05 September 2018

5 Cara untuk Mengatasi Sesak Napas pada Ibu Hamil

ibu hamil sesak napas, mengatasi sesak napas saat hamil, ibu hamil, masa kehamilan

Halodoc, Jakarta – Banyak perubahan yang dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilan, mulai dari perubahan fisik hingga perubahan mental. Ada banyak perubahan dan keluhan fisik yang akan dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari rasa pusing, mual, gatal pada perut, hingga mengalami sesak napas.

Kondisi sesak napas pada masa kehamilan sebenarnya adalah hal normal yang kerap terjadi pada ibu hamil. Terutama jika usia kehamilan ibu sudah besar dengan usia kehamilan 6 hingga 9 bulan. Namun, ada beberapa kondisi sesak napas yang sebaiknya segera ditangani oleh tim medis agar ibu segera mendapatkan pertolongan pertama untuk mengatasi sesak napas.

Penyebab Ibu Hamil Merasakan Sesak Napas

Ada berbagai penyebab yang membuat ibu hamil merasakan sesak napas. Kondisi pertama karena faktor kehamilan yang semakin membesar. Hal ini tentu akan membuat tubuh ibu terasa semakin berat, sehingga ibu akan lebih mudah lelah dan sesak napas. Kondisi kedua karena ibu menderita beberapa penyakit yang memberikan dampak sesak napas. Misalnya seperti penyakit batuk atau ibu memang memiliki riwayat asma atau sesak napas.

Biasanya pada trimester kedua, hormon kehamilan merangsang otak untuk membuat ibu mengambil napas lebih dalam. Hal ini dilakukan agar tubuh mendapatkan lebih banyak oksigen. Oksigen juga dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan.

Pada trimester ketiga, rahim semakin membesar sehingga kandungan mendorong rongga paru-paru ibu. Hal ini tentu akan membatasi kemampuan paru-paru untuk berkembang saat bernapas. Akibatnya, napas akan terasa lebih pendek dan cepat.

Cara Mengatasi Sesak Napas pada Ibu Hamil

Jangan panik saat ibu merasakan sesak napas ketika hamil. Sebab, sesak napas saat hamil tidak akan membahayakan janin. Ibu hanya perlu melakukan beberapa cara ini agar sesak napas ibu bisa segera teratasi:

1. Istirahat dan Relaksasi

Jika ibu sudah mulai merasa berat saat bernapas, sebaiknya ibu segera beristirahat sejenak dari rutinitas yang sedang dikerjakan. Tidak ada salahnya untuk melakukan relaksasi sejenak atau bersantai agar ibu kembali sehat. Lakukan relaksasi supaya ibu bisa kembali mengatur napas.

2. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Saat hamil ibu juga membutuhkan olahraga. Salah satu manfaat olahraga pada masa kehamilan adalah untuk melancarkan sistem pernapasan. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tentu ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dapat membantu ibu dalam menjaga berat badan selama kehamilan. Tidak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan gula. Kelebihan berat badan saat hamil bisa menjadi salah satu sumber sesak napas saat masa kehamilan.

4. Hindari Minuman Bersoda dan Kafein

Minuman yang bersoda dan berkafein adalah minuman yang dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Hal ini disebabkan karena sifat diuretik yang dapat meningkatkan pengeluaran cairan tubuh lebih banyak.

5. Atur Posisi Tubuh Hingga Nyaman

Saat ibu mulai merasa sesak napas, sebaiknya atur posisi ibu saat duduk atau tiduran hingga nyaman. Posisi yang nyaman bisa meringankan sesak napas yang ibu rasakan. Biasanya, duduk dengan bersandar atau posisi tidur dengan disangga akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.

Jika ibu mengalami sesak napas selama masa kehamilan, ibu bisa konsultasikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

Baca juga: