• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Anemia, Ini 5 Makanan Penambah Darah

Cegah Anemia, Ini 5 Makanan Penambah Darah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu sering merasa lemah atau lelah? Kamu mungkin mengalami gejala anemia. Kondisi anemia terjadi saat jumlah sel darah merah kadarnya cukup rendah. Jika jumlah sel darah merah rendah, maka tubuh harus bekerja lebih keras untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh.

Tubuh menghasilkan jutaan sel darah merah setiap hari yang diproduksi di sumsum tulang dan beredar ke seluruh tubuh selama 120 hari. Kemudian, mereka pergi ke hati, untuk dihancurkan dan terjadi daur ulang komponen seluler mereka.

Baca juga: Mudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu Diatasi

Saat kamu mengidap anemia, kamu memiliki banyak risiko komplikasi kesehatan, jadi penting untuk mengembalikan kadar sel darah merah sesegera mungkin. Jangan khawatir, berikut ini jenis makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi: 

  • Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Tubuh membutuhkan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin yang berfungsi membawa dan menyimpan oksigen di dalam tubuh. Tidak hanya itu, zat besi juga akan membantu menjaga sel-sel tubuh untuk menyimpan oksigen.

Salah satu sumber makanan yang dapat menambah asupan zat besi di dalam tubuh adalah sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam dan kale. Masukkanlah jenis sayuran hijau ini ke dalam makanan kamu setiap hari untuk mengatasi anemia.

  • Daging Merah

Daging merah, terutama daging sapi juga bisa menambah sel darah merah di dalam tubuh. Jika kamu mengidap anemia, maka disarankan untuk mengonsumsi daging sapi setidaknya 2 hingga 3 kali seminggu.

Menurut National Diet and Nutrition Survey, 27 persen wanita berusia 19 hingga 64 tahun tidak mendapatkan cukup zat besi karena menghindari makan daging dan tidak menggantinya dengan makanan lain untuk asupan zat besi. Akibatnya mereka kerap mengalami anemia. Meskipun begitu, daging merah tetap disarankan asalkan dimakan secukupnya dan menghindari mengonsumsi bagian lemaknya.

Baca juga: Bikin Cepat Lelah, Bisakah Anemia Dicegah?

  • Buah Bit

Salah satu makanan penambah sel darah merah yang tergolong buah-buahan adalah buah bit. Ini karena di dalam buah bit terdapat vitamin B9 atau asam folat yang akan membantu produksi sel darah merah.

Cara yang paling mudah untuk mengonsumsi bit adalah dengan membuatnya menjadi jus. Atau kamu bisa mencampurkan buah bit ke dalam salad. 

  • Telur

Telur ayam nyatanya tidak hanya sumber protein yang baik nan murah tetapi juga pilihan tepat untuk menambah sel darah merah. Ini karena di dalam telur terkandungan zat besi yang tinggi demikian juga gizi seperti kalsium, karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2 yang disarankan untuk dikonsumsi para pengidap anemia. Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi telur setiap hari. Kamu bisa menjadikannya sebagai sarapan sehat dengan cara direbus, telur mata sapi, atau diorek. 

  • Susu

Minuman sehat satu ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk pengidap anemia. Susu adalah sumber kalsium yang tinggi dan juga kaya akan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Konsumsi susu sekali sehari dapat meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh sehingga terhindar dari risiko anemia.

Kamu juga bisa tanyakan dokter melalui fitur chat di Halodoc untuk mengetahui jenis makanan lain yang efektif mengatasi dan mencegah anemia. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan, kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kurang Darah & Darah Rendah

Lakukan Juga Perubahan Gaya Hidup

Jika kamu sudah makan makanan yang sehat dan mengonsumsi suplemen, maka kamu juga harus mengimbangi dan mempertahankannya dengan mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol. Sebab minuman tidak sehat ini dapat menurunkan jumlah sel darah merah jika dikonsumsi berlebih. 

Olahraga teratur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Olahraga juga merupakan kunci untuk kelancaran produksi sel darah merah. Olahraga rutin menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen.

Ketika kamu membutuhkan lebih banyak oksigen, otak memberi sinyal pada tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah merah. Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah lari dan berenang. Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari anemia.

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Increase Your Red Blood Cell Count.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Increase Red Blood Cell Count.