Otak

Otak adalah sebuah organ yang berada di kepala sebagai pengendali semua fungsi tubuh manusia. Termasuk mengendalikan pergerakan, perasaan sensasi, dan pikiran. Otak juga membuat manusia bisa berpikir dan memecahkan masalah. Itu mengapa kesehatan otak sangat penting untuk dijaga agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Gangguan pada Otak

Banyak sekali gangguan dan penyakit yang bisa berefek buruk bagi kesehatan otak, sekaligus memengaruhi kemampuan otak.

1. Ataxia

Ataxia adalah penyakit yang menyerang bagian otak kecil, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada syaraf motorik. Penyakit ini membuat orang yang mengalaminya kehilangan kendali tubuh dan dalam jangka waktu lama akan semakin parah, ditandai dengan sering terjatuh tanpa sebab, tidak bisa menjaga tubuhnya tetap seimbang, dan akhirnya mengalami kelumpuhan.

2. Alzheimer

Orang yang mengalami alzheimer akan mengalami masalah pada ingatannya, karena penyakit ini menyerang sel syaraf otak dan membuat sel syaraf otak mengalami kematian.

3. Skizofrenia

Skizofrenia adalah penyakit yang membuat sel di dalam otak menjadi tidak seimbang, sel otak tersebut bernama sel dopamin. Gejala yang dialami oleh orang yang mengidap penyakit ini adalah orang tersebut menjadi liar dan tidak terkendali, delusi, suka berhalusinasi dan kurang motivasi di hidupnya.

4. Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya serangan pada saraf motorik dan saraf sensorik secara berulang-ulang, sehingga orang yang mengalami penyakit ini akan mengidap kejang-kejang. Penyakit ini membuat sinyal syaraf menjadi tidak berjalan dengan semestinya.

5. Parkinson

Penyakit parkinson adalah penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyerang otak, penyakit ini merupakan penyakit degenaratif saraf yang membuat pengidapnya mengalami kelumpuhan pada salah satu atau seluruh anggota tubuh. Penyebab dari penyakit ini adalah virus, obat-obatan dan dapat juga disebabkan oleh sel saraf pembentuk dopamin berkurang.

6. Arteriosklerosis

Penyakit arteriosklerosis adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah otak, di mana penyakit ini akan membuat pembuluh darah otak tersumbat karena plak, dan plak tersebut merupakan limbah tubuh seperti lemak jahat, kolesterol, dan bahan limbah tubuh lainnya. Bahaya dari penyakit ini adalah bisa menyebabkan pengidapnya mengalami stroke dan terkena serangan jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Sebenarnya otak memiliki banyak perlindungan, dengan adanya tulang tengkorak yang keras, jaringan berupa selaput keras yang disebut meninges, hingga bantalan berupa cairan dalam meninges. Meski demikian, otak tetap bisa mengalami kerusakan, berisiko terkena penyakit, bahkan mengalami penurunan fungsi. Maka dari itu, kamu perlu melakukan cara untuk menjaga kesehatan otak. Antara lain:

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Otak

Lindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dengan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Cukupi juga kebutuhan asam lemak omega-3 (seperti ikan salmon dan sarden), asam folat, vitamin B6, dan B12 yang mampu mengurangi level homosistein. Zat ini dituding bertanggung jawab meningkatkan risiko terjadinya demensia. Untuk itu, konsumsilah sayuran berdaun hijau, sereal, dan biji-bijian utuh.

2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat membuat bagian penting dari otak, yaitu bagian korteks, rentan mengalami penipisan. Korteks merupakan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, mengingat, bahasa, dan persepsi. Selain itu, rokok juga bertanggung jawab terhadap beberapa penyakit terkait otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan demensia.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam mengantarkan darah yang kaya oksigen menuju otak. Itu mengapa kamu dianjurkan untuk rutin berolahraga, setidaknya 10 – 30 menit sekali. Lakukan olahraga ringan yang kamu bisa, jangan memaksakan diri. Antara lain olahraga berjalan kaki, lari, berenang, dan olahraga lainnya. Selain baik untuk kesehatan otak, olahraga juga membantu mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, melawan diabetes, dan mengurangi stres.

4. Perhatikan Kolesterol, Tekanan Darah, dan Gula Darah

Timbunan kolesterol akan memicu terbentuknya sumbatan di dalam pembuluh darah otak, sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Selanjutnya kondisi ini dapat membuat sel otak rusak hingga berakibat kematian. Stroke sebagai salah satu komplikasinya, dapat menimbulkan gangguan pada kemampuan bicara, melihat atau bergerak, tergantung bagian otak mana yang diserang.

5. Istrahat yang Cukup

Tidur yang cukup (setidaknya 6 – 9 jam sehari untuk orang dewasa) berperan penting dalam fungsi otak kita, seperti membantu memperkuat dan melindungi memori, membuat kita fokus, juga meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan masalah.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera berbicara dengan dokter jika mengalami keluhan pada otak untuk mendapat penanganan yang tepat.