• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menghilangkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menghilangkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami

5 Cara Menghilangkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 Desember 2022

"Memutihkan gigi kuning bisa dengan cara yang ekonomis menggunakan bahan alami. Baking soda misalnya, menggosokan bahan ini pada gigi bisa memutihkannya."

5 Cara Menghilangkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami5 Cara Menghilangkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Salah satu indikator kebersihan mulut bisa dilihat dari warna gigi.  Seseorang yang rajin menyikat gigi dan melakukan perawatan ke dokter pasti memiliki warna gigi yang cerah. Sebaliknya, gigi yang tampak menguning bisa jadi kamu tidak menggosoknya dengan baik. Alhasil, sisa-sisa makanan tidak terangkat sempurna.

Hal ini tentu bisa mengganggu penampilan. Itu sebabnya, banyak orang yang berlomba-lomba mencari cara untuk memutihkannya. Salah satu cara yang ekonomis adalah menggunakan buah stroberi. Kandungannya asam elagatnya diklaim ampuh mengangkat kotoran penyebab gigi kuning. Gosokan bagian luar buah stroberi ke gigi lalu biarkan selama lima menit. Kemudian bilas dengan berkumur menggunakan  air bersih.

Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi

Selain stroberi, berikut bahan alami lainnya yang ampuh memutihkan gigi kuning:

1. Baking soda

Baking soda punya sifat pemutih alami sehingga kerap ditambahkan ke produk pasta gigi. Penelitian yang dalam The Journal of Clinical Dentistry menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif menghilangkan noda kuning.

Bahan kue ini memiliki sifat abrasif ringan sehingga mampu menghilangkan noda di permukaan gigi. Baking soda juga menciptakan lingkungan basa di mulut yang mencegah pertumbuhan bakteri.

Namun, memutihkan gigi dengan baking soda butuh proses dan hasilnya tidak terasa hanya dalam semalam saja. Kamu perlu rutin melakukannya untuk merasakan hasilnya. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air pada sikat gigi. Kemudian, sikat gigi dengan larutan tersebut beberapa kali dalam seminggu.

 2. Lemon

Sama seperti stroberi, kandungan asam dalam lemon mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Kandungan PH-nya pada buah sitrus ini juga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi, lho. Peras satu buah lemon yang masih segar. Tambahkan perasan ini dengan satu sendok teh baking soda. Lalu, sikat gigi dengan adonan tersebut. Kumur sampai bersih setelahnya.

 3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa disinyalir mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi usai kamu menyikatnya. Kemudian, biarkan selama 20 menit. Bersihkan mulut dengan berkumur setelahnya.

4. Bubuk kunyit

Kunyit memang menimbulkan noda kuning yang membandel saat terkena pakaian. Pada gigi, kunyit justru bisa menghilangkan bakteri sekaligus mencerahkannya, lho! Basahi dan balurkan bubuk kunyit pada sikat. Kemudian, gosok gigi seperti biasa dan biarkan selama lima menit. Setelah selesai, kumur-kumur sampai bersih. Tidak sampai di situ, sikat gigi kembali menggunakan pasta yang biasa kamu pakai. 

5. Cuka apel

Larutan yang satu ini mengandung asam asetat, magnesium, dan potasium yang berfungsi untuk menghempaskan kotoran penyebab gigi kuning. Tuangkan satu sendok cuka apel dan tambahkan satu sendok air matang. Celupkan sikat gigi ke dalam larutan tersebut lalu gosokkan merata pada gigi. Setelah selesai, kumur-kumur sampai bersih.

 Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Journal of Clinical Dentistry. Diakses pada 2022. Laboratory Assessment Of Tooth Whitening By Sodium Bicarbonate Dentifrices.
Operative Dentistry. Diakses pada 2022. Efficacy Of Do-It-Yourself Whitening As Compared To Conventional Tooth Whitening Modalities: An In Vitro Study.
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Yellow Teeth.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Six natural ways to whiten teeth.