• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara untuk Mengobati Stres di Tempat Kerja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara untuk Mengobati Stres di Tempat Kerja

5 Cara untuk Mengobati Stres di Tempat Kerja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 September 2022

“Stres akibat pekerjaan adalah salah satu masalah yang kerap terjadi. Maka dari itu, perlu tahu cara mengobati stres di tempat kerja, salah satunya dengan meluangkan waktu untuk melepas penat.”

5 Cara untuk Mengobati Stres di Tempat Kerja5 Cara untuk Mengobati Stres di Tempat Kerja

Halodoc, Jakarta – Saat beban pekerjaan terlalu banyak dan dikejar deadline, hal ini dapat menyebabkan seseorang merasakan tekanan sehingga menimbulkan stres. Jika masalah ini tidak diatasi, produktivitas dan aktivitas harian lainnya bisa terganggu.

Bahkan, stres akibat pekerjaan juga dapat memberikan konsekuensi kesehatan, mulai dari yang ringan hingga berpotensi menimbulkan masalah serius. Maka dari itu, setiap orang perlu tahu cara mengobati stres di tempat kerja yang efektif.

Cara yang Bisa Terapkan untuk Mengobati Stres Akibat Pekerjaan

1. Ketahui Stressor atau Penyebab Stres

Kamu perlu mengidentifikasi situasi sesuatu yang membuat stres dan cara untuk menanggapinya. Catat pikiran, perasaan, dan informasi terkait lingkungan kerja dan cara tubuh bereaksi. Maka dari itu, catat dengan lengkap untuk menemukan pola di antara penyebab stres dan reaksinya.

2. Buat Respons yang Sehat

Tidak sedikit orang yang mencoba melawan stres dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat hingga minum alkohol. Padahal, olahraga adalah penghilang stres yang paling baik, sehingga dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, termasuk yoga.

Selain itu, luangkan juga waktu untuk melakukan hobi dan kegiatan yang disenangi. Di sisi lain juga pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, guna mengatur stres. Hindari aktivitas yang dapat mengganggu rutinitas tidur.

3. Tetapkan Batas

Kemudahan digital membuat seseorang mendapatkan beban pekerjaan bahkan di luar jam kerja. Maka dari itu, pastikan untuk menetapkan batasan jam kerja untuk diri sendiri. Contohnya, tidak memeriksa email kantor saat di rumah atau malam hari.

Pastikan untuk membuat batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan di rumah. Hal ini mampu mengurangi potensi konflik kehidupan kerja dan stres. Alangkah baiknya juga jika disampaikan pada rekan kerja agar lebih mengerti.

4. Luangkan Waktu untuk Melepas Stres

Untuk menghindari efek negatif dari stres, setiap orang perlu melepas penat agar pikiran kembali ke semula. Selama proses pemulihan ini perlu menjauh sementara dari pekerjaan.

Manfaatkan waktu luang untuk beristirahat dan bersantai, sehingga dapat merasa segar kembali dan siap melakukan pekerjaan dengan cara yang maksimal. Jika tidak memiliki cuti, segera matikan smartphone saat di luar jam kerja dan fokus pada sesuatu kesenangan yang ingin dilakukan.

5. Dapatkan Dukungan

Setiap orang yang sedang mengalami stres perlu mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat, seperti teman dan keluarga. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan diri dalam mengelola stres.

Jika sudah merasa stres yang dialami tidak tertahankan, cobalah untuk menemui psikolog. Ahli medis ini dapat membantu dalam menentukan metode terbaik agar stres dapat dihilangkan, agar aktivitas dapat kembali normal.

Itulah pembahasan mengenai cara mengobati stres akibat pekerjaan yang perlu diterapkan. Pastikan untuk melakukan tindakan ini, agar aktivitas harian dapat kembali seperti semula, serta mencegah berbagai masalah kesehatan, baik fisik maupun mental.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait masalah ini, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja melalui smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2022. 9 Simple Ways to Deal With Stress at Work.
American Psychological Association. Diakses pada 2022. Coping with stress at work.