Manfaat Omega 3 Bagi Ibu Hamil

Manfaat Omega 3 Bagi Ibu Hamil
KEHAMILAN 29 December 2017

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, ibu disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan yang bergizi. Salah satu nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin adalah asam lemak omega 3. Nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan otak dan mata janin ini bisa ibu dapatkan dari mengonsumsi ikan atau suplemen minyak ikan. Yuk, mari ketahui lebih lanjut manfaat baik omega 3 bagi ibu hamil.

Kandungan EPA dan DHA yang terdapat pada asam lemak omega 3 terbukti bermanfaat untuk perkembangan otak, sistem saraf dan mata bayi dalam kandungan. Penelitian yang dilakukan di Laval University, Quebec menemukan bahwa ibu yang darahnya mengandung kadar DHA tinggi, memiliki anak dengan kemampuan inderawi, kognitif, dan gerak motorik yang lebih baik. Pengaruh DHA pada kecerdasan anak juga diungkapkan melalui penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Development 2004. Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa ibu yang kadar DHA-nya tinggi, memiliki anak dengan tingkat perhatian yang lebih baik. Tingkat perhatian ini berhubungan dengan kecerdasan bayi di awal kehidupannya. Bayi yang mendapatkan asupan Omega 3 yang cukup juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yaitu sekitar dua bulan lebih awal daripada bayi yang kurang asupan Omega 3. Ketika berusia 6 bulan, bayi yang diberi asupan Omega 3 memiliki tingkat kepekaan yang lebih baik, dan ketika usianya mencapai 1-2 tahun, mereka  memiliki kemampuan belajar visual yang sangat baik.

Seorang dokter dari University of Guelph bernama Dr. Bruce Holub memaparkan beberapa manfaat Omega 3 bagi ibu hamil, yaitu:

  • Memperkecil risiko kelahiran prematur.
  • Mengurangi risko bayi memiliki alergi.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung baik bagi ibu dan bayi.
  • Meningkatkan kemampuan anak membaca.
  • Mengurangi risiko ibu terkena baby blues, yaitu gejolak kondisi mental ibu pasca melahirkan.

Ibu yang melanjutkan konsumsi Omega 3 setelah melahirkan juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Waktu Terbaik Mengonsumsi Omega 3

Ibu hamil sebaiknya mulai mengonsumsi Omega 3 sejak kehamilan memasukki trimester ketiga, karena pada masa itulah perkembangan otak bayi terjadi dan berat otak janina bertambah pesat hingga dua setengah kali lipat dari sebelumnya. Terus lanjutkan mengonsumsi Omega 3 hingga bayi berusia dua tahun, karena setelah lahir, otak bayi masih akan berkembang hingga usia dua tahun.

Sumber Omega 3

Dibanding mengonsumsi suplemen minyak ikan, mengonsumsi ikan secara langsung akan memberikan manfaat omega 3 lebih baik untuk ibu hamil. Ibu juga akan mendapatkan nutrisi lainnya, seperti protein, vitamin dan mineral dari mengonsumsi ikan secara langsung. Jenis-jenis ikan dan makanan laut yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah salmon, makarel, sarden, tuna segar, ikan asin, kepiting, udang, dan ikan forel. Tapi hindari mengonsumsi ikan tuna kalengan yang minyaknya sudah habis pada saat pemrosesan. Namun, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ikan dalam jumlah yang berlebihan. Ibu hamil hanya dianjurkan untuk makan dua porsi ikan dalam satu minggu. Daging ikan yang dikonsumsi dalam jumlah kadar yang tepat akan menjadi sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Selain ikan, ibu juga bisa mendapatkan asupan Omega 3 dari berbagai makanan, seperti telur, susu, yoghurt, sereal, dan margarin.

Jika ibu mempunyai pertanyaan lebih lanjut seputar nutrisi untuk kehamilan, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu dapat dengan nyaman berdiskusi dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah lagi, ibu hanya tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Meski tidak banyak yang tahu, bridge adalah jenis olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 nanti. Lan...

Selengkapnya