• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Kecanduan Alkohol
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Kecanduan Alkohol

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Kecanduan Alkohol

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 September 2022

“Dalam pemulihan dari kecanduan alkohol, olahraga bermanfaat untuk memfokuskan pikiran dari mengidam dan memberikan endorfin yang sehat. Ada beberapa pilihan olahraga yang baik untuk mengatasi kecanduan, mulai dari berjalan kaki sampai menari.”

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Kecanduan Alkohol5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Kecanduan Alkohol

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa olahraga tak hanya membuat tubuh tetap sehat dan kuat, tapi juga bisa membantu mengatasi kecanduan? Banyak program perawatan dan rehabilitasi alkohol serta obat-obatan, memasukkan olahraga sebagai bagian dari program untuk membantu pasien menghindari pantangan dan mengembangkan gaya hidup yang lebih sehat.

Ketika seseorang menggunakan obat-obatan dan alkohol secara berlebihan, tubuh dan pikirannya akan terpengaruh. Kecanduan mengubah zat-zat kimia dalam tubuhnya. Setelah zat tersebut dihilangkan, ia mungkin akan mengalami gejala penarikan, seperti merasa cemas, tertekan, dan sensitif. 

Nah, olahraga bisa membantu orang yang kecanduan untuk tetap fokus pada sesuatu selain gejala penarikan atau mengidap. Lantas, jenis olahraga apa saja yang baik untuk mengatasi kecanduan alkohol? Yuk, cari tahu di sini.

Jenis Olahraga untuk Mengatasi Kecanduan Alkohol

Ada korelasi yang sudah teruji dan terbukti antara olahraga dan pemulihan dari kecanduan alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik tersebut bisa melepaskan endorfin ke tubuh, yang menciptakan rasa senang yang alami. Ini adalah jenis endorfin yang sama yang dilepaskan orang ketika mereka menyalahgunakan zat-zat terlarang.

Nah, berolahraga selama pemulihan akan membantu seseorang untuk memperkenalkan kembali endorfin yang sehat kembali ke dalam tubuh mereka.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan alkohol:

1. Jalan Kaki

Ini adalah jenis olahraga yang sederhana, tapi memiliki manfaat yang signifikan. Bukan hanya baik untuk kesehatan jantung, berjalan kaki juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Nah, setelah mengalami kecanduan alkohol dalam waktu yang lama, kamu mungkin akan merasa lelah dan lemas, terutama setelah proses detoksifikasi. Hal itu mungkin membuat kamu sulit untuk berolahraga. Jadi, jalan kaki bisa menjadi olahraga yang baik bagi pecandu alkohol untuk memulai gaya hidup sehat tersebut. Berjalan kaki selama 30 menit saja di sekitar komplek perumahan sudah bisa memberi manfaat signifikan pada tubuh.

2. Hiking

Berada di luar ruangan, terutama di alam yang hijau, bisa meningkatkan suasana hati. Ditambah lagi, paparan sinar matahari memungkinkan kamu untuk mendapatkan vitamin D. Jadi, hiking merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk membantumu mengatasi kecanduan alkohol. 

Tidak perlu memilih track hiking yang tinggi dan menantang. Kamu bisa mulai dengan jalur yang sederhana dulu dengan pemandangan yang indah. Saat lelah, kamu bisa beristirahat dan menikmati pemandangan.

3. Yoga

Yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang baik untuk mengatasi kecanduan alkohol. Olahraga yang melatih tubuh dan pikiran seperti ini sangat bermanfaat untuk membantu memfokuskan pikiran dan menghindari keinginan akan zat-zat tersebut.

4. Berenang

Jenis olahraga lainnya yang baik untuk mengatasi kecanduan alkohol adalah berenang. Berada di dalam air saja sudah sangat menyenangkan, dan kamu tidak harus melakukan satu putaran penuh. Kamu bisa berenang dengan gaya bebas selama satu jam atau ikut dalam kelas latihan aerobik air untuk bersenang-senang.

5. Menari

Jenis olahraga menyenangkan lainnya yang bisa membantu mengalihkan pikiranmu dari alkohol dan memberikan endorfin yang sehat adalah menari. Dengan menari, kamu bisa berolahraga tanpa merasa seperti berolahraga. 

Menari biasanya juga melibatkan aktivitas sosial, sehingga kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru yang memberi dampak positif untuk kesehatan mental.

Itulah beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan selama masa pemulihan dari kecanduan alkohol. Bila kamu mengalami gejala penarikan yang sering kambuh, coba hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Verywell Mind. Diakses pada 2022. Using Exercise to Aid Alcohol and Drug Recovery.
The Recovery Village. Diakses pada 2022. 6 Benefits of Exercise in Addiction Recovery.
Castle Craig. Diakses pada 2022. The 7 Best Exercises for Addiction Recovery