• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Oktober 2022

“Manfaat minyak kelapa untuk rambut sudah tidak diragukan lagi. Senyawa yang terkandung dalam minyak ini ternyata dapat mengatasi beberapa masalah pada rambut.”

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Halodoc, Jakarta – Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah impian bagi setiap orang. Berbagai metode perawatan modern untuk rambut telah bermunculan. Namun, tidak sedikit orang yang masih menggunakan bahan tradisional untuk merawat rambut, salah satunya minyak kelapa.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut sudah tidak diragukan lagi. Senyawa yang terkandung dalam minyak kelapa seperti asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat ternyata mampu mengatasi kerusakan rambut. Supaya lebih jelas, yuk intip berbagai manfaat minyak kelapa untuk rambut berikut ini.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa juga tergolong aman bagi semua jenis rambut. Bahkan, sudah banyak produk sampo yang mengandung ekstrak minyak kelapa di dalamnya. Nah, berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut:

Membuat Rambut Lebih Berkilau

Kandungan asam laurat pada minyak kelapa dapat menghidrasi rambut. Hal ini akan membuat rambut tampak semakin berkilau saat basah. Untuk mendapatkan manfaat ini, usapkan minyak ke seluruh rambut 10 menit sebelum keramas.

Mengurangi Ketombe

Minyak kelapa mengandung sifat antijamur dan antibakteri. Khasiat minyak kelapa ini membuatnya berguna untuk mengobati ketombe di rambut. Sebab, perkembangan jamur di kulit kepala dapat menyebabkan ketombe.

Mencegah Rambut Rontok

Penataan dan perawatan rambut yang berlebihan dapat melemahkan folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Minyak kelapa dapat digunakan untuk merawat dan mencegah kerontokan rambut karena kondisi ini.

Membasmi Kutu Rambut

Menurut para ahli, mengobati kutu rambut dengan minyak kelapa dan semprotan adas manis 40 persen lebih efektif daripada menggunakan bahan kimia permetrin. Jika kamu memiliki kutu rambut, cara ini patut dicoba.

Menyehatkan Rambut Rusak

Asam laurat pada minyak kelapa juga dapat memperbaiki rambut yang rusak. Asam ini bekerja dengan menghasilkan protein yang akan diserap oleh batang rambut. Hal ini akan memperbaiki rambut rusak dan membuat rambut lebih sehat.

Itulah pembahasan mengenai manfaat minyak kelapa untuk rambut. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi
Healthline. Diakses pada 2022. Coconut Oil for Your Hair.
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Coconut Oil for Your Hair.