• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asma
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asma

5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asma

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Oktober 2022

“Ada beberapa makanan yang perlu dihindari pengidap asma karena dapat memperparah gejalanya. Contohnya susu dan produk turunannya, makanan olahan, serta buah kering.”

5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asma5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asma

Halodoc, Jakarta – Penyakit asma tidak dapat sembuh sendiri dengan menghindari atau mengonsumsi makanan tertentu. Hanya saja, makanan yang kamu konsumsi bisa berpengaruh pada gejala asma. Sebab beberapa makanan diyakini dapat memperburuk gejala asama. 

Sebenarnya konsumsi makanan tertentu jarang memicu gejala asma. Namun, gejala reaksi alergi yang parah terhadap beberapa makanan bisa mirip dengan gejala asma. Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari penderita asma?

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asma

Ada beberapa makanan yang dicurigai dapat memperparah gejala asma. Namun, tidak semua orang akan mengalami reaksi yang sama saat mengonsumsi makanan tersebut. Beberapa makanan berikut hanya gambaran umum yang sering dilaporkan pengidap asma, yang dicurigai dapat memperparah gejalanya.

1. Buah kering

Buah kering dirancang untuk memperpanjang umur simpan buah. Namun, proses pengeringan buah sering kali mengandung zat aditif atau sulfit yang dapat menimbulkan masalah pada kebanyakan pengidap asma. Zat tersebut misalnya kalium bisulfit dan natrium sulfit. Untuk itu, periksa dulu apakah buah kering yang kamu beli mengandung zat semacam itu. 

2. Udang

Udang beku atau yang sudah disiapkan bisa berisiko tinggi memperparah gejala asma. Udang dan makanan laut lainnya biasanya mengandung sulfit yang bersifat sebagai zat aditif. 

3. Acar

Makanan acar cenderung mengandung sulfit sebagai pengawet, seperti halnya makanan fermentasi seperti kimchi. Sebaiknya waspada dengan makanan yang disertai campuran saus salad atau saus lobak. Ada baiknya memantau reaksi terhadap makanan tertentu atau menghindarinya jika perlu. 

4. Makanan olahan

Kebanyakan makanan olahan mengandung pengawet dan pewarna buatan yang dapat memperburuk peradangan paru-paru. Contohnya, makanan cepat saji, makanan yang digoreng, makanan kemasan, dan makanan beku. 

Menurut sebuah penelitian pada Maret 2017 di jurnal internasional Thorax , makanan daging olahan empat kali atau lebih per minggu, dikaitkan dengan gejala asma yang memburuk selama periode tujuh tahun. 

Kamu juga perlu mewaspadai zat aditif berikut ini dalam makanan olahan:

  • Parabens. Pengawet yang digunakan dalam makanan dan obat-obatan.
  • Tartrazine. Pewarna yang digunakan dalam minuman manis, es krim, dan hot dog.
  • Nitrat dan nitrit. Pengawet yang digunakan dalam daging olahan, seperti hot dog, bologna, dan salami.

5. Susu dan produk susu

Susu dan produk turunannya seperti keju atau es krim dapat memperburuk gejala asma karena dapat meningkatkan produksi lendir di paru-paru. 

Itulah makanan yang harus dihindari pengidap asma. Namun, ingat, setiap pengidap asma bisa mengalami reaksi yang berbeda meski mengonsumsi makanan yang sama. Untuk itu, kamu perlu memastikan makanan apa yang dapat memicu masalah pada kondisi asma yang kamu miliki. 

Kamu dapat membuat janji medis dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 5 Foods That May Trigger Asthma Flares
Healthgrades. Diakses pada 2022. 7 Foods to Avoid With Asthma
WebMD. Diakses pada 2022. Foods That Can Trigger Asthma Attacks