03 July 2018

5 Gangguan Kesehatan yang Diatasi dengan Fisioterapi

Mengatasi gangguan kesehatan dengan fisioterapi, Manfaat fisioterapi,

Halodoc, Jakarta - Fisioterapi merupakan sebuah prosedur terapi fisik untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi keterbatasan gerak dan fungsi tubuh. Prosedur ini melibatkan  gaya dan gerak mekanis. Selain digunakan untuk pemulihan cedera, fisioterapi juga bisa digunakan untuk pencegahan cedera yang kemungkinan akan terjadi di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gangguan kesehatan dengan fisioterapi.

Baca juga: Cegah Kram Otot saat Olahraga

  1. Nyeri Otot

Rasa nyeri ini biasa terjadi pada sebagian besar orang. Nyeri otot yang paling umum biasanya meliputi sakit punggung. Fisioterapi bisa menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi rasa nyeri ini. Dengan menggunakan fisioterapi, kekakuan dan rasa sakit akan berkurang, serta aliran darah ke otot juga akan menjadi lebih lancar. Selain itu, ketegangan di sekitar otot yang sakit dapat dikurangi dengan pijatan.

  1. Cedera Akibat Olahraga

Cara mengatasi gangguan kesehatan dengan fisioterapi lainnya adalah cedera akibat berolahraga. Cedera ini memang biasa terjadi, apalagi jika olahraga berat dan tidak didampingi dengan pemanasan, peregangan, dan pendinginan yang baik. Cedera ini bisa menimbulkan rasa sakit yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Fisioterapi dapat digunakan sebagai penyembuhan dan rehabilitasi rasa sakit yang disebabkan oleh kecelakaan olahraga.

Baca juga:  Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan dalam Olahraga

  1. Arthritis

Seiring bertambahnya usia, seseorang rentan mengalami arthritis. Arthritis merupakan peradangan pada sendi yang ditandai dengan adanya rasa nyeri dan kaku pada sendi. Gangguan ini dapat memengaruhi mobilitas pengidapnya.

Fisioterapi dapat digunakan untuk mengatasi arthritis dengan meningkatkan aliran darah ke otot dan meningkatkan jangkauan gerakan fisik. Selain itu, fisioterapi juga dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan sendi. Namun, untuk orang yang sudah memasuki usia tua, sebaiknya gunakan fisioterapi dengan latihan yang lebih lembut.

  1. Rehabilitasi

Fisioterapi juga bisa digunakan sebagai proses rehabilitasi seseorang yang mengalami kecelakaan serius yang rumit. Ketika seseorang mengalami kecelakaan serius dan menyebabkan gangguan, fisioterapi dapat digunakan untuk membantu proses belajar berjalan kembali. Meskipun begitu, proses rehabilitasi dengan fisioterapi akan membutuhkan waktu yang lama dan perawatan yang intensif.

Selain untuk seseorang yang mengalami kecelakaan serius, fisioterapi juga dapat digunakan sebagai rehabilitasi penyakit yang serius. Di antaranya adalah gangguan jantung dan paru-paru. Fisioterapi ini digunakan untuk meningkatkan sirkulasi, membangun kekuatan otot, dan mengembalikan fungsi tubuh.

  1. Masalah Pernapasan

Fisioterapi juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan, yaitu cystic fibrosis, asma, pneumonia, dan kanker paru-paru. Fisioterapi dapat membantu membersihkan dan mempermudah pernapasan. Selain itu, fisioterapi dapat digunakan untuk meringankan dan mengontrol rasa sakit yang diakibatkan gangguan pernapasan. Latihan yang terdapat dalam fisioterapi juga dapat memperbaiki postur tubuh, sehingga dapat membuat bernapas menjadi lebih mudah.

  1. Pencegahan Cedera

Fisioterapi memang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Meskipun begitu, fisioterapi juga bisa digunakan untuk mencegah cedera. Bukan berarti fisioterapi akan sepenuhnya menghindarkan seseorang dari cedera, tetapi dengan fisioterapi risiko mengalami cedera akan semakin kecil. Sebab, dengan fisioterapi tubuh akan menjadi lebih fleksibel dan aliran darah dalam tubuh pun menjadi lancar.

Baca juga: Inilah 6 Manfaat Melatih Otot Kaki

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat fisioterapi? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat menanyakan cara mengatasi gangguan kesehatan dengan fisioterapi kepada dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!