• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat

5 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 September 2022

“Ada beberapa jenis makanan dan minuman pantangan asam urat. Misalnya makanan dan minuman manis, pemanis buatan, jeroan, alkohol, dan makanan laut. ”

5 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat5 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat

Halodoc, Jakarta –  Pengidap asam urat harus menjauhi makanan yang mengandung purin. Makanan tinggi purin bisa mengakibatkan kondisi asam urat, seperti pembengkakan dan kemerahan di pergelangan dan sendi.

Menghindari makanan dan minuman pantangan asam urat dapat membantu mencegah kekambuhan penyakit ini. Informasi selengkapnya mengenai daftar makanan dan minuman yang harus dihindari buat pengidap asam urat bisa dibaca di sini!

Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat

Sebelumnya sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu cara untuk mengelola kondisi asam urat adalah mengurangi jumlah purin yang dimakan. Perlu diketahui, meskipun makanan yang dimakan dapat berpengaruh terhadap banyaknya asam urat yang diproduksi tubuh, namun mengonsumsi obat-obatan memberikan efek yang lebih signifikan. 

Selain itu, ada juga beberapa cara yang dapat membantu mengontrol kadar asam urat adalah hal yang perlu dilakukan. Seperti menjaga berat badan tetap stabil, menerapkan pola makan sehat, mencapai berat badan yang sehat, serta membatasi makanan yang mengandung purin.

Lantas, apa saja daftar makanan dan minuman pantangan asam urat?

1. Minuman Manis dan Permen

Makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula dan fruktosa dapat memperburuk penyakit asam urat. Jika kamu mengidap asam urat, sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman manis tersebut.

2. Sirup Jagung Fruktosa Tinggi

Sebagai bentuk pemanis buatan yang mengandung fruktosa tinggi, sirup jagung bisa memicu kambuhnya asam urat. Kalau tidak mau hal ini terjadi, kamu harus mengurangi atau tidak mengonsumsi sirup jagung ini sama sekali. 

3. Alkohol

Meskipun tidak semua minuman beralkohol tinggi purin, alkohol mencegah ginjal menghilangkan asam urat dan menariknya kembali ke tubuh. Akibatnya, asam urat akan menumpuk di ginjal.

4. Jeroan 

Daging organ dalam hewan memang sangat enak, digoreng, disambal, namun memakannya bisa menyebabkan kekambuhan. Batasi ataupun jangan mengonsumsi makanan ini terlalu sering. 

5. Makanan Laut 

Beberapa produk makanan laut seperti udang, kerang, teri, tinggi juga kadar purinnya. Ada baiknya untuk membatasi produk ini atau menjadikannya pantangan. 

Penyakit asam urat kalau sedang kambuh bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari.  Rasa sakit dan peradangan di area yang kumat dapat membuat berjalan atau berdiri menjadi sangat menyakitkan. 

Pencegahan dan Penanganan Darurat Asam Urat

Selain melakukan tindakan pencegahan dengan tidak makan dan minum apa yang menjadi pantangan, berikut ini ada beberapa pengobatan rumahan yang membantu meredakan sakit, yaitu: 

1. Mengonsumsi Obat Pereda Sakit 

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve) dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan asam urat.

2. Salep Topikal

Salep topikal yang mengandung capsaicin atau bahan menenangkan lainnya (seperti aspercreme, Icy Hot) dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan saat dioleskan pada area yang bengkak.

3. Mengompres dengan Es 

Salah satu cara alami yang paling mudah untuk mengurangi peradangan pada serangan asam urat adalah dengan mengoleskan es ke daerah yang terkena.

4. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat memungkinkan meredakan pembengkakan akibat asam urat. Soalnya air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat yang berlebih.

Jika gejala asam urat tidak kunjung membaik, kamu bisa memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan tepat dari dokter. Yuk, buat janji pemeriksaan asam urat lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Gout Low Purine Diet.
WebMD. Diakses pada 2022. Best (and Worst) Foods for Gout.
WebMD. Diakses pada 2022. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid.