15 September 2017

5 Makanan yang Dibutuhkan Payudara Sehat

5 Makanan yang Dibutuhkan Payudara Sehat

Halodoc, Jakarta - Tak cukup hanya indah, payudara pun harus sehat. Menjaga kesehatan payudara bisa dilakukan dengan menutrisi dari dalam. Kamu perlu mempertimbangkan makanan dan minuman yang dapat menyehatkan payudara. Dilansir dari buku Eat Extraordinary Health & Healing ada lima makanan dan minuman yang dibutuhkan payudara sehat. Yuk, cek berikut ini:

1.  Kedelai
Penelitian menyebutkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi kedelai dan olahannya memiliki risiko lebih rendah mengalami pembengkakan payudara. Umumnya, pembengkakan pada payudara yang disebabkan oleh gejala PMS tidak berbahaya. Namun pembengkakan ini terasa nyeri saat PMS dan memasuki menopause. Menurut studi, kedelai juga bisa mengurangi efek samping yang ditimbulkan karena menopause. Diketahui bahwa 9.514 orang yang sembuh dari kanker payudara mengonsumsi kedelai untuk mencegah kambuhnya penyakit ini. Jadi mulai sekarang, masukkan makanan olahan kedelai seperti tempe, miso, tahu, dan kacang-kacangan dalam menu makananmu, ya.

2. Gandum Utuh
Ekstrak gandum utuh diyakini dapat menurunkan efek samping PMS. Biasanya payudara akan terasa tegang dan terasa nyeri saat disentuh. Sebuah studi pada 100 wanita yang mengalami PMS dilakukan untuk mengetahui manfaat gandum utuh. Dibagi dalam dua grup, grup pertama mengonsumsi 400mg gandum utuh dan grup kedua mengonsumsi pil pereda sakit. Hasilnya, gandum utuh mengurangi efek samping fisik mencapai 63,6 persen, efek samping psikologi 66,3 persen, dan gejala PMS secara umum 65 persen. Para wanita yang mengonsumsi gandum utuh ini pun merasa bahwa kualitas kesehatannya meningkat. Mulai dari tidur lebih nyenyak, tidak sakit kepala, hingga makan berlebihan.

3.  Blueberry
Buah dan ekstrak dari blueberry telah menunjukkan mampu menurunkan pertumbuhan sel tumor.  Kamu bisa mulai mengonsumsi buah ini setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya terhindar dari kanker. Kamu juga bisa membeli bubuk blueberry untuk dicampurkan ke makanan dan minuman favorit seperti smoothies, oatmeal, cake, atau yogurt.

4.  Labu
Kaya akan beta karoten, labu adalah salah satu jenis sayur yang baik dikonsumsi untuk payudara yang sehat. Dengan labu, kamu bisa terhindar dari pembengkakan payudara akibat pengaruh hormon. Selain labu, ubi pun  kaya beta karoten yang baik untuk payudara. Konsumsi labu dan ubi secara rutin, kamu bisa menjadikannya camilan sehat atau menu kolak manis di akhir pekan.

5. Teh Sage
Apakah kamu termasuk orang yang seringkali berkeringat berlebihan? Tak terkecuali, selain ketiak bagian tubuh yang banyak berkeringat juga adalah pada bagian payudara. Ini tentu bisa menurunkan rasa percaya diri kamu. Nah ini saatnya kamu mengonsumsi teh sage yang kaya akan antioksidan. Teh sage seringkali dianjurkan untuk kamu yang memiliki keringat berlebihan dari normal. Kamu bisa mengonsumsi teh sage ini sesaat setelah makan malam atau kamu juga bisa meminum suplemen yang mengandung teh sage setiap hari. Namun perlu diingat bahwa teh sage ini tidak dikonsumsi ibu hamil karena bisa menimbulkan kontraksi.

Baca Juga: Olahraga yang bisa bikin payudara kencang

Selalu perhatikan kondisi kesehatan payudara kamu, ya. Jangan ragu untuk langsung bicara dengan dokter apabila kamu merasa tidak sehat atau ada yang berbeda dengan kondisi tubuh. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis obgyn pilihan. Hubungi dokter Halodoc melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa belanja produk kesehatan yang kamu butuhkan dengan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.