13 June 2018

5 Pilihan Takjil Lezat Bebas Lemak

takjil bebas lemak, jenis-jenis takjil, pilihan takjil sehat

Halodoc, Jakarta – Saat berbuka puasa, kamu memang dianjurkan untuk mengonsumsi sesuatu yang manis untuk mengembalikan energi tubuh. Itulah mengapa takjil menjadi panganan yang paling tepat untuk berbuka, apalagi kalau kamu kamu bisa menemukan pilihan takjil bebas lemak. Nah, selain manis, ada berbagai macam takjil juga punya rasa yang lezat dan menyegarkan.

Jadi, enggak heran bila banyak orang sangat menanti-nantikan menyantap kolak pisang, sop buah, es campur dan sebagainya. Namun, enggak semua jenis pilihan itu termasuk dalam takjil bebas lemak. Jangan sedih, ada kok beberapa pilihan takjil lain yang bisa jadi pilihan berbuka. Berikut 5 pilihan menu takjil bebas lemak nan lezat yang bisa kamu pilih:

1. Buah Kurma

Kurma memang dikenal sebagai salah satu menu takjil yang sehat untuk berbuka puasa. Kandungan gula alaminya yang tinggi membuat kurma dapat menjadi pemulih energi yang efektif dan bermanfaat untuk menetralkan kadar gula dalam darah. Kurma juga mengandung air dan serat yang tinggi, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan mencegah kamu makan secara berlebihan.

Namun ingat, jangan terlalu banyak makan kurma saat berbuka, cukup 2-3 butir saja. Hindari juga mengonsumsi makanan olahan kurma seperti kue atau biskuit karena sudah dicampur dengan tambahan bahan-bahan lainnya yang bisa bikin gemuk.

(Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa)

2. Kolak Labu Kuning

Sajian kolak yang biasanya dijual di pasaran dan lebih mudah ditemukan memang adalah kolak pisang. Namun, enggak ada salahnya kalau sesekali kamu membuat kolak labu untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang enggak kalah lezat dari kolak pisang, buah labu juga bisa membantu menjaga berat badanmu selama berpuasa, lho.

Hal ini karena labu kuning memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, yaitu hanya 49 kalori dalam setiap 100 gramnya. Selain itu, buah bulat berwarna oranye ini juga punya serat yang tinggi sehingga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Kamu pun jadi bisa mengerem hasrat ingin makan banyak saat berbuka puasa, deh.

3. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sehat karena mengandung banyak nutrisi, mulai dari protein, serat, kalsium, kalium, fosfor zat besi, folat, sampai vitamin A, B1, B2, dan C. Sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi.

Agar tidak bikin gemuk, kamu disarankan untuk membuat bubur kacang hijau sendiri tanpa menggunakan campuran santan ataupun tepung maizena untuk mengentalkannya, karena kedua bahan itulah yang merupakan sumber lemak yang bisa menaikkan berat badan.

4. Sop Buah

Menu takjil yang terdiri dari berbagai macam buah-buahan yang segar ini juga bisa menjadi pilihan yang sehat untuk berbuka puasa. Kandungan gula alami dari buah-buahan dalam sop buah cukup untuk mengganti energimu yang hilang selama berpuasa seharian. Selain itu, buah juga mengandung serat yang baik untuk pencernaanmu dan bisa membuatmu kenyang lebih lama. Namun ingat, batasi tambahan es batu, sirup dan susu kental manisnya ya.

5. Bola Ubi

Ada kabar baik buat kamu yang gemar memakan bola ubi. Menurut Laura Flores, seorang ahli gizi asal San Diego, kandungan kalori yang terdapat dalam ubi jalar lebih sedikit dibandingkan kentang maupun umbi-umbian lainnya. Sebuah ubi jalar yang berukuran sedang (130 gram) hanya mengandung 100 kalori dengan 0 kalori dari lemak. Jadi, mengonsumsi bola ubi yang terbuat dari bahan dasar ubi jalar ini tidak akan bikin gemuk, asal tidak dimakan secara berlebihan.

(Baca juga: Cicip Takjil ala Timur Tengah untuk Berbuka Puasa)

Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami selama puasa lewat aplikasi Halodoc, lho. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa ngobrol dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.