• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Buah yang Bantu Naikkan Kadar Trombosit dalam Darah

5 Jenis Buah yang Bantu Naikkan Kadar Trombosit dalam Darah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Jenis Buah yang Bantu Naikkan Kadar Trombosit dalam Darah

Halodoc, Jakarta - Sebaiknya jangan abaikan jika kamu selalu merasa kelelahan dan menjadi lebih mudah memar pada beberapa bagian tubuh. Bisa jadi kondisi tersebut menandakan kamu sedang mengalami penurunan kadar trombosit dalam darah.

Trombosit adalah salah satu sel darah yang memiliki fungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Kondisi penurunan kadar trombosit juga dikenal sebagai trombositopenia

Baca juga: Yang Terjadi Jika Trombosit Darah di Tubuh Rendah

Ada berbagai penyebab penurunan kadar trombosit, seperti infeksi virus, kecanduan alkohol dalam waktu yang panjang, hingga penyakit autoimun. Penanganan penurunan kadar trombosit juga akan disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya.

Namun, jika penurunan kadar trombosit terbilang ringan, kamu bisa kembali menaikkan kadar trombosit dengan mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan ini.

1. Jambu Biji

Jambu biji dinilai menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Hal ini dinilai mampu membantu untuk meningkatkan kadar trombosit. Bukan hanya buahnya, rebusan air daun jambu biji pun dipercaya memiliki manfaat yang serupa. Meskipun begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah dan daun jambu biji pada trombosit.

2. Jeruk

Selain jambu biji, kandungan vitamin C dalam buah jeruk sudah tidak diragukan lagi untuk membantu menaikkan kadar trombosit. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung folat. Nyatanya, kekurangan jumlah folat dalam tubuh pun bisa memicu penurunan kadar trombosit. Untuk itu, tidak ada salahnya menjadikan jeruk sebagai camilan sehat di sore hari agar trombosit tetap stabil.

Baca juga: Mudah Muncul Memar, Bisa Jadi Gejala Trombositopenia

3. Delima

Kandungan vitamin C dan folat pada delima memiliki peran untuk pembentukan sel darah dalam tubuh. Dengan begitu, buah ini mampu membantu kamu untuk menaikkan kadar trombosit.

Selain itu, buah delima juga dikenal dengan manfaat lainnya. Mulai dari menurunkan risiko gangguan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mencegah penyakit kanker prostat.

4. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi cukup lengkap. Salah satunya adalah vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan tulang. Jadi, tidak ada salahnya mencoba buah kurma sebagai camilan sehat untuk membantu kamu menaikkan kadar trombosit.

5. Mangga

Bukan hanya mengandung vitamin C, tahukah kamu bahwa mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi didalamnya? Vitamin A nyatanya sangat dibutuhkan untuk memproduksi trombosit yang sehat. Sebaiknya konsumsi dalam bentuk buah yang segar dan hindari mengonsumsi minuman mangga dalam kemasan untuk menghindari asupan pemanis buatan.

Itulah beberapa buah yang dinilai mampu membantu kamu untuk menaikkan kadar trombosit. Sebaiknya jangan abaikan gejala penurunan kadar trombosit dalam darah karena kondisi ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan lainnya. 

Baca juga: Cara Penanganan saat Ibu Hamil Terkena Trombositopenia

Perdarahan berat pada otak dan saluran pencernaan menjadi beberapa komplikasi yang cukup parah akibat trombositopenia tidak diatasi dengan baik. Jangan ragu bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc mengenai trombositopenia. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak memperburuk kondisi trombositopenia. Sebaiknya selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas agar terhindar dari cedera. Selain itu, lakukan gaya hidup sehat dan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Thrombocytopenia.
Medical News Today. Diakses pada 2021. How Can I Increase My Platelet Count Naturally?
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Health Benefits of Pomegranate.