• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Binahong
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Binahong

5 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Binahong

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 November 2021
5 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Binahong

“Manfaat binahong untuk menunjang kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan sudah tak dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Berkat berbagai zat yang terkandung di dalamnya, binahong sudah jadi tanaman herbal yang dipakai sebagai obat tradisional secara turun-temurun di Taiwan, Korea, dan Cina.”

Halodoc, Jakarta – Siapa tidak tahu daun binahong? Tanaman dengan nama latin Anredera cordifolia ini memiliki khasiat yang begitu tinggi dan dipercaya secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk berbagai masalah kesehatan kronis sejak ribuan tahun lalu. Tidak hanya daunnya, manfaat binahong bisa didapatkan dari semua bagian tumbuhan satu ini. 

Madeira vine, begitulah tanaman binahong dikenal dalam bahasa Inggris. Tanaman satu ini punya sifat antioksidan, antinyeri, antibakteri, dan antiinflamasi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini karena adanya banyak kandungan senyawa di dalam binahong, sebut saja tanin, saponin, dan flavonoid. 

Berbagai Manfaat Binahong untuk Mengobati Masalah Kesehatan

Punya kandungan yang begitu kaya, tidak heran binahong menjadi salah satu tanaman herbal yang banyak dicari untuk mengatasi banyak masalah kesehatan. Berikut ini, di antaranya: 

  1. Mengobati Asam Urat
mengobati asam urat

Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin bisa membantu menurunkan kadar purin dalam darah. Purin sendiri merupakan senyawa organik yang terdapat di dalam DNA tubuh. Senyawa ini akan muncul setelah kamu mengonsumsi berbagai makanan yang menjadi pemicu asam urat, salah satunya adalah makanan tinggi lemak dan garam. 

Nah, kandungan flavonoid yang terdapat dalam tanaman binahong diyakini mampu menghambat terbentuknya asam urat. Dengan kata lain, mengonsumsinya tentu bisa membantu mencegah sekaligus mengurangi risiko munculnya serangan asam urat yang menyakitkan. 

  1. Membantu Meningkatkan Fungsi Ginjal 
membantu meningkatkan fungsi ginjal

Manfaat binahong lainnya untuk kesehatan tubuh adalah membantu meningkatkan fungsi ginjal. Ekstrak yang didapat dari daun binahong diyakini memiliki khasiat dalam meningkatkan kerja ginjal, khususnya untuk masalah gagal ginjal kronis. 

  1. Mengatasi Hipertensi dan Masalah Kesehatan Jantung
mengatasi hipertensi dan masalah kesehatan jantung

Tidak hanya itu, ekstrak daun binahong juga mempunyai efek membantu menurunkan denyut jantung sekaligus meningkatkan produksi urine. Keduanya sama dengan dampak dari konsumsi obat untuk hipertensi yang menghambat beta dengan sifat diuretik. Inilah mengapa, konsumsi ekstrak daun binahong dipercaya bisa membantu meringankan penyakit tekanan darah tinggi. 

Belum lagi, ekstrak dari daun binahong juga diketahui bisa membantu menurunkan lemak dan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kombinasi antara efek obat hipertensi dan penurun kolesterol tersebut tentu sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung, seperti serangan jantung atau gagal jantung. 

  1. Membantu Mencegah Diabetes
membantu mencegah diabetes

Tahukah kamu kalau rebusan air daun binahong telah digunakan sebagai obat untuk mengatasi diabetes selama bertahun-tahun? Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition College, menuliskan bahwa daun binahong mampu menurunkan kadar gula dalam darah setelah makan. 

Khasiat ini tak lain karena kandungan senyawa aktif kumarin, steroid, dan flavonoid. Ketiga jenis senyawa tersebut bekerja secara aktif dengan cara menghambat terjadinya pemecahan dan penyerapan gula pada usus, serta membantu meningkatkan produksi sekaligus fungsi dari hormon insulin. 

  1. Mengobati Maag
mengobati maag

Apabila kamu memiliki riwayat sakit maag yang sering kali kambuh ketika jadwal makan tidak teratur, konsumsi daun binahong bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif yang tepat. Manfaat binahong lainnya untuk kesehatan adalah membantu meringankan gejala sakit maag. 

Konsumsi rutin ekstrak daun binahong dikatakan mampu mengendalikan kadar asam dalam lambung. Naiknya asam lambung memang menjadi penyebab utama dari sakit maag. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari mengonsumsi makanan pemicu, jadwal makan tidak teratur, hingga mengalami stres. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat binahong untuk kesehatan yang perlu diketahui. Namun, kalau masalah kesehatan yang kamu alami tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk langsung bertanya pada dokter spesialis. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc, caranya cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, bisa dari App Store atau Play Store. Selalu jaga kesehatan, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Sudirman dan Aryu Candra Kusumastuti. 2018. Diakses pada 2021. Pengaruh Pemberian Rebusan Daun Binahong (Anredera Cordifolia) terhadap Kadar Glukosa Darah pada Wanita Dewasa. Journal of Nutrition College 7(3).
Astuti, S. M., et al. 2011. Diakses pada 2021. Determination of Saponin Compound from Anredera Cordifolia (Ten) Steenis Plant (Binahong) to Potential Treatment for Several Diseases. Journal of Agricultural Science, 3(4): 224.