25 July 2018

5 Cara Menghilangkan Hidung Mampet

Menghilangkan hidung mampet, hidung mampet, flu

Halodoc, Jakarta - Hidung mampet bisa disebabkan oleh alergi, pilek, atau pun flu. Ketika hidung mampet, bernapas pun bisa menjadi kegiatan yang melelahkan. Bahkan, hidung mampet dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tidak sedikit yang mengira bahwa hidung mampet disebabkan oleh penggumpalan lendir pada saluran hidung. Padahal, perkiraan tersebut keliru. Sebab, hidung mampet disebabkan oleh pembuluh darah sinus yang meradang.

Ketika hidung mengalami iritasi, sistem saraf pun ikut terstimulasi dan menyebabkan katup pembuluh darah menjadi terbuka. Kondisi ini meningkatkan aliran darah dalam hidung dan menyebabkan pembengkakan di saluran hidung. Keadaan inilah yang membuat seseorang sulit untuk bernapas. Lalu, bagaimana cara menghilangkan hidung mampet? Berikut ulasannya!

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Flu

  1. Minum Air Hangat

Meminum air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang terdapat pada saluran hidung. Selain itu, air hangat dapat membantu meredakan nyeri yang diakibatkan oleh hidung mampet. Supaya kamu tidak bosan, kamu bisa memvariasikan minuman hangat yang kamu konsumsi. Kamu bisa memilih minuman hangat seperti teh jahe, teh lemon, atau perasan lemon dengan air hangat dan madu.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih dapat membantu kamu mengatasi hidung mampet. Pasalnya, bawang putih memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang baik untuk menghilangkan hidung mampet akibat flu. Cara yang dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih adalah dengan mengunyahnya langsung. Namun jika kamu merasa segan mengunyahnya langsung, kamu bisa mencampurkan bawang putih dengan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya.

  1. Gunakan Semprotan Hidung

Salah satu cara lain untuk menghilangkan hidung mampet adalah dengan menggunakan semprotan hidung atau dikenal dengan sebutan saline spray. Semprotan khusus hidung ini mengandung garam dan dapat membantu kamu mengeluarkan lendir. Namun sebelum menggunakan semprotan ini, sebaiknya kamu tanyakan dulu kepada dokter. Sebab, kandungan dekongestan pada semprotan ini memiliki efek samping jika digunakan berbarengan dengan obat-obatan lain.

Jika kamu tidak dapat menemukan semprotan khusus hidung ini, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya adalah campurkan air hangat, garam, dan soda kue dalam sebuah wadah. Campuran tersebut bisa kamu hirup untuk meredakan hidung mampet. Namun, jangan lakukan ini terlalu sering, karena dapat menyebabkan hidung kamu terkena infeksi.

Baca juga: Tanpa Minum Obat, Redakan Flu Bisa dengan 4 Makanan Sehat Berikut

  1. Hindari Penggunaan AC dan Kipas Angin

Ketika kamu mengalami hidung mampet, ada baiknya untuk menghindari penggunaan AC dan kipas angin dalam ruangan. Udara dingin yang dihasilkan oleh AC dan kipas angin dapat memperparah hidung mampet yang kamu alami. Maka dari itu, sebaiknya biarkan udara dalam ruangan menjadi lebih hangat. Sebab, udara hangat dapat mempercepat penyembuhan hidung mampet.

Kamu juga bisa melakukan sauna wajah sederhana untuk mempercepat penyembuhan hidung mampet. Caranya adalah dengan menyiapkan air hangat pada sebuah wadah seperti mangkuk atau baskom. Kemudian, dekatkan muka pada wadah yang berisi air hangat dan hirup udara hangat dari wadah tersebut. Lakukan ini 2-3 kali sehari dengan durasi 10 menit dan lakukan hingga kamu merasa lebih baik.

  1. Berbaring dengan Bantal yang Tinggi

Ketika malam menjelang, hidung mampet akan terasa semakin berat. Apalagi ketika kamu sedang tidung, hidung mampet akan terasa semakin berat. Bahkan, hidung mampet dapat membuat tidur kamu jadi tidak nyenyak. Cara untuk mengatasi hidung mampet lainnya adalah dengan menggunakan bantal yang cukup tinggi ketika tidur. Hal tersebut dilakukan supaya lendir dalam hidung tetap bisa mengalir ke dalam tenggorokan.

Baca juga: Hidung Tersumbat, Gejala Sinusitis yang Mirip dengan Flu

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghilangkan hidung mampet? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat bertanya pada dokter mengenai masalah kesehatan lain melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!