• Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Otak
  • Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Otak

Otak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
OtakOtak

Pengertian

Otak adalah organ yang berada di kepala sebagai pengendali semua fungsi tubuh manusia. Otak juga membuat manusia bisa berpikir dan memecahkan masalah. Oleh sebab itu, kesehatan otak sangat penting untuk dijaga agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Gangguan pada Otak

Kesehatan otak yang baik membuat manusia dapat menyadari kemampuan sendiri dan mampu mengoptimalkan fungsi kognitif, emosional, psikologis, dan perilakunya. Banyak faktor sosial dan biologis yang berperan dalam perkembangan dan kesehatan otak dari pra-konsepsi hingga akhir kehidupan manusia. 

Faktor-faktor penentu ini memengaruhi cara otak berkembang, beradaptasi, dan merespons stres serta kesulitan yang dihadapi semasa hidup. Jika tidak dijaga dengan baik, ada banyak sekali gangguan dan penyakit yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan otak. Berikut ini beberapa penyakit tersebut:

  1. Ataxia

Ataxia adalah penyakit yang menyerang bagian otak kecil dan memicu gangguan pada saraf motorik. Penyakit ini membuat pengidap kehilangan kendali tubuh. Jika dibiarkan, akan berdampak parah. Ataxia ditandai dengan sering terjatuh tanpa sebab, tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh, hingga kelumpuhan. 

  1. Alzheimer

Alzheimer adalah jenis demensia yang memengaruhi memori, pemikiran, dan perilaku pengidapnya. Kondisi ini ditandai dengan kehilangan memori, tampak kebingungan, tidak mampu mempelajari hal-hal baru, kesulitan komunikasi dan berbahasa, serta masalah dalam mengatasi situasi baru.

  1. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan otak kronis yang menyebabkan pengidapnya mengalami delusi, halusinasi, bicara tidak teratur, masalah dengan pemikiran, dan kurangnya motivasi. Namun, dengan pengobatan, sebagian besar gejala skizofrenia dapat membaik dan kemungkinan kekambuhan gejala dapat dikurangi.

  1. Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit otak kronis tidak menular menyerang orang dari segala usia. Kondisi ini ditandai dengan serangan pada saraf motorik dan sensorik secara berulang, sehingga pengidap akan mengalami kejang-kejang. Penyakit ini membuat sinyal saraf tidak berjalan dengan semestinya.

  1. Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan sistem saraf progresif yang mempengaruhi gerakan. Gejala muncul secara bertahap, terkadang dimulai dengan getaran yang hampir tidak terlihat dan hanya terjadi di satu tangan. Gangguan ini juga sering menyebabkan kekakuan atau perlambatan gerakan.

  1. Arteriosklerosis

Aterosklerosis adalah penebalan atau pengerasan arteri yang disebabkan oleh penumpukan plak di lapisan dalam arteri. Faktor yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini, termasuk kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, diabetes, obesitas, aktivitas fisik, dan lemak jenuh.

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Gaya hidup memiliki dampak besar pada kesehatan otak seseorang. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan otak:

  1. Melakukan Aktivitas Fisik

Orang yang berolahraga secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Olahraga meningkatkan aliran darah dan memori dengan merangsang perubahan kimia di otak yang meningkatkan pembelajaran, suasana hati, dan pemikiran.

  1. Konsumsi Makanan Sehat Bernutrisi

Seiring bertambahnya usia, otak bisa saja terkena stres akibat gaya hidup dan faktor lingkungan. Hal tersebut menghasilkan proses oksidasi yang dapat merusak sel-sel otak. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, konsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti brokoli, wortel, bayam, kacang kedelai, dan jahe.

  1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Medis

Hipertensi, diabetes, obesitas, depresi, trauma kepala, kolesterol tinggi, dan merokok meningkatkan risiko demensia. Guna mengontrol dan mengurangi risiko masalah pada otak, lakukan pemeriksaan medis secara berkala. Ikuti rekomendasi pola hidup sehat yang dianjurkan oleh dokter.

  1. Miliki Kualitas Tidur yang Baik

Tidur memberi energi, meningkatkan suasana hati, dan sistem kekebalan tubuh. Tidur juga mengurangi penumpukan protein abnormal bernama plak beta-amyloid, yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Selain mencukupi waktu tidur, kamu juga bisa melakukan relaksasi dan meditasi untuk membantu kelola stres.

  1. Latihan Kebugaran Mental

Latihan mental sama pentingnya dengan latihan fisik. Latihan mental dapat meningkatkan fungsi otak dan mendorong pertumbuhan sel otak baru, sehingga dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena demensia. Seperti otot, kamu harus melatih kesehatan otak agar tidak kehilangan fungsinya.

Kapan Harus ke Dokter?

Gangguan kesehatan otak dapat muncul dan bermanifestasi sebagai gangguan saraf dan neurologis. hilang ingatan. Jika sering mengalami kelupaan, apati, kecemasan, agitasi, hilangnya inhibisi, dan perubahan suasana hati, itu bisa jadi tanda ada yang tidak beres dengan organ penting ini.

Selain menerapkan cara tersebut, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penunjang untuk menjaga kesehatan otak. Download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut.  Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
BMJ Journal. Diakses pada 2022. What is brain health and why is it important?
World Health Organization. Diakses pada 2022. Brain health.
Cleveland Clinic Healthy Brain. Diakses pada 2022. 6 Pillars of Brain Health.