• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kegiatan Selama Ramadan agar Anak Tidak Bosan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kegiatan Selama Ramadan agar Anak Tidak Bosan

5 Kegiatan Selama Ramadan agar Anak Tidak Bosan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 April 2022

“Ada cukup banyak kegiatan menyenangkan selama Ramadan yang bisa dilakukan bersama Si Kecil. Mulai dari membuat kalender Ramadan, hingga menyiapkan menu berbuka bersama.”

5 Kegiatan Selama Ramadan agar Anak Tidak Bosan

Halodoc, Jakarta – Bagi anak yang masih belajar puasa, ibadah ini mungkin saja bisa terasa cukup berat. Agar anak tidak bosan saat menunggu waktu berbuka, ada banyak kegiatan selama Ramadan yang bisa dilakukan.

Kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari membuat prakarya, menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, atau sekadar membaca buku bersama. Yuk simak keseruan apa saja yang bisa dilakukan bersama Si Kecil selama Ramadan!

Ide Kegiatan Selama Ramadan Bersama Anak

Beberapa kegiatan ini bisa dilakukan selama Ramadan, agar anak tidak bosan:

1. Membuat Kalender Ramadan

Dengan bahan-bahan sederhana, ajak anak berkreasi membuat kalender Ramadan. Minta Si Kecil untuk menghias kalender dengan stiker, perangko, atau gambar favoritnya.

Sembari membuat kalender, ibu juga bisa mengajak anak membuat misi harian. Misalnya, di hari ke-10 puasa, anak sudah harus hafal beberapa surat pendek, atau di hari ke-20 puasa anak harus bisa menyebut beberapa Asmaul Husna.

Jika berhasil mencapai misi-misi yang sudah disepakati, minta anak menandai kalendernya dengan stiker dan beri ia hadiah kecil. Ini bisa membuat anak semangat dalam mempelajari banyak hal seputar Islam.

2. Menghias Tangan dengan Hena

Hena adalah pasta tato artistik temporer yang sering digunakan dalam beberapa acara seperti pernikahan dan festival. Menghias tangan dengan hena juga bisa jadi ide kegiatan selama Ramadan yang menyenangkan, lo.

Ajak anak menghias kuku dan kulit tangan dengan hena dan minta ia menggambar sesukanya. Namun, pastikan untuk melakukan tes alergi  terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa kulit anak tidak akan bereaksi terhadap hena.

3. Membaca Buku Bersama

Membaca dapat menjadi alternatif kegiatan yang bermanfaat untuk mengusir rasa bosan anak saat berpuasa. Ibu dapat mengajak anak mengunjungi toko buku untuk mengajaknya membeli beberapa buku favoritnya.

Jangan larang anak memilih buku semisal novel, komik, buku petualangan, atau cerita humor, asalkan buku yang ia pilih sesuai untuk usianya. Selain membeli, ibu juga bisa mengajak anak ke perpustakaan umum, atau tempat penyewaan komik dekat rumah, sehingga tidak mengeluarkan uang banyak.

4. Memasak Bersama

Ide kegiatan selama Ramadan selanjutnya adalah memasak dan menyiapkan makanan berbuka puasa bersama anak. Ibu dapat mengajaknya untuk membuat menu yang membuatnya tertarik, seperti dengan cara menghias atau menggunakan bahan makanan kesukaan anak.

Antusias anak untuk menghias sendiri makanan untuk berbuka nanti akan membuat fokusnya teralih, sehingga anak lebih semangat menjalankan puasa. Namun, tetap awasi anak saat menggunakan pisau atau peralatan tajam lainnya, ya.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan selama Ramadan ini tidak hanya membuat anak menjadi lebih kreatif, tetapi juga menghindari rasa bosan saat berpuasa. Kerajinan bisa dibuat dari barang-barang bekas atau yang tersedia di rumah saja, misalnya tanah liat, kain flanel, sedotan, dan lain-lain.

Beberapa contoh kerajinan yang bisa dibuat adalah kartu ucapan Idul Fitri, kalung, boneka dari kain flanel, hingga dekorasi rumah untuk menyambut Hari Raya. Cara ini bisa membuat anak lebih semangat untuk menunggu waktu berbuka. 

Nah, itulah beberapa ide kegiatan selama Ramadan yang bisa dilakukan bersama anak untuk menghindari kebosanan. Sebenarnya masih banyak lagi aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Tidak ada salahnya juga untuk mendiskusikan hal ini bersama anak. Misalnya dengan bertanya, apa hal yang sedang ingin ia lakukan. Dengan melakukan berbagai aktivitas seru, ibadah puasa anak bisa jadi terasa lebih ringan dan anak akan menganggap bulan Ramadan sebagai bulan yang menyenangkan.

Jika anak mengalami masalah kesehatan selama puasa, jangan langsung panik. Segera download Halodoc untuk buat janji dengan dokter anak di rumah sakit, ya.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2022. 5 Fun Activities to Do With Your Children for Ramadan.
Artsy Crafty Mom. Diakses pada 2022. 12 Ramadan Crafts And Activities For Kids.