• Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Puasa
  • Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Puasa

Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Puasa

Pengertian Puasa

Puasa adalah tindakan sukarela yang dilakukan dengan menahan nafsu makan, minum dan segala hal yang bisa membatalkannya dalam periode waktu tertentu. Kegiatan ini umumnya dilakukan sebagai bagian dari ibadah keagamaan atau alasan kesehatan tertentu.

Jenis-Jenis Puasa

Intermiten jadi salah satu jenis puasa yang kerap dilakukan. Ada tujuh cara melakukannya yaitu:

1. Puasa Selama 12 Jam Sehari

Berpuasa selama 10 hingga 16 jam akan mengubah simpanan lemak menjadi energi. Tubuh melepaskan keton ke dalam aliran darah sehingga mendorong penurunan berat badan. Puasa dapat dilakukan di jam 7 malam sampai jam 7 pagi. Di antara waktu puasa, kamu hanya boleh minum air putih saja.

2. Puasa Selama 16 Jam

Jenis puasa intermiten ini bisa dilakukan bagi seseorang yang telah mencoba puasa 12 jam, tetapi tidak merasakan manfaatnya. Puasa dilakukan dengan makan malam sebelum pukul 20.00, kemudian melewatkan sarapan keesokan harinya. Makan baru bisa dilakukan saat waktunya makan siang.

3. Puasa 2 Hari dalam Seminggu

Selama 2 hari puasa, pria umumnya mengonsumsi 600 kalori dan wanita 500 kalori. Ini biasa dilakukan pada hari Senin dan Kamis. Pembatasan jumlah kalori yang dikonsumsi berdampak signifikan sehingga menyebabkan penurunan berat badan. Puasa ini juga dapat mengurangi kadar insulin dan meningkatkan sensitivitasnya.

4. Puasa 24 Jam per Minggu

Meski tidak diperbolehkan makan, seseorang masih bisa minum teh dan minuman bebas kalori. Jenis puasa ini dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala atau perubahan mood drastis. Jika sering dijalani, tubuh akan menyesuaikan diri dengan pola makan ini.

5. Melewatkan Waktu Makan

Seseorang yang menjalani puasa jenis ini bebas memutuskan waktu makan yang ingin dilewati. Namun, penting untuk mengonsumsi makanan sehat saat waktunya makan. Dengan kata lain, orang yang menggunakan gaya puasa intermiten ini akan makan saat lapar dan melewatkan makan saat tidak lapar.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat puasa terhadap kesehatan bisa hilang jika dilakukan sembarangan. Ini manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

1. Memperbaiki Fungsi Otak

Puasa memicu pertumbuhan sel saraf baru di otak. Itu sebabnya, puasa bisa membantu memperbaiki fungsi otak, termasuk melindungi otak dari risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Puasa sebulan penuh juga bisa membentuk rute jaringan baru di otak sehingga membantu perkembangan biologis, psikologis, dan fungsional.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berpuasa selama tiga hari atau lebih memicu proses regenerasi sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh pada orang di segala usia. Puasa juga memicu sel-sel induk untuk memproduksi sel-sel darah putih baru sehingga berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh untuk melawan infeksi.

  1. Meningkatkan Rasa Bahagia

Puasa merupakan ajang mengendalikan diri, termasuk dari pikiran, perasaan dan perilaku negatif. Setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan memproduksi lebih banyak endorfin. Ini adalah hormon yang berperan dalam mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, serta bahagia.

4. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia

Puasa bisa merangsang peningkatan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Ini karena HGH sangat efektif dalam mengatur metabolisme, membangun massa otot, membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot, dan menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot.

5. Mengatasi Resistensi Insulin

Puasa efektif dalam menjaga kadar gula darah (glukosa) dan berat badan pada pengidap diabetes tipe-2. Selain diabetes, terlalu banyak konsumsi karbohidrat dan gula bisa membuat tubuh resisten terhadap insulin. Akibatnya, kamu lebih berisiko terkena penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

6. Menyehatkan Jantung

Orang yang berpuasa secara teratur memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah. Ini karena, puasa secara teratur membuat tubuh beradaptasi sehingga lemak akan dijadikan sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Dampaknya, kolesterol di dalam tubuh akan berkurang dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika kamu mengalami kendala dalam melaksanakannya, segera buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan, ya! Kamu juga bisa download Halodoc sekarang juga jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Fasting: Health benefits and risks.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Health Benefits of Fasting, Backed by Science.
Britannica. Diakses pada 2022. Fasting.