• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Merawat Gips saat Alami Patah Tulang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Merawat Gips saat Alami Patah Tulang

5 Cara Merawat Gips saat Alami Patah Tulang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 September 2021
5 Cara Merawat Gips saat Alami Patah Tulang

“Perawatan gips yang baik dapat membantu pemulihan patah tulang. Untuk merawatnya, pastikan gips yang kamu kenakan tidak basah dan tidak retak. Perbanyak istirahat di hari-hari pertama menggunakan gips. Hindari menempelkan benda ke gips atau sering menyentuhnya. Berjalan menggunakan gips juga sangat tidak disarankan.”

Halodoc, Jakarta – Saat mengalami patah tulang, dokter umumnya akan memasang gips untuk melindungi dan menstabilkan bentuk tulang yang patah sampai benar-benar sembuh. Gips umumnya digunakan selama 4-12 minggu, tergantung kondisi patah tulang yang dialami. Ada dua jenis gips, gips plester dan gips fiberglass. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. 

Pertama adalah gips plester, bahan plester lebih mudah dicetak dan lebih murah daripada fiberglass. Sementara gips berbahan fiberglass bobotnya lebih ringan dan lebih tahan lama. Selain itu, fiberglass juga lebih mudah ditembus sinar-X sehingga memudahkan dokter dalam memeriksa tulang. Penting untuk merawat gips dengan baik untuk mempercepat penyembuhan. 

Baca juga: Prosedur Pemasangan Gips pada Seseorang yang Patah Tulang

Cara Merawat Gips

Merawat gips dengan baik sangat membantu pemulihan pasca patah tulang. Nah, berikut cara perawatan gips yang perlu kamu ketahui:

1. Istirahatkan Kaki

Di beberapa hari pertama menggunakan gips, sebaiknya perbanyak istirahat dan jangan beraktivitas terlebih dahulu. Jaga agar lengan atau kaki yang patah terangkat di permukaan yang lembut, seperti bantal di hari-hari pertama. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan.

2. Jangan Sampai Basah

Pastikan gips yang kamu kenakan tidak basah. Gips yang basah dapat melemahkan fungsinya sehingga tulang tidak akan tertopang dengan baik. Untuk melindungi gips dari air, lapisi gips dengan plastik atau penutup khusus gips. Ini bisa kamu gunakan saat mandi atau melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air. 

Setelah mengenakan plastik untuk melapisi gips, segera lepas jika tidak dibutuhkan. Terlalu lama membungkus gips bisa memicu keringat yang dapat merusak gips. Jika gips sudah terlanjur basah, kunjungi rumah sakit untuk mengatasinya. 

3. Jangan Tempelkan Benda

Hindari menempelkan benda apapun ke gips. Meskipun gips berfungsi melindungi tulang beserta kulit di atasnya, menempelkan benda apapun tetap berisiko merusak kulit. Jadi, hindari menempelkan stiker atau mencoret-coret gips. 

4. Jangan Mengutak-atik Gips

Menggaruk atau menyentuh-nyentuh gips dapat merusak lapisannya  dan menurunkan fungsinya. Jaga gips dengan baik sampai tulang yang patah benar-benar pulih. Bahkan jika gips membuat kulit terasa sangat gatal, jangan menggaruk-garuknya. Hal ini dapat menyebabkan luka yang parah dan menyebabkan infeksi.

Baca juga: 8 Jenis Patah Kaki yang Dapat Dialami Seseorang

5. Jangan Berjalan Menggunakan Gips

Berjalan menggunakan gips dapat membahayakan tulang yang sedang dalam masa penyembuhan. Bila ingin berjalan lebih baik menggunakan kruk sebagai gantinya. Hindari pula mengangkat benda atau mengemudi sampai patah tulang sembuh

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan gips. Kunjungi rumah sakit untuk meminta saran apabila kamu mengalami hal ini:

  • Gips masih terasa terlalu kencang setelah ditinggikan selama 24 jam.
  • Mengalami gatal-gatal terus menerus atau sensasi terbakar di bawah gips.
  • Jari tangan atau kaki pada anggota tubuh yang terkena terasa bengkak, geli, nyeri, dan mati rasa bahkan setelah minum obat penghilang rasa sakit.
  • Jari tangan dan kaki membiru atau putih.
  • Merasa gips terlalu longgar.
  • Gips retak atau rusak.
  • Kulit di bawah atau di sekitar tepi gips  terasa sakit.
  • Timbul bau yang tidak sedap dari gips.

Baca juga: Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Sembuh dari Patah Kaki

Selain merawat gips dengan baik, penting untuk konsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter guna membantu pemulihan patah tulang. Vitamin dan suplemen juga perlu kamu konsumsi untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Kini kamu bisa membeli obat maupun vitamin yang kamu butuhkan di toko kesehatan Halodoc. Tinggal klik lalu pesanan akan segera di antar ke tempatmu. Download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
NHS. Diakses pada 2021. How should I care for my plaster cast?.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cast care: Do’s and don’ts.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Broken leg.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Bone Fractures.