• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Brokoli Baik untuk Dikonsumsi Pengidap Penyakit Asam Urat

Brokoli Baik untuk Dikonsumsi Pengidap Penyakit Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Brokoli Baik untuk Dikonsumsi Pengidap Penyakit Asam Urat

Halodoc, Jakarta - Pengidap asam urat memang tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Hal yang sama berlaku pada sayuran. Jika salah konsumsi, kadar purin dalam tubuh bisa saja melonjak naik hingga keluar batas. Pengidap asam urat umumnya harus menghindari beberapa jenis sayuran, tetapi tidak dengan brokoli. Ini alasan mengapa brokoli baik bagi pengidap asam urat.

Baca juga: Penyebab Pengidap Asam Urat Harus Menghindari Makan Jeroan

Brokoli Menjadi Salah Satu Makanan Pengidap Asam Urat 

Sebelum membahas mengapa brokoli sangat baik dikonsumsi, sebaiknya kamu lebih dulu mengetahui penjelasan tentang asam urat itu sendiri. Asam urat, atau gout merupakan penyakit persendian yang memicu pembengkakan, kemerahan, serta rasa nyeri di area tersebut. Jika gejala pada pengidapnya sampai kambuh, maka kamu akan kesulitan untuk beraktivitas.

Hal tersebut dikarenakan adanya kristal asam urat yang menumpuk dalam persendian akibat makanan yang dikonsumsi. Jika sudah begitu, bukan hanya memicu masalah pada persendian saja, pengidap juga berisiko tinggi mengalami penyakit ginjal. Salah satu makanan yang layak untuk dikonsumsi adalah brokoli, karena memiliki kandungan purin yang rendah.

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan tinggi serat, vitamin C, asam folat, serta potasium. Bukan itu saja, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu pengidap mengendalikan kondisi kesehatannya. Sayuran ini termasuk dalam sayuran rendah purin, yaitu di bawah 50–100 miligram untuk setiap 100 gramnya.

Baca juga: Ini Penyebab Makan Kerupuk Picu Penyakit Asam Urat Kambuh

Sayuran yang Direkomendasikan untuk Pengidap Asam Urat

Jika kamu adalah pengidap asam urat, disarankan untuk selalu cermat dalam memilih kudapan. Jika tidak, alih-alih sembuh, kadar purin dalam tubuh justru melonjak naik dan memicu rasa sakit yang semakin parah. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pengidap asam urat:

  1. Terong dan Tomat. Makanan untuk pengidap asam urat yang pertama adalah terong dan tomat. Keduanya bukan hanya rendah purin saja, tetapi kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.
  2. Ubi Jalar. Makanan pengidap asam urat lain yang direkomendasikan adalah ubi jalar. Makanan ini mengandung purin yang sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi pengidap asam urat.
  3. Kentang. Kentang menjadi makanan pengidap asam urat yang direkomendasikan. Sayuran ini mengandung rendah purin, serta kaya akan vitamin C yang mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
  4. Bayam. Bayam menjadi salah satu sayur yang direkomendasikan untuk pengidap asam urat. Meski mengandung purin, sayur bayam aman dikonsumsi pengidap.
  5. Kacang-kacangan. Pengidap asam urat disarankan untuk menjauhi protein hewani. Nah, untuk mendapatkan asupan protein tersebut, kamu dapat mengonsumsi kacang-kacangan.
  6. Jamur. Jamur kaya akan serat juga rendah kalori. Sama halnya dengan bayam, jamur menjadi salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk pengidap asam urat.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Mengontrol Asam Urat

Selain beberapa sayuran tersebut, pengidap asam urat wajib untuk menghindari sejumlah jenis makanan dan minuman. Beberapa di antaranya adalah minuman beralkohol, daging merah, jeroan, makanan laut, roti, serta oatmeal. Jika kamu ingin mengetahui makanan yang dipantang lainnya, silahkan bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Is Broccoli Good for Gout?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Healthy Lifestyle. Gout diet: What's allowed, what's not.
Patient. Diakses pada 2020. Gout Diet Sheet.