Awasi 5 Penyakit Degeneratif Ini Seiring Bertambahnya Usia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
awasi-5-penyakit-degenerasi-ini-seiring-bertambahnya-usia-halodoc

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan seseorang bisa semakin menurun, sehingga membuatnya jadi rentan mengalami berbagai macam penyakit. Hal ini jugalah yang membuat para lansia berisiko mengalami penyakit degeneratif, yaitu kondisi kesehatan yang terjadi akibat memburuknya suatu jaringan atau organ seiring waktu. 

Penyakit degeneratif bisa memengaruhi banyak organ dan jaringan, mulai dari sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang), tulang dan sendi, serta pembuluh darah dan jantung. Beberapa penyakit degeneratif bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, tapi ada juga yang tidak bisa disembuhkan. Yuk, ketahui jenis-jenis penyakit degeneratif di sini.

Penyakit degeneratif terjadi karena adanya perubahan pada sel-sel tubuh yang akhirnya memengaruhi fungsi organ secara menyeluruh. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh proses penuaan. Ya, semakin bertambah usia, fungsi jaringan dan organ tubuh pun semakin mengalami penurunan. Itulah mengapa orang lansia lebih berisiko mengalami berbagai jenis penyakit degeneratif dibandingkan orang-orang muda.

Meski demikian, penyakit degeneratif sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia. Beberapa faktor yang memengaruhi risiko seseorang untuk terkena penyakit ini adalah faktor genetik, riwayat penyakit dan gaya hidup.

Jenis-Jenis Penyakit Degeneratif

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyakit degeneratif bisa memengaruhi banyak organ dan jaringan di dalam tubuh. Karena itulah, penyakit ini bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan pada kondisi organ atau jaringan yang rusak. Beberapa jenis penyakit degeneratif yang paling umum, yakni:

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau yang juga dikenal dengan istilah penyakit kardiovaskuler adalah salah satu jenis penyakit degeneratif yang menyebabkan kematian terbanyak di seluruh dunia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari penyumbatan pembuluh darah, gangguan irama jantung, cacat jantung bawaan, sampai kelainan jantung lainnya. Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dari segala usia dan jenis kelamin. Bila tidak segera diobati dengan cara yang tepat, penyakit jantung bisa memicu terjadinya gagal jantung, serangan jantung, stroke, dan kematian.

Penyakit jantung biasanya ditandai dengan gejala-gejala berupa nyeri dada, napas terengah-engah, dan nyeri atau mati rasa pada kaki. Pengidap penyakit ini juga bisa mengalami sakit kepala ringan, pusing, detak jantung terasa cepat atau lambat, serta pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki atau tangan.

Penyakit jantung adalah jenis penyakit degeneratif yang tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk meringankan gejala yang dialami pengidap.

Baca juga: Cegah Sakit Jantung, Ini 5 Jenis Olahraga untuk Orang Tua

2. Osteoporosis

Osteoporosis adalah jenis penyakit degeneratif yang terjadi pada tulang. Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi rapuh karena kerusakan jaringan tulang terjadi lebih cepat daripada produksi sel-sel tulang yang baru.

Penyebab osteoporosis sangat beragam. Mulai dari kekurangan asupan kalsium, kurangnya hormone estrogen selama menopause, malas bergerak, merokok, konsumsi obat tertentu, dan pengaruh dari penyakit kronis.

Osteoporosis bisa diobati dengan mengonsumsi obat-obatan terapi hormon dan suplemen kalsium, serta vitamin D.

3. Diabetes Tipe 2

Penyakit degeneratif lainnya yang juga cukup sering ditemui adalah diabetes tipe 2. Penyakit yang dikenal juga dengan sebutan kencing manis ini merujuk pada kondisi di mana kadar gula dalam darah terlalu tinggi. 

Bila kondisi tersebut dibiarkan saja tanpa pengobatan, maka bisa menyebabkan terjadinya komplikasi serius, seperti kerusakan saraf, kerusakan pada kaki, kerusakan mata, kerusakan ginjal, gangguan kulit, dan disfungsi seksual pada pria.

4. Hipertensi

Hipertensi terjadi ketika tekanan darah kamu berada di atas 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Yang dimaksud tekanan darah adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah. Tekanan darah idealnya selalu berubah. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan jantung, seperti sedang berolahraga atau tidur malam, dan daya tahan pembuluh darahnya. Tekanan darah yang normal biasanya berada di angka 120/80 mmHG.

Hipertensi juga merupakan penyakit degeneratif yang bisa mengancam nyawa. Bila tidak segera diobati dengan tepat, hipertensi bisa menimbulkan komplikasi yang serius, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, dan kebutaan.

Baca juga: Tekanan Darah Lansia Tinggi, Apa Bahayanya?

5. Kanker

Kanker bisa terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, sehingga menyebabkan jaringan tubuh yang sehat mengalami kerusakan. Penyebab penyakit ini adalah mutasi gen dalam sel. Namun, mutasi gen ini dipicu oleh banyak faktor, seperti merokok, paparan radiasi, virus, obesitas, peradangan kronis, dan jarang berolahraga.

Kanker adalah penyakit degeneratif yang bisa menyerang siapa saja dan berpotensi menyebabkan kematian.

Baca juga: Alasan Leukemia Menyerang Orang Berusia Lanjut

Itulah jenis-jenis penyakit degeneratif yang perlu diwaspadai seiring bertambahnya usia. Kamu juga bisa berdiskusi mengenai cara mencegah penyakit degeneratif pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui melalui fitur Talk to A Doctor dan berbicara melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.