• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak

5 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Juli 2022

“Ternyata ada beberapa manfaat bermain catur untuk kesehatan otak. Beberapa manfaat tersebut adalah meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menurunkan risiko pikun, belajar melatih strategi dan membaca cara berpikir orang lain.”

5 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak5 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya fisik, otak manusia juga membutuhkan olahraga. Salah satu jenis olahraga otak yang sudah sangat populer yang dikenal karena memiliki banyak manfaat adalah catur.

Strategi dan kecermatan adalah hal yang sangat penting dalam bermain catur. Itulah sebabnya ada banyak manfaat bermain catur utuk kesehatan otak. Beberapa manfaat bermain catur untuk kesehatan otak ini misalnya mencegah penyakit Alzheimer, meningkatkan kreativitas, mengasah kepekaan dan kewaspadaan, serta melatih kedua sisi otak. Informasi selengkapnya mengenai catur dan kesehatan otak bisa dibaca di sini!

Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak

Catur dimainkan oleh dua orang, dengan menggunakan sebuah papan persegi berisi 64 kotak serta 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam dua warna, yaitu hitam dan putih. Saat bermain catur, otak akan dilatih untuk belajar memutuskan mana langkah yang terbaik untuk dapat memenangkan permainan. 

Ini yang kemudian akan berdampak langsung pada kemampuan mengambil keputusan. Dalam hidup, sangat penting untuk mengambil keputusan terbaik dan mengetahui akibat dari setiap tindakan. 

Selain itu, apa saja manfaat bermain catur untuk kesehatan otak lainnya? Ini beberapa contohnya:

1. Sebagai Olahraga Otak

Rajin bermain catur dapat menjadi salah satu bentuk olahraga otak. Rutin bermain catur dapat membantu mencegah serangan penyakit demensia di hari tua. Demensia merupakan sebuah sindrom yang berkaitan dengan menurunnya kemampuan dan fungsi otak. 

Demensia bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat, berkurangnya kemampuan bicara, sampai gangguan pada kemampuan motorik. Selain catur, olahraga otak lain yang bisa menurunkan risiko demensia adalah membaca buku dan mengisi teka-teki silang.

2. Belajar Sabar dan Menyusun Strategi

Selain olahraga otak, bermain catur ternyata juga bisa membuat seseorang menjadi lebih sabar. Permainan catur tidak hanya dilakukan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, pemainnya akan terbiasa untuk bertindak sabar dan hati-hati. Sebab saat diam pun, pemain catur harus memikirkan strategi dan langkah selanjutnya yang harus diambil. 

Menurut artikel ilmiah yang dipublikasikan oleh Scientific American, disebutkan bahwa otak perlu beristirahat sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu. Jeda yang diambil saat pemain catur memutuskan untuk melakukan suatu tindakan adalah masa rehat yang baik untuk kesehatan otak. 

3. Menurunkan Risiko Pikun di Usia Tua

Terbiasa merangsang otak dengan kegiatan yang menantang mental merupakan sebuah kunci untuk mendapat manfaat terbaik di usia tua. Bermain catur dapat memberikan manfaat pada kesehatan otak dengan cara memperpanjang usia otak dan menurunkan risiko pikun.

Biasanya, seiring dengan pertambahan usia, otak akan mengalami penurunan fungsi termasuk daya ingat dan kemampuan berpikir. Melatih otak dengan cara bermain catur dapat membuat otak tetap aktif dan kritis meski usia terus bertambah. 

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Membiasakan bermain catur sejak dini dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Anak-anak yang bermain catur secara teratur bisa meningkatkan memori visual dan konsentrasinya sejak dini. 

Bermain catur membutuhkan perhatian sehingga pikiran menjadi terfokus pada permainan. Pikiran yang dilatih untuk fokus, akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dimanapun berada, entah itu di sekolah, tempat kerja, ataupun situasi mendesak tertentu. Bermain catur dapat melatih otak tetap berpikir rasional meski berada di situasi genting.

5. Membaca Logika Berpikir Orang Lain

Manfaat lain dari bermain catur untuk kesehatan otak adalah kemampuan untuk membaca logika berpikir orang lain. Aktivitas catur dapat menghubungkan orang yang satu dengan orang lainnya.

Strategi bermain catur akan mengajarkan pemain catur mengetahui bagaimana lawannya menyelesaikan masalah lewat pion-pion catur yang dikeluarkan saat bermain. Ini akan membuat kamu lebih bisa menempatkan diri berdasarkan point of view orang lain dalam memandang suatu permasalahan. 

Itulah manfaat bermain catur untuk kesehatan otak. Informasi selengkapnya mengenai kesehatan bisa kamu tanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga, ya!

Referensi:
Scientific American. Diakses pada 2022. Why Your Brain Needs More Downtime.
Chessity.com. Diakses pada 2022. The Benefits of Chess.
Mybrainblox.com. Diakses pada 2022. The 7 Benefits of Chess for Kids.