri. Obat kumur membantu menghilangkan bakteri dalam mulut dan memudahkan pembersihan plak gigi. Kamu bisa melakukannya dua kali sehari selama 30 detik.

3. Perhatikan Konsumsi Makanan

Beberapa makanan bisa merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko pembentukan plak. Misalnya, makanan/minuman manis (seperti permen, kismis, camilan berlapis cokelat) dan asam (seperti minuman bersoda). Jika terlanjur konsumsi makanan/minuman manis, segera bersihkan mulut dengan minum air putih. Sementara saat mengonsumsi minuman bersoda, gunakan sedotan yang diposisikan ke bagian belakang mulut untuk mencegah kerusakan enamel gigi.

4. Berhenti Merokok

Rokok bisa memicu perkembangan plak lebih buruk. Studi menyebutkan rokok menyebabkan gigi kuning, meningkatkan risiko kehilangan gigi, dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit periodontal.

5. Rutin Periksa Gigi

Periksa gigi tiap 6 bulan sekali. Namun, kamu dianjurkan segera ke dokter gigi jika mengalami keluhan pada gigi dan mulut alias tidak perlu menunggu enam bulan. Pemeriksaan gigi bertujuan mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan gigi dan mulut, sehingga bisa mencegah kerusakan gigi yang lebih parah.

Waspada Komplikasi Plak Gigi

Plak gigi tak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan, plak bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, tulang pendukung gigi dan gusi, di antaranya adalah:

  • Gigi berlubang dan membusuk. Penyebabnya adalah plak yang menyebar ke pulpa (lapisan akar) di tengah gigi dan menyebabkan abses atau nyeri gigi.

  • Kalkulus (tartar), yakni lapisan plak yang mengeras dan tidak bisa dihilangkan dengan sikat gigi.

  • Gingivitis, yaitu peradangan gusi yang membuat gusi merah, bengkak, dan nyeri.

  • Periodontitis, yakni infeksi gusi yang menyebar dan menyebabkan kerusakan pada tulang gigi di sekitar rahang. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya celah antara gigi dan gusi. Jika tak segera diatasi, periodontitis bisa menyebabkan gigi tanggal.

Itulah cara menghilangkan plak gigi yang bisa dicoba. Kalau kamu punya keluhan pada gigi dan mulut, segera bicara pada dokter Halodoc untuk mencari tahu penyebab dan mendapat penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter via Chat, dan Voice/Video Call kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: