• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Fakta tentang Piercieng Hidung yang Wajib Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Fakta tentang Piercieng Hidung yang Wajib Diketahui

5 Fakta tentang Piercieng Hidung yang Wajib Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Agustus 2022

“Ada beberapa fakta yang perlu diketahui sebelum menjalani piercing hidung. Termasuk adanya kemungkinan komplikasi yang serius.”

5 Fakta tentang Piercieng Hidung yang Wajib Diketahui5 Fakta tentang Piercieng Hidung yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta – Piercing hidung menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Ada kepuasan dan rasa percaya diri yang meningkat bagi beberapa orang, saat menindik hidungnya. 

Namun, banyak anggapan bahwa piercing hidung lebih menyakitkan dibanding piercing telinga. Apakah hal ini benar? Yuk simak fakta-faktanya berikut ini!

Berbagai Fakta Seputar Piercieng Hidung

Sebelum memutuskan untuk menjalani piercing atau tindik hidung, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  1. Piercing Hidung Tidak Semenyakitkan Itu

Meskipun kamu mungkin merasakan sedikit ketidaknyamanan selama prosedur dan beberapa rasa sakit di hari-hari berikutnya, pada kenyataannya, piercing hidung tidak semenyakitkan itu. 

Tentu saja, setiap orang berbeda dan beberapa mungkin merasa lebih tidak nyaman daripada yang lain. Namun, prosedurnya tidak separah yang dibayangkan. 

  1. Memerlukan Perawatan yang Menyeluruh

Piercing atau tindik hidung bisa menimbulkan luka kecil. Oleh karena itu penting untuk merawatnya dengan benar selama masa penyembuhan, agar tidak terinfeksi. Penting untuk dipahami bahwa kamu perlu merawat area yang ditindik agar tetap sehat dan indah. 

Pastikan juga untuk piercing di tempat yang tepercaya, dengan menggunakan peralatan yang steril, untuk menurunkan risiko infeksi. Namun, meski sudah menggunakan peralatan steril, perawatan luka yang buruk masih dapat menyebabkan infeksi. 

  1. Ada Beberapa Kegiatan yang Perlu Dihindari setelah Piercing

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa menindik hidung untuk sementara dapat membuat mereka tidak bisa melakukan beberapa aktivitas yang mungkin biasa dilakukan. Ini karena beberapa aktivitas dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi atau bahkan menyebabkan cedera ketika luka belum sembuh.

Aktivitas yang sebaiknya dihindari selama masa pemulihan luka adalah:

  • Berenang. Meskipun boleh mandi, kamu harus menghindari berenang di perairan laut, kolam atau danau setidaknya selama dua minggu. 
  • Menerapkan Riasan. Untuk mengurangi risiko infeksi, sebaiknya jangan dulu merias wajah selama satu hingga dua bulan. Jika benar-benar perlu merias wajah, pastikan mengaplikasikannya jauh dari tindikan. 
  • Bermain Olahraga Kontak. Setelah piercing hidung, kamu harus menghindari melakukan olahraga apa pun yang dapat menyebabkan seseorang atau sesuatu mengganggu tindikan. Sangat disarankan untuk menghindari olahraga kontak selama setidaknya satu bulan. 
  • Meniup atau Menggaruk Hidung. Meskipun hampir tidak mungkin untuk benar-benar berhenti menggaruk atau meniup hidung, kamu harus  ekstra hati-hati dalam minggu-minggu pertama setelah penindikan. Ini dapat membuat kamu secara tidak sengaja menarik tindik keluar. 
  1. Tidak Semua Logam Bisa Dipakai

Tubuh dapat memberi reaksi penolakan saat ada benda asing ditusuk ke dalam tindikan yang dibuat. Memilih perhiasan piercing hidung yang tepat akan secara signifikan mengurangi risiko penolakan. 

Jadi, pilihlah perhiasan untuk tindik hidung yang berkualitas. Terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Bila diperlukan, konsultasikan pemilihan jenis logam yang akan dipakai dengan dokter.

  1. Piercing Hidung Bisa Menyebabkan Kerusakan Permanen

Jika piercing hidung tidak dilakukan oleh seorang profesional, sangat mudah untuk menyebabkan kerusakan permanen akibat prosedur ini. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi adalah:

  • Kerusakan Saraf. Penindik dapat menusuk hidung secara tidak tepat dan mengenai saraf. Ini dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen. 
  • Nekrosis Dinding Hidung. Teknik menusuk yang menyebabkan trauma pada jaringan hidung, dapat menyebabkan kematian sel-sel yang mengelilingi perhiasan di dinding hidung. Hal ini dapat menyebabkan deformitas parah yang mungkin memerlukan operasi pengangkatan jaringan hidung yang mati.  

Itulah beberapa fakta mengenai piercing hidung yang penting untuk diketahui. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter. 

Referensi:
Radiance by WebMD. Diakses pada 2022. Nose Piercing.
Healthline. Diakses pada 2022. Do Nose Piercings Hurt? 18 Things to Consider Before Taking the Plunge.
Medical Piercing. Diakses pada 2022. Five Things You Should Know Before Getting Your Nose Pierced.