Perawatan Rambut

Apapun jenis rambutnya, perawatan yang tepat sangat dibutuhkan agar rambut terasa lembut, ringan, dan tetap sehat. Untuk itu, ada beberapa perawatan rambut yang bisa dilakukan. Baik perawatan secara alami maupun perawatan di salon yang bisa dilakukan sesering mungkin. Dengan perawatan rambut yang tepat, maka kesehatan rambut dan kulit kepala pun bisa selalu terjaga setiap hari.

Manfaat Perawatan Rambut

Fungsi perawatan rambut tak hanya dapat membuat rambut menjadi berkilau tapi juga membuat rambut sehat dan halus. Banyak jenis perawatan rambut yang dilakukan oleh para wanita baik di salon maupun di rumah secara tradisional. Tujuannya sama yaitu membuat rambut menjadi lebih sehat, halus, berkilau tanpa masalah seperti kerontokan atau ketombe.

Merawat Kesehatan Rambut

1. Menggunting Rambut Secara Teratur
Cara menjaga kesehatan rambut agar tidak rusak secara alami bisa dengan menggunting rambut secara teratur. Menggunting rambut bisa membantu mengurangi rambut bercabang dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Bila rambut kamu rusak dan dibiarkan terlalu panjang, bisa memperparah kerusakan rambut.

2.  Mengonsumsi Makanan Bergizi
Sah-sah saja dalam merawat kesehatan rambut juga menggunakan jasa perawatan di salon. Namun hal itu tidaklah cukup untuk mendapatkan rambut yang indah dan diimpikan setiap wanita. Nutrisi yang memadai sangat penting untuk mendapatkan hal tersebut. Adanya kandungan protein pada makanan yang kamu konsumsi bisa memperkuat rambut. Kisaran protein yang dibutuhkan tubuh per hari sebanyak 46 gr. Kadar protein ini kurang lebih setara dengan susu kedelai 200 ml, 7 butir telur, 6 ons daging tanpa lemak, dan 6 cangkir susu. Tidak hanya itu, asam lemak omega 3 yang berasal dari ikan sebanyak dua kali per minggu bisa membantu melembabkan rambut dan juga melindungi organ jantung serta membantu meringankan gejala pengidap depresi.

Nutrisi yang tak kalah penting juga adalah zat besi dan zinc untuk membantu pertumbuhan rambut. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari makanan seperti daging tanpa lemak atau kacang kedelai yang dikonsumsi dua kali per minggu. Lalu nutrisi lain yang bermanfaat untuk rambut yakni biotin dan vitamin D. Biotin banyak dikandung oleh telur yang bisa membantu merawat kesehatan rambut tebal kamu. Sementara vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut.

3.  Menggunakan Minyak Esensial
Bila kamu menggunakan minyak esensial pada rambut secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan memberi keharuman alami. Kandungan minyak esensial banyak terdapat pada produk untuk rambut seperti sampo, serum, dan lain-lain. Harap hindari produk yang mengandung minyak mineral dan petrolatum karena hanya memberikan kelembaban pada permukaan rambut saja.

Beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, diantaranya minyak kelapa yang berfungsi untuk melembutkan dan menambah kilap rambut. Selain itu ada pula minyak almond yang berguna untuk menghaluskan dan melembabkan kulit kepala.

Hindari Kesalahan Umum dalam Perawatan Rambut

1. Menyisir Rambut dari Akar

Pernahkah rambut kamu rontok saat menyisir rambut? Selain karena faktor kerontokan, bisa saja ini terjadi akibat cara menyisir rambut yang salah. Untuk mencegah kerontokan rambut, sebaiknya kamu menyisir rambut dari bawah untuk merapikan ujung-ujung rambut yang kusut. Setelah itu, barulah kamu menyisir bagian tengah rambut.

2. Menarik Ikat Rambut

Mengikat rambut adalah jalan pintas untuk merapikan rambut yang berantakan. Namun, kamu tidak disarankan untuk terlalu sering mengikat rambut, apalagi menarik ikat rambut secara paksa saat melepasnya. Ini karena kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kerusakan rambut, seperti rambut kusut, patah, dan rontok.

3. Terlalu Sering Keramas

Keramas memang baik untuk menjaga kebersihan rambut. Tapi, bukan berarti kamu boleh melakukannya setiap hari. Idealnya, kamu disarankan untuk keramas secara rutin 2-3 kali seminggu.

4. Menyisir Saat Rambut Basah

Rambut yang basah lebih rentan rusak. Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati saat menyisir atau mengeringkan rambut yang basah. Sebaiknya, biarkan rambut kering terlebih dulu sebelum menyisir rambut. Atau, kamu bisa menyisir rambut sebelum keramas agar tidak perlu menyisir setelah keramas.

5. Salah Mengeringkan Rambut

Ada beberapa cara untuk mengeringkan rambut. Diantaranya adalah dengan menggunakan hair dryer atau handuk kering. Sayangnya, sebagian mengeringkan rambut dengan cara yang salah. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan saat mengeringkan rambut:

  • Jangan menggunakan hair dryer saat rambut basah kuyup. Sebab di kondisi tersebut, rambut tidak bisa menyerap panas sehingga lebih sulit kering. Sebaiknya, peras rambut yang basah terlebih dulu dengan menggunakan handuk sebelum mengeringkannya dengan hair dryer.
  • Gunakan hair dryer dengan panas berukuran sedang (medium) dari bagian atas ke bawah. Jangan mengarahkan hair dryer ke segala arah, karena kebiasaan ini akan membuat rambut kusut dan sulit diatur.
  • Matikan hair dryer saat rambut mulai kering, dan sisirlah perlahan.
  • Gunakan heat protection spray (alat pelindung panas) jika kamu sering menggunakan alat catok rambutJangan lupa juga untuk menggunakan kondisioner tanpa bilas jika kamu sering keramas dan menggunakan hair dryer.

6. Jarang Potong Rambut

Lamanya waktu memotong rambut setiap orang berbeda-beda. Ini tergantung pada jenis rambut yang dimilikinya. Bagi wanita berambut keriting, disarankan untuk memotong rambut 1-2 kali dalam setahun. Bagi wanita berambut lurus atau ikal, disarankan untuk memotong rambut 3-4 bulan sekali. Ini dilakukan agar tiap cabang helaian rambut tidak kering dan rusak. Saat memotong rambut, kamu tidak perlu memotong rambut terlalu panjang (kecuali jika kamu menginginkannya). Cukup potong 1-2 sentimeter agar rambut terlihat lebih rapi dari biasanya.