• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Renang yang Dilakukan Rutin Sejak Kecil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Renang yang Dilakukan Rutin Sejak Kecil

5 Manfaat Renang yang Dilakukan Rutin Sejak Kecil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Juni 2022

“Ada beberapa manfaat renang yang dilakukan rutin sejak kecil, termasuk meningkatkan konsentrasi, membangun rasa percaya diri, menurunkan stres, serta mengembangkan keterampilan sosial.”

5 Manfaat Renang yang Dilakukan Rutin Sejak Kecil

Halodoc, Jakarta –  Membiasakan anak untuk tetap aktif berolahraga sejak kecil adalah rutinitas yang baik. Berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang sehat sekaligus menyenangkan buat anak.

Ada banyak manfaat renang yang dilakukan secara rutin terutama pada anak-anak. Secara ilmiah, olahraga ini telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja keterampilan motorik visual dan ekspresi lisan pada anak-anak di bawah usia lima tahun. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Sains dan Teknologi di Norwegia mengungkapkan fakta menarik. Mereka menemukan hawa bayi yang berpartisipasi dalam pelajaran berenang menunjukkan keseimbangan dan keterampilan motorik yang lebih baik ketika proses pembelajaran. 

Nah, informasi selengkapnya mengenai manfaat renang pada anak-anak bisa dibaca di sini! 

1. Meningkatkan Konsentrasi

Berenang membutuhkan banyak koordinasi, tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental. Berenang membutuhkan fokus pada tendangan kaki dan tarikan lengan, dan kontrol napas. Sedikit banyak ini membantu anak-anak menjadi lebih fokus dalam segala hal–tidak hanya renang. 

2. Membangun Rasa Percaya Diri 

Ketika anak-anak terbiasa beraktivitas di air yang merupakan lingkungan baru dan membutuhkan standar tertentu supaya bisa beradaptasi, maka ini bisa membantu anak merasa nyaman dengan lingkungan baru lainnya. Anak-anak yang rutin berenang sejak kecil bisa lebih percaya diri bila ditempatkan di lingkungan lain.

Bermain di air dan berenang seakan memberikan tantangan dan dorongan agar anak melewati zona nyamannya. Oleh karena itu, berenang pada akhirnya dapat membantu membangun kepercayaan diri dan keterampilan hidup di masa depan.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Berenang tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga terbukti membantu mengurangi stres. Berenang bisa memberikan sensasi santai dan menenangkan. Ini dikarenakan olahraga dapat melepaskan endorfin (zat kimia alami yang membuat otak merasa baik), dan mengurangi kortisol (hormon stres). 

4. Membuat Anak Sehat dan Berenergi

Berenang dapat mengoptimalkan gerakan sehingga membantu sistem pencernaan anak bekerja lebih baik. Ini juga bisa membantu mengontrol napas, yang kemudian akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Ketika oksigen memompa energi secara efisien, pada akhirnya ini akan membuat anak lebih sehat dan berenergi.

5. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Biasanya berenang dilakukan secara berkelompok. Ini kemudian membuat anak-anak yang mengikuti pelajaran renang sejak dini dapat berinteraksi secara positif dengan anak-anak lain dan juga orang dewasa. 

Hal ini kemudian akan membantu anak mengembangkan keterampilan sosial dan berinteraksi mengenai pencapaiannya kepada teman-teman dan orang tua. Selain itu, karena orang tua juga mengambil bagian dalam sesi belajar renang pada anak, ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan bonding keluarga.

Itulah manfaat renang yang dilakukan rutin sejak kecil. Kalau anak sedang mengalami masalah kesehatan, ibu bisa membuat janji medis melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Goldfish Swim School.com. Diakses pada 2022. 16 Benefits of Swim Lesson for Kids. 
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Swimming – health benefits.
Bear Paddle.com. Diakses pada 2022. How Your Child’s Development Benefits From Swimming.