5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Bayi

Halodoc, Jakarta – Minyak zaitun adalah salah satu dari minyak andalan untuk kondisi apapun. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari minyak ini. Tidak hanya untuk kulit, minyak zaitun juga bagus untuk rambut dan kuku. 

Selain digunakan oleh orang dewasa, minyak zaitun juga baik untuk bayi. Memijat bayi dengan minyak zaitun selama 15–20 dapat membantu meningkatkan kesehatan bayi dan melelapkan tidurnya. Namun, jangan lupa membersihkan bayi dengan handuk hangat setelahnya guna menghindari ruam. Selengkapnya mengenai manfaat minyak zaitun, ada di bawah ini!

Dari Relaksasi sampai Ketombe

Tadi sudah dijelaskan bagaimana minyak zaitun sangat efektif sebagai sarana relaksasi untuk bayi. Tidak hanya itu, ritual memijat dengan minyak zaitun juga dapat memperkuat koneksi antara ibu dan bayi. 

Minyak zaitun dikemas dengan antioksidan fenolik, asam oleat, lemak sehat, dan squalene. Pijatan teratur membantu menjaga tulang dan otot bayi sekaligus mempertahankan warna kulit bayi. Selain itu, berikut ini manfaat minyak zaitun lainnya untuk bayi:

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

  1. Sembuhkan Sembelit

Sembelit pada bayi adalah masalah umum yang bisa saja terjadi. Bayangkan, pada orang dewasa saja sembelit bisa menjadi sesuatu yang tidak nyaman apalagi pada bayi. Salah satu solusi alami terbaik adalah dengan mengoleskan minyak zaitun hangat pada perut bayi dengan gerakan memutar searah jarum jam. Ini membantu bayi tidur lebih baik dan mencegah gas.

Ibu juga bisa meneteskan ke dalam makanan bayi bayi untuk meredakan sembelit. Minyak zaitun dapat bekerja sebagai pencahar untuk menyembuhkan sembelit. Kalau orang tua ingin tahu lebih jelas mengenai aturan mengenai memasukkan minyak zaitun ke makanan bayi, tanyakan langsung ke Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orang tua. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orang tua bisa kapan dan di man saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Nutrisi Sehat dalam Makanan Bayi

Minyak zaitun yang dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal memainkan perannya dalam menjaga pankreas dan jantung bekerja secara optimal. Orang tua dapat menggunakan minyak zaitun dalam makanan bayi, tetapi hanya setelah bayi berusia enam bulan. Ini sebenarnya adalah sumber lemak yang sangat baik untuk menyapih bayi dan berkontribusi dalam pertumbuhan yang sehat.

Pastikan orang tua hanya menambahkan seperempat sendok teh dalam dua ons makanan bayi dan tidak lebih dari itu. Melebihi jumlah ini dapat menyebabkan diare pada bayi. Mengonsumsi dalam jumlah yang tepat sangat bagus untuk kesehatan bayi secara keseluruhan.

  1. Menenangkan Batuk pada Bayi

Pastikan orang tua tetap memberi ASI kepada bayi setiap kali sakit karena mengandung antibodi alami untuk memompa sistem kekebalan bayi. Minyak zaitun juga bisa  menjadi minyak gosok alami untuk menenangkan batuk bayi.

Baca juga: Tips Menjaga Ksesehatan Pencernaan Bayi

Caranya dengan mencampurkan empat sendok teh minyak zaitun dan tiga tetes peppermint atau minyak rosemary. Oleskan kombinasi minyak ini di dada dan punggung bayi, lalu pijat lembut. Waktu terbaik untuk menerapkannya adalah sebelum waktu tidur, karena akan membantu melelapkan bayi.

  1. Atasi Ruam Popok

Ruam popok dapat membuat bayi tidak nyaman. Kandungan minyak zaitun dapat meredakan ruam. Campurkan satu sendok makan air dan dua sendok makan minyak zaitun. Gosokkan campuran ini ke area ruam. Jika ruam berlanjut, lakukan diskusi dengan dokter.

  1. Efektif untuk Cradle Cap

Cradle cap adalah jenis ketombe lain yang menyebabkan kulit kering dan terkelupas di kulit kepala bayi. Minyak zaitun tidak hanya melembutkan rambut bayi yang keriting dan kasar, tetapi juga membantu memperkuat rambut bayi. Cukup oleskan minyak zaitun ke kepala bayi, lalu pijat pelan menggunakan sikat lembut atau handuk tangan, biarkan selama sekitar 20 menit.

Kalau lapisan kulitnya tebal, biarkan semalaman. Kemudian, cuci kulit kepala bayi menggunakan air hangat dan sampo ringan. Dengan bantuan sisir, lepaskan kerak tersebut dari kepala bayi. Jika ibu memiliki bayi dengan eksim atau kulit kering, atau punya riwayat keluarga yang terkena eksim sebaiknya jangan mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit bayi. Alih-alih menggunakan minyak zaitun, ibu bisa baby oil atau minyak nabati yang tinggi asam linoleat, seperti minyak safflower. 

Referensi:

Babycentre.co.uk. Diakses pada 2019. Can I Use Olive Oil to Massage My Baby?
International Foundation for Mother and Child. Diakses pada 2019. 6 Health Benefits of Using Olive Oil for Babies.