• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Pisang untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Pisang untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Pisang untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Juli 2022

“Menghilangkan kerut di wajah, melembapkan kulit, pengganti conditioner buat rambut, serta mengurangi peradangan adalah manfaat pisang untuk kecantikan yang jarang diketahui.”

5 Manfaat Pisang untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui5 Manfaat Pisang untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta –  Pada umumnya, orang-orang hanya tahu bahwa pisang memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, tidak hanya untuk kesehatan, pisang ternyata bermanfaat untuk kecantikan, dan ini masih jarang diketahui.

Kandungan potasium pada pisang membantu menjaga aliran oksigen dan darah ke sel-sel kulit. Potasium pada pisang juga mampu mencerahkan kulit sehingga wajah tampak lebih glowing. Informasi selengkapnya mengenai manfaat pisang untuk kecantikan bisa dibaca di sini!

Manfaat Pisang untuk Kecantikan 

Pisang tidak hanya memiliki rasa yang enak, melainkan juga menyehatkan rambut dan kulit wajah. Pisang kaya akan potasium, antioksidan, vitamin, biotin, dan mineral sehingga bermanfaat untuk perawatan dan kecantikan. Apa saja manfaat pisang untuk kecantikan yang jarang diketahui? Ini ulasannya!

1. Melembapkan Kulit

Kandungan vitamin A pada kulit dapat mengembalikan kelembapan dan memperbaiki kulit yang kering. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menjadikan pisang sebagai masker wajah. 

Caranya? Hancurkan pisang matang dan oleskan ke kulit kering. Hindari kontak dengan mata dan diamkan selama 20 – 25 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

2. Bahan Conditioner untuk Rambut

Tidak hanya untuk kulit wajah, pisang juga memiliki manfaat alami untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan asam folat pada pisang akan membuat rambut bersinar sekaligus menjaga kulit kepala agar tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begini, kamu bisa menggunakan pisang sebagai conditioner alami. 

3. Mengurangi Bengkak di Mata

Ketika makan pisang, jangan langsung buang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk mengurangi mata bengkak. 

Letakkan kulit pisang dengan lembut di atas kelopak mata dan diamkan selama 15-20 menit. Kandungan nutrisi pada kulit pisang bisa membantu mengurangi bengkak mata dan warna hitam di bawah mata. 

4. Mengobati Peradangan Akibat Jerawat

Punya masalah jerawat yang tidak kunjung selesai? Bisa jadi perawatan dengan menggunakan pisang akan menyelamatkanmu dari masalah jerawat.

Pisang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga membantu mengurangi munculnya dan kemerahan akibat jerawat.  Kamu bisa menggunakan daging pisang sebagai masker, lalu menggosok kulit secara perlahan selama beberapa menit, sebelum akhirnya membilas wajah dengan air dingin.

5. Membantu Memutihkan Gigi

Kulit pisang yang matang juga bisa digunakan untuk membantu memutihkan gigi. Pisahkan kulit pisang dengan dagingnya, lalu gosok bagian dalam kulit pisang dengan lembut ke gigi selama 2-3 menit.

Tunggu sekitar 10 menit sebelum akhirnya kamu menyikat gigi dengan pasta gigi. Jadikan hal ini menjadi kebiasaan, untuk mendapatkan warna gigi lebih cerah. 

Mengapa Pisang Baik untuk Kulit Wajah?

Pisang memiliki efek eksfoliator yang baik, sehingga dapat membantu menghilangkan sebum berlebih di permukaan kulit. Seperti yang sudah disampaikan di atas, pisang kaya akan potasium sehingga dapat membantu menghidrasi kulit kering dan membuatnya lembut serta kenyal. 

Kandungan antioksidan pada pisang juga efektif mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Nutrisi seperti vitamin A, seng, dan mangan, yang bersifat anti-inflamasi dapat  mengobati jerawat. 

Itulah sebabnya mengapa pisang juga dikenal sebagai botox alami. Karena ia mengandung nutrisi anti kerut yang membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan.  Kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari pisang bila mencampurkannya dengan bahan lain, seperti yogurt.  

Menariknya, kandungan nutrisi ini tidak hanya terdapat pada buahnya saja melainkan juga kulit pisang. Justru kulit pisang mengandung sifat antioksidan yang dapat memberikan beberapa manfaat bagi kulit mulai dari perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. 

Asam lemak pada kulit pisang juga dapat membantu mengobati masalah seperti eksim dan psoriasis. Tentu saja semua manfaat ini bisa diperoleh bila konsisten dan menjadikannya sebagai gaya hidup sehari-hari.  

Itulah manfaat pisang untuk kecantikan yang jarang diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai tips merawat kulit, kamu bisa mendapatkan informasi tersebut lewat aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan suplemenmu ya!

Referensi:
Tasteofhome. Diakses pada 2022. 9 Surprising Banana Benefits That Go Beyond Your Daily Dose of Potassium.
Health Shots.com. Diakses pada 2022. Treat your skin and hair with the goodness of a banana peel.
The Guardian Life. Diakses pada 2022. 3 Ways Banana Can Make Your Skin Glow.