27 April 2018

5 Tanaman Alami untuk Mengobati Kanker Prostat

5 Tanaman Alami untuk Mengobati Kanker Prostat

Halodoc, Jakarta – Kanker prostat adalah jenis kanker yang umumnya terjadi pada pria. Kanker prostat disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang berlebih  di kelenjar prostat. Kanker ini termasuk ke dalam kategori kanker yang sulit dideteksi, karena pada tahap awal sama sekali tidak menunjukkan gejala. Ketika muncul gejala, kamu perlu memeriksakan dan mengobatinya. Ada 5 bahan alami yang baik untuk mengobati dan mencegah kanker prostat.

  1. Akar Alang-alang

Pengobatan tradisional kanker prostat bisa dilakukan dengan akar alang-alang. Setelah dicuci bersih, akar alang-alang direbus secukupnya. Setelah direbus hingga mendidih dan disaring, air ramuan akar alang-alang bisa diminum secara teratur. Seperti berbagai minuman tradisional lainnya, ramuan ini tidak memiliki efek samping. Minuman ini sangat efektif membantu proses pemulihan tubuh dari kanker, selain dari pengobatan yang sudah diberikan oleh dokter.

2. Daun Sambiloto

Daun sambiloto memang sangat banyak manfaatnya. Rebusan daun sambiloto juga baik untuk kanker prostat. Konsumsi secara rutin 2 kali sehari akan memberi manfaat besar, terutama menyegarkan dan meningkatkan daya tahan tubuh.  

(Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Mengobati Kanker Prostat)

3. Tomat

Tomat dengan berbagai kandungan mineral, asam folat, vitamin K, vitamin C, dan vitamin A memang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi ternyata kandungan karotenoid, likopen, betakaroten, alpha, dan lutein di dalam tomat sangat baik untuk mengobati kanker prostat. Mengonsumsi tomat secara rutin bisa mencegah pertumbuahan sel kanker yang sulit dideteksi ini.

4. Semangka

Selain baik untuk mencegah kanker payudara, semangka juga baik untuk mengobati kanker prostat. Kandungan antioksidan serta flavonoid di dalam semangka sangat baik menurunkan risiko kanker. Kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker serviks, kanker payudara, dan kanker usus besar adalah jenis-jenis kanker yang mampu disembuhkan oleh semangka. Konsumsi semangka setiap hari membantu mengurangi bahaya kanker.

  1. Rumput Lidah Ular

Tanaman ini biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Rumput lidah ular juga baik untuk perawatan kanker prostat. Seperti sambiloto dan akar alang-alang, rebusan daun ini jika diminum dengan teratur dapat membantu menurunkan risiko berkembangnya sel kanker.

(Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Kanker Prostat)

Konsumsi tanaman alami tadi tentu juga harus disertai pengobatan bersama dokter ya. Kamu bisa bertanya lebih lanjut kepada para dokter di aplikasi Halodoc lho. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play dan kamu bisa berkomunikasi dengan mudah bersama para dokter melalui Voice/Video Call atau Chat. Dengan aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli obat dan vitamin serta cek lab tanpa harus keluar rumah.