• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pilihan Sarapan Sehat dan Mengenyangkan untuk Si Kecil

5 Pilihan Sarapan Sehat dan Mengenyangkan untuk Si Kecil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta -  Penting bagi anak-anak untuk makan sarapan sehat setiap harinya. Sarapan membantu tubuh Si Kecil untuk mengisi ulang kembali setelah tidur, karena otak dan tubuh mereka masih berkembang. Biasanya, ibu mungkin hanya membuat sarapan instan seperti mie instan atau frozen food karena memburu waktu Si Kecil yang segera berangkat sekolah.

Baca Juga: Kebiasaan Melewatkan Sarapan Bisa Sebabkan Obesitas

Padahal, makanan instan tersebut tidak punya nilai gizi yang dibutuhkan oleh Si Kecil. Sebaiknya penuhi sarapan dengan nilai nutrisi yang cukup. Kalau ibu ingin membuat sarapan sehat, cepat, mudah dan mengenyangkan untuk Si Kecil, coba pilihan berikut ini:

  1. Telur

Telur adalah bahan sarapan pokok karena mudah disiapkan, serbaguna, dan dikemas mengandung protein berkualitas tinggi serta nutrisi lainnya. Melansir dari Healthline, protein dalam telur penting bagi anak-anak untuk membantu membangun otot dan jaringan. Selain itu, telur membuat anak-anak merasa lebih kenyang sepanjang pagi ketimbang sereal. Kuning telur adalah sumber antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan otak.

  1. Biji-Bijian

Beras merah, gandum utuh, gandum, quinoa, sorgum, dan millet bisa ibu memilih untuk sarapan Si Kecil. Jenis biji-bijian ini lebih sehat daripada biji-bijian olahan karena lebih tinggi serat, protein, vitamin, dan mineral. Ibu bisa membuat oat yang dipadukan dengan buah-buahan atau quinoa dengan sayur-sayuran. 

  1. Jus atau Smoothie

Siapa bilang sarapan harus selalu makanan berat? Ibu bisa membuat sarapan yang dapat diminum, seperti jus atau smoothie. Jus dan smoothie adalah cara terbaik untuk menambahkan buah dan sayuran ekstra ke dalam makanan Si Kecil. Saat membuat jus atau smoothie, gunakan seporsi kecil buah segar atau beku tanpa pemanis. Tambahkan segenggam penuh sayuran hijau, sesendok mentega kacang untuk lemak sehat, susu, dan greek yogurt.

Baca Juga: Didik Anak dengan Diet Keto, Bolehkah?

  1. Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat bergizi. Tetapi, anak dan orang dewasa tidak memakan jumlah harian yang disarankan. Melansir dari Healthline, asupan buah dan sayuran yang direkomendasikan berkisar 1,5–4 cangkir untuk sayuran dan 1-2,5 gelas untuk buah-buahan per hari, tergantung pada usia anak. 

Menyajikan lebih banyak buah dan sayuran saat sarapan dapat membantu anak-anak membangun kebiasaan makan yang sehat. Sayuran biasanya mudah diolah dan tidak memerlukan banyak bahan tambahan lainnya. Sedangkan buah-buahan juga dapat dimakan langsung yang tentunya praktis untuk dijadikan sarapan. 

  1. Sereal

Sereal juga menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan saat sarapan karena cara penyajiannya yang tidak banyak memakan waktu. Umumnya, sereal sarapan yang tersedia di supermarket sudah difortifikasi dengan vitamin dan mineral, sehingga sereal menjadi salah satu menu sarapan yang bergizi untuk Si Kecil. Cara untuk membuat sereal, ibu perlu menuangkan susu dan memasukkan sereal. Untuk mendapatkan nutrisi, ibu bisa menambahkan buah-buahan yang disukai Si Kecil kemudian sarapan siap untuk disantap. 

Baca Juga: Mengenal 2 Jenis Tantrum pada Anak

Itulah tips makanan dan minuman pilihan yang mudah dibuat, bergizi serta mengenyangkan untuk Si Kecil. Jika ibu punya pertanyaan seputar nutrisi makanan untuk Si Kecil, ibu bisa berdiskusi langsung dengan ahli gizi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. 25 Healthy Breakfast Ideas for Kids.
Kids Health. Diakses pada 2020. Breakfast.