5 Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa

5 Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa
DIET & NUTRISI 14 May 2018

Haldoc, Jakarta – Berbuka puasa adalah saat yang penting bagi tubuh kita, pasalnya setelah hampir 13 jam menahan lapar dan dahaga, akhirnya tubuh dapat asupan makanan kembali. Untuk itu, dengan mengonsumsi makanan yang tepat maka tubuhmu akan mendapatkan asupan gizinya kembali.

Salah satu sumber nutrisi yang bagus untuk mengembalikan energi saat puasa adalah buah, terutama kurma. Buah asal Timur Tengah ini sangat khas di bulan Ramadan dan memiliki kandungan nutrisi penting. Nutrisi ini diantaranya vitamin, zat besi, dan kalsium yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat selama menjalani puasa. Seperti yang dilansir dari Natural Society, berikut ini adalah manfaat konsumsi kurma untuk berbuka 

  1. Meningkatkan Energi

Setelah seharian beraktivitas selama bulan puasa pasti sangat melelahkan, dan saat menjelang berbuka pun kamu akan menjadi lemas. Apabila kamu memilih kurma sebagai menu berbuka, maka hal ini adalah pilihan tepat. Kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuhmu menjadi kembali segar setelah puasa.  Namun, apabila kamu memiliki penyakit diabetes, ada baiknya kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi buah ini sebab kandungan glukosanya tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh penderita diabetes. (Baca juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa)

  1. Mudah Dicerna

Perutmu akan kosong selama beberapa jam saat berpuasa dan metabolisme pun akan menjadi lebih lambat. Setelah berbuka puasa, pencernaanmu akan tetap membutuhkan waktu beradaptasi untuk menerima kembali makanan. Maka dari itu, dengan mengonsumsi kurma saat berbuka puasa, maka akan mencegah sistem pencernaanmu menjadi kaget. Sehigga perut tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencernanya.

  1. Mencegah Kelebihan Makan

Kandungan serat pada kurma niscaya akan membuat perutmu cepat merasa kenyang. Kandungan gula alami seperti glukoasa, fruktosa, dan sukrosa juga mudah dicerna oleh tubuh dan mengendalikan nafsu makanmu sehingga mencegah dirimu untuk makan berlebih saat berbuka. Dengan begitu, berat badanmu pun akan tetap terkontrol.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Saat puasa, jadwal makan sehari-hari dan asupan seratmu akan berubah sehingga dapat mengganggu kesehatan pencernaan. Apalagi kebiasaan makan berlebih dan tidak sehat semakin membuat pencernaanmu terganggu. Tetapi dengan rajin mengonsumsi kurma saat berbuka dan sahur, maka tubuhmu akan mendapatkan asupan serat yang cukup. Serat yang terkandung dalam kurma pun mampu membersihakn ususmu dari beragam racun serta zat berbaya lain. Kurma juga dipercaya menstimulasi perkembangan bakteri baik dan mencegah sembelit. Penyerapan nutrisi pun semakin optimal berkat asam amino yang terkandung di dalamnya.

  1. Membuat Asam Darah Menjadi Normal

Saat tubuh membakar cadangan lemak untuk sumber energi saat berpuasa maka hal ini akan membuat kadar keasaman darah meningkat. Akibatnya mulutmu akan mengeluarkan bau tidak sedap dan tubuh cepat merasa lelah. Apabila kamu memilih berbuka puasa dengan mengonsumsi daging dan karbohidrat yang berlebih, maka asam darah juga akan semakin meningkat. Apabila hal ini dibiarkan maka bukan tidak mungkin kamu akan dihantui penyakit seperti diabetes, infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi, dan hemoroid (wasir). Maka dari itu, mengonsumsi kurma menjadi pilihan tepat karena kurma mengandung garam alkain yang mampu membuat asam darah menjadi normal. (Baca juga: Awas, Jangan Berlebihan Asupan Manis Ketika Berbuka)

Nah, Selain makanan sehat saat berbuka puasa, jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Namun, jangan sampai berlebihan. Agar puasa lebih lancar, cari tahu tips sehat puasa bersama dokter di Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, segera download Halodoc di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Tidak hanya untuk kecantikan kulit, air beras juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja sebenarnya manfaat air...

Selengkapnya

OLAHRAGA

18 July 2018

Membentuk otot tubuh yang bagus tidak perlu melalui serangkaian latihan fisik yang berat. Cukup dengan olahrag...

Selengkapnya

KEHAMILAN

18 July 2018

Metode USG pun kini sudah semakin berkembang. Ibu hamil bisa melihat kondisi bayi dengan lebih jelas lewat USG...

Selengkapnya