• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Konsumsi Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Konsumsi Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui

5 Manfaat Konsumsi Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 September 2022

“Ada banyak manfaat yang bisa ibu dapatkan dengan rutin mengonsumsi daun pepaya. Mulai dari melancarkan ASI sampai mengurangi rasa tidak nyaman di perut.”

5 Manfaat Konsumsi Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui5 Manfaat Konsumsi Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui

Halodoc, Jakarta – Ketika sedang menyusui, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi tinggi. Sebab, nutrisi yang masuk ke tubuh tidak hanya ditujukan untuk ibu sendiri, tetapi juga guna menunjang pertumbuhan bayi yang sedang menyusu. Nah, salah satu makanan yang direkomendasikan selama menyusui adalah daun pepaya.  

Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui

Selain daun kelor, daun pepaya juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Tentunya, ini tak lepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. 

Sebuah studi dalam International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences menyebutkan, terdapat banyak mineral penting di dalam daun pepaya. Misalnya, zat besi, natrium, magnesium, asam amino, kalium, dan vitamin B, A, dan C. 

Kandungan lain yang tak kalah pentingnya dari daun pepaya adalah antioksidan jenis fenolik, seperti quercetin, caffeic acid, kaempferol, dan chlorogenic acid. Kandungan inilah yang membuat daun pepaya punya banyak manfaat, di antaranya:

  1. Baik untuk melancarkan produksi ASI

Manfaat utama daun pepaya untuk ibu menyusui adalah melancarkan produksi ASI. Sebuah studi dalam Jurnal Kebidanan menyebutkan, senyawa quercetin yang terkandung dalam daun pepaya mampu merangsang produksi hormon prolaktin yang membuat produksi ASI menjadi lebih optimal. 

  1. Mengatasi kerontokan rambut

Rambut rontok jadi masalah yang memang sering terjadi saat menyusui. Ini disebabkan karena hormon di dalam tubuh ibu sedang berubah kembali dari periode kehamilan menuju periode menyusui. Tak jarang, rambut rontok menimbulkan stres pada ibu menyusui. 

Selain itu, studi dalam Dermatology Practical & Conceptual menyebutkan, rambut rontok juga terjadi karena stres oksidatif yang tinggi pada tubuh. Nah, daun pepaya diyakini efektif untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Ini berkat kandungan antioksidan dalam daun pepaya yang tinggi yang sangat efektif untuk memerangi stres oksidatif. 

  1. Mengontrol kadar gula darah

Tak sedikit ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional ketika menginjak kehamilan bulan ke-6. Sayangnya, kadar gula darah belum juga normal setelah melahirkan hingga menyusui. Tanpa penanganan, tingginya kadar gula darah pada tubuh tentu bisa memicu dampak negatif untuk kesehatan ibu.

Namun,  sebuah studi dalam BMC Complementary Medicine and Therapies menyebutkan, manfaat daun pepaya untuk ibu menyusui ternyata turut membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Kandungan yang terdapat pada daun pepaya membantu mengurangi tingkat penyerapan gula pada usus. 

Tak hanya itu, studi tersebut juga menjelaskan efektivitas ekstrak daun pepaya yang membantu menstimulasi kerja sel yang membuat hormon insulin menjadi lebih aktif. Insulin sendiri memiliki peran penting dalam memastikan kadar gula darah tetap berada pada angka normal. 

  1. Mengurangi ketidaknyamanan di perut

Khasiat lain daun pepaya untuk ibu menyusui adalah mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul pada perut. Pada daun pepaya, terkandung senyawa bernama papain yang bisa dibilang unik. 

Sebuah studi dalam Biogenic Amines menyebutkan, papain yang banyak ditemukan pada pepaya, termasuk daunnya, efektif untuk mengurangi sembelit, nyeri pada perut, mulas, mengejan ketika buang air besar, dan rasa kembung yang menjadi salah satu gejala dari sindrom iritasi usus. 

  1. Menurunkan risiko terkena kanker payudara

Menyusui langsung dari payudara disebutkan membantu mengurangi risiko mengidap kanker payudara pada wanita. Supaya manfaat ini lebih optimal, ibu bisa mengonsumsi daun pepaya sebagai menu makanan sehat sehari-hari. 

Studi dalam Journal of Ethnopharmacology menyebutkan bahwa terdapat kandungan likopen, benzyl isothiocyanate, flavonoid, dan tokoferol dalam daun pepaya. Tak hanya itu, terdapat pula antioksidan jenis asam askorbat yang lebih populer dengan vitamin C, papain, dan chymopapain. Nah, kandungan tersebut disebut sangat efektif untuk melawan radikal bebas yang memicu terbentuknya sel kanker. 

Selain itu, studi lain dalam Pakistan Journal of Biological Sciences juga menemukan, bahwa efek antioksidan dalam daun pepaya secara efektif membantu menurunkan risiko pembentukan sel kanker payudara. 

Itu tadi manfaat daun pepaya untuk ibu menyusui. Jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu selama mengASIhi sang buah hati. Ibu bisa cek semua kebutuhan medis di aplikasi Halodoc. Ibu dapat download aplikasi Halodoc di Play Store atau App Store secara gratis. 

Referensi:
Journal of Ethnopharmacology. Diakses pada 2022. Aqueous extract of Carica papaya leaves exhibits anti-tumor activity and immunomodulatory effects.
Pakistan Journal of Biological Sciences. Diakses pada 2022. Anti-proliferation and Apoptosis Induction of Aqueous Leaf Extract of Carica papaya L. on Human Breast Cancer Cells MCF-7.
Jurnal Kebidanan. Diakses pada 2022. PEMBERIAN JUS DAUN PEPAYA BAGI IBU MENYUSUI YANG BEKERJA TERHADAP PENINGKATAN KADAR HORMON PROLAKTIN DAN BERAT BADAN BAYI DI TANGERANG.
Dermatology Practical & Conceptual. Diakses pada 2022. Diet and hair loss: effects of nutrient deficiency and supplement use.
BMC Complementary Medicine and Therapies. Diakses pada 2022. Hypoglycemic effect of Carica papaya leaves in streptozotocin-induced diabetic rats.
International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences. Diakses pada 2022. Formulation, nutrient and microbial analysis of papaya leaves and guava incorporated RTS beverage.
Biogenic Amines. Diakses pada 2022. Papaya preparation (Caricol®) in digestive disorders.