27 August 2018

5 Manfaat Sehat Buah Ceri untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

manfaat ceri,ceri

Halodoc, Jakarta – Selain rasanya yang enak, buah ceri memiliki banyak kandungan manfaat bagi kesehatan. Itu sebabnya buah ceri sering digunakan sebagai bahan olahan makanan, minuman, bahan produk kecantikan. Pasti kamu juga sering menemukan buah ceri dalam campuran salad atau cake. Rasanya enak, banyak orang yang menyukainya.

Buah ceri merupakan bagian dari family Rosaceae yang juga mencakup buah persik, plum, dan nektarin. Buah mungil berwarna merah ini sudah sering dinikmati sebagai salah satu sajian sehat sejak zaman  banga Romawi kuno. Buah ceri digolongkan menjadi dua jenis, ceri manis dan ceri yang rasanya asam.

Ceri asam mengandung kalori yang lebih rendah dibanding ceri manis, namun mengandung vitamin C dan beta karoten yang lebih tinggi daripada ceri manis. Manfaat buah ceri sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Buah ceri juga banyak mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, kalium, serat, dan fitokimia.

Baca juga: Suka Petai? Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Kamu sudah mengetahui kandungan yang ada pada ceri, kini ketahui pula manfaat penting bagi kesehatan dari buah ceri yang membawa manfaat penting yang dapat kamu peroleh:

1.Meringankan Nyeri Sendi

 

 

Kandungan flavonoid dan antosianin pada ceri memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu kerusakan oksidatif yang menyebabkan nyeri. Dengan mengonsumsi ceri setiap hari, rasa nyeri akan teratasi.

 Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 20 wanita berusia 40-70 tahun dengan keluhan nyeri sendi menemukan bahwa ternyata minum jus buah ceri secara rutin 2 kali sehari selama 3 minggu, mampu mengurangi peradangan secara signifikan yang menjadi penyebab nyeri sendi.

 

2. Obat Tidur

 

 

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, mengonsumsi ceri dapat mengurangi insomnia. Ceri diyakini sebagai obat tidur alami. Ceri dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Pasalnya ceri kaya akan kandungan melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur siklus bangun-tidur pada tubuh. Jika kamu memiliki masalah tidur, minumlah setengah gelas jus ceri untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

3. Mengurangi Nyeri Otot

 

 

Bagi kamu yang hobi berolahraga dan sering mengalami nyeri otot setelah selesai latihan, segelas jus diyakini bisa membantu meredakan sakit. Sebuah studi menyatakan bahwa pelari marathon yang rutin minum jus ceri selama seminggu menjelang perlombaan, mengalami nyeri otot yang lebih ringan dibandingkan atlet yang tidak minum jus ceri.

 Antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung pada buah ceri dapat mengurangi nyeri otot. Bahkan ceri memiliki efek perlindungan dalam mengurangi kerusakan otot dan nyeri sewaktu latihan olahraga berat.

 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

 

 

Ceri memiliki manfaat positif untuk mencegah serangan jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ceri  membuat buah ini baik untuk kesehatan jantung. Selain itu ceri juga mengandung anthocyanin yang membantu mengatur dalam metabolisme glukosa, yang juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: 7 Buah Terbaik untuk Jantung Sehat

 

5. Menurunkan Tekanan Darah

 

 

Manfaat buah ceri yang tidak boleh dilupakan yaitu membantu menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian di tahun 2016 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, ini dikarenakan buah ceri memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol merupakan sejenis antioksidan yang diyakini mampu membantu menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh.

 Dari sekian banyak manfaat buah ceri, sebaiknya mulai sekarang kamu lebih rajin lagi mengonsumsinya. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang makanan sehat yang membawa manfaat bagi kesehatan, kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa menanyakannya melalui aplikasi Halodoc yang di download di Google Play atau App Store. Setelah itu kamu bisa mengobrol via Chat atau Voice/Video Call kapan saja dan dimana saja. Yuk, buruan download!