27 July 2018

5 Manfaat Omega-9 untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

manfaat omega-9

Halodoc, Jakarta - Dibandingkan dengan omega-3 dan omega-6, asam lemak omega-9 memang belum banyak diketahui. Padahal, senyawa yang termasuk ke dalam kelompok asam lemak tidak jenuh tunggal ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pada makanan, asam lemak omega-9 jenis asam erusik dan asam oleat adalah yang paling mudah ditemukan. Meski begitu, ternyata omega-9 termasuk dalam golongan asam lemak yang diproduksi secara alami di dalam tubuh, tidak seperti omega-3 atau omega-6.

Jumlahnya yang terbilang sangat banyak membuat kebutuhan tubuh terhadap asam lemak omega-9 tidak terlalu banyak dibandingkan dengan asam lemak jenis lain. Nah, berikut beberapa manfaat omega-9 untuk menunjang kesehatan tubuh:

Menstabilkan Suasana Hati Sekaligus Sebagai Penambah Tenaga

Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa asam lemak jenuh yang termasuk dalam kategori tunggal berperan penting dalam menjaga suasana hati sekaligus sebagai penambah tenaga. Ini disebabkan karena fungsinya yang memengaruhi berbagai aktivitas fisik yang kamu lakukan.

Mengurangi Tingkat Resistensi Insulin

Studi lain yang dilakukan membuktikan bahwa mengonsumsi lemak tak jenuh bisa meningkatkan kemampuan tubuh terhadap sensitivitas insulin. Meski begitu, penelitian ini diujicoba pada hewan pengerat, jadi tingkat efektivitasnya pada manusia belum bisa dijamin kebenarannya.

Baca juga: Manfaat Omega 3 Bagi Ibu Hamil

Namun, pengujicobaan lanjutan pada manusia juga memberikan hasil yang positif. Seseorang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi menunjukkan penurunan tingkat peradangan pada tubuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Peradangan ini sendiri adalah pemicu utama berbagai penyakit berbahaya, seperti misalnya diabetes.

Mengurangi Risiko Penyakit Stroke dan Kardiovaskular

Manfaat omega-9 lainnya adalah mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke dan kardiovaskular. Kedua penyakit ini disebabkan karena adanya plak yang menumpuk pada pembuluh darah bagian arteri. Namun, risiko ini bisa diminimalkan dengan mengonsumsi makanan sumber omega-9, seperti misalnya kacang-kacangan.

Asam lemak ini membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kolesterol LDL ini adalah penyebab utama terjadinya penumpukan plak.

Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer pada Lansia

Asam erusik, salah satu asam omega-9 berperan penting dalam meningkatkan fungsi kognitif dan memori pada otak. Oleh karena itulah senyawa ini sangat dibutuhkan bagi para lansia dengan risiko tinggi terserang penyakit Alzheimer. Sesuai dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa asam erusik mampu menstabilkan penumpukan asam lemak rantai panjang yang ada di otak pada pengidap gangguan genetik X-linked Adrenoleukodystrophy (ALD) yang mampu merusak sistem saraf, kelenjar adrenal, dan sumsum tulang belakang.

Membantu Proses Penyerapan Vitamin

Masing-masing vitamin memiliki fungsinya sendiri terhadap tubuh. Fungsinya yang membantu perkembangan organ-organ tubuh sekaligus menjaga fungsi masing-masing agar tetap seimbang membuat tubuh memerlukan asupan vitamin. Manfaat omega-9 yang terakhir ini tak kalah penting, karena membantu proses penyerapan vitamin, sehingga kebutuhan vitamin tubuh tetap terpenuhi.

Baca juga: Mengenal penyakit Alzheimer, Penyebab dan Ciri-Cirinya

Itu tadi lima manfaat omega-9 untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tetap ada jumlah maksimal dalam mengonsumsi asam lemak satu ini. Konsumsinya yang dibarengi dengan jenis obat-obatan lainnya bisa menyebabkan kinerja obat tersebut menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu, kamu perlu bertanya pada dokter mengenai batasan maksimal juga aturan konsumsinya pada obat lain. Supaya lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc yang bisa kamu donwload dulu di ponsel. Aplikasi Halodoc juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan cek lab tanpa perlu keluar rumah.