• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Meskipun kondisi tersebut umum terjadi, penyakit asam lambung bisa menyebabkan gejala yang mengganggu seperti sensasi panas di dada atau heartburn.

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah karena katup kerongkongan bawah (LES) melemah atau rusak. LES biasanya menutup untuk mencegah makanan di perut naik kembali ke kerongkongan. Selain itu, makanan yang dikonsumsi bisa memengaruhi jumlah asam yang diproduksi dalam perut. 

Karena itu, memilih jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu bentuk asam lambung yang lebih parah dan bersifat kronis.

Baca juga: Ibu, Kenali Makanan Pemicu Penyakit Asam Lambung pada Anak

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

Selain mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas maupun obat resep, perubahan gaya hidup juga membantu kamu mengatasi penyakit asam lambung. Beberapa gaya hidup yang dianjurkan untuk pengidap asam lambung, yaitu menjaga berat badan ideal, makan dalam porsi kecil tapi sering, serta menghindari konsumsi alkohol dan merokok. Namun, perubahan pola makan bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung.

Berikut ini jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi, yaitu: 

1.Sayuran Hijau

Sayuran secara alami mengandung kadar gula dan lemak yang rendah, sehingga bisa membantu mengurangi asam lambung. Beberapa pilihan sayuran hijau yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik, antara lain brokoli, asparagus, kacang hijau, kembang kol, bayam, kangkung, dan timun.

2.Pisang

Buah yang rendah asam ini bisa membantu kamu yang mengalami asam lambung naik dengan cara melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Dengan begitu, ketidaknyamanan yang kamu alami bisa berkurang. 

Pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa membantu mencegah gangguan pencernaan. Salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang yaitu pektin, bermanfaat membantu memperlancar perpindahan isi perut melalui saluran pencernaan. Hal ini baik karena makanan yang tinggal dalam waktu lama akan terus menghasilkan asam. 

Baca juga: Begini Cara Alami untuk Redakan Gejala Asam Lambung

3.Melon

Sama seperti pisang, melon juga merupakan buah yang sangat basa. Buah ini adalah sumber magnesium yang baik, kandungan yang juga ditemukan di banyak obat untuk refluks asam. Selain itu, melon juga memiliki pH 6,1 yang membuatnya hanya memiliki sedikit asam. Jenis melon yang paling baik dikonsumsi oleh pengidap asam lambung adalah cantaloupe dan honeydew melon.

4.Oatmeal

Seperti makanan berserat tinggi lainnya, oatmeal membantu mencegah gejala refluks asam. Serat tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan usus, tapi juga mencegah sembelit dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Dengan perut yang kenyang, kamu cenderung tidak makan secara berlebihan, sehingga risiko asam lambung naik kembali ke kerongkongan berkurang. 

Jadi, buat kamu yang punya penyakit asam lambung, makanlah oatmeal dengan susu rendah lemak atau almond sebagai sarapan, karena keduanya rendah lemak dan sangat basa.

5.Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang memiliki efek menenangkan yang bisa membantu mencegah ketidaknyamanan pada perut. Makanan ini juga mengandung probiotik, sejenis bakteri baik yang ditemukan di saluran pencernaan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yoghurt juga menjadi sumber protein yang baik, sehingga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. 

Kamu bisa membuat yoghurt menjadi lebih bermanfaat dengan menambahkan sedikit jahe, yang memiliki sifat antiinflamasi alami untuk meredakan heartburn dan masalah pencernaan lainnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Konsumsi Yogurt Bikin Pencernaan Sehat

Nah, itulah makanan yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik. Bila gejala penyakit asam lambung, coba tanyakan pada dokter mengenai obat-obatan yang bisa kamu konsumsi untuk meredakannya. Kamu juga bisa beli obat tanpa perlu keluar rumah dengan memesannya melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download sekarang juga aplikasinya di App Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
AARP. Diakses pada 2021. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Foods to Help Your Acid Reflux