Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Minyak zaitun mungkin sudah tidak asing di telinga banyak orang. Minyak ini berbahan baku buah zaitun. Buah zaitun memiliki segudang manfaat nutrisi. Selain buahnya, minyak yang dihasilkan dari buah zaitun juga tidak kalah manfaatnya, terutama untuk rambut dan kulit. Berikut daftar manfaat minyak zaitun serta penggunaannya untuk kulit:

Baca Juga: Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mengandung Antioksidan

Minyak zaitun dipercaya membantu mencegah tanda penuaan dini pada kulit. Alasannya, minyak ini mengandung antioksidan yang merupakan zat untuk mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan berkontribusi pada perkembangan kanker.

Nah, ketika minyak zaitun dioleskan pada kulit, antioksidan bertindak sebagai agen untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan yang terkandung minyak zaitun dinilai mampu melawan sel-sel penyebab kanker yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

  1. Kaya Vitamin

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini juga bermanfaat bagi kulit. Misalnya, kandungan vitamin E dalam bentuk topikal yang mampu mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

  1. Melembapkan Kulit

Minyak zaitun adalah pelembap alami yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, kini minyak zaitun telah tersedia dalam produk-produk perawatan yang dijual bebas, seperti sabun dan lotion. 

Baca Juga: Usir Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Masker Wajah

  1. Eksfoliator

Exfoliating atau pengelupasan penting untuk membersihkan kotoran serta sel kulit mati yang mengendap di kulit. Jika tidak dibersihkan, kulit cenderung terlihat kusam. Nah, minyak zaitun ternyata bisa digunakan sebagai agen eksfoliator untuk membersihkan sel kulit mati di kulit. Untuk menggunakannya kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dan garam laut untuk dijadikan scrub.

  1. Menghapus Sisa Make Up

Make up yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Nah, minyak zaitun bisa digunakan untuk menghapus sisa make up karena minyak ini mampu memecah zat-zat yang kedap air dalam riasan mata, sehingga memungkinkan wajah bersih. Untuk menghilangkan sisa make up, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke bola kapas dan usap area wajah dengan lembut.

  1. Masker Wajah

Seseorang yang memiliki kulit kering mungkin suka dengan manfaat minyak zaitun yang satu ini. Pasalnya, menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembap. Untuk membuat masker, kamu bisa membuat masker minyak zaitun dengan mencampurkannya dengan putih telur, madu atau oat bubuk.

  1. Menyamarkan Bekas Luka

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu sel-sel kulit beregenerasi. Cukup pijatkan minyak zaitun ke dalam bekas luka atau campur dengan perasan jus lemon untuk mengobati area yang mengalami hiperpigmentasi. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati stretch mark.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Itulah sejumlah manfaat minyak zaitun yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu memiliki masalah kulit yang sulit diatasi, segera periksakan diri ke dokter kulit agar ditangani dengan tepat. Sebelum mengunjungi rumah sakit, jangan lupa buat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Is olive oil a good moisturizer for your face?.
Good Housekeeping. Diakses pada 2019. A Comprehensive Breakdown of Olive Oil's Skin Care Benefits.